13 Film Traveling Dengan Kisah Inspiratif Untuk Diikuti

Keharusan berdiam diri di rumah tidak perlu membuatmu sedih. Bagi kamu yang senang berwisata, kamu dapat memanfaatkan waktu luangmu di rumah dengan menonton film mengenai traveling. Banyak film dari dalam dan luar negeri yang memiliki plot bagus sekaligus gambar-gambar menawan! Perpaduan keduanya dapat menjadi sumber inspirasimu untuk menyusun rencana perjalanan ketika pandemi telah berakhir.

TripZilla Indonesia, situs wisata dan budaya favorit kamu ini, telah merangkumkan 13 film traveling yang menghibur untukmu. Latar film yang berasal dari daerah-daerah di Indonesia dan mancanegara akan memanjakan matamu sepanjang cerita. Jadi tunggu apalagi, mari simak daftarnya di bawah ini!

1. Nikmati kegagahan gunung-gunung di Indonesia – Negeri Dongeng

Image credit: KUN HUMANITY SYSTEM

Negeri Dongeng yang diproduksi oleh Aksa7art ini merupakan film dokumenter yang pernah ditayangkan secara terbatas di bioskop. Perjalanan para tokohnya dilakukan pada bulan November 2014 hingga April 2016. Tujuh tokoh dikisahkan melakukan pendakian ke tujuh gunung di Indonesia dan melalui berbagai peristiwa. Kamu dapat menyaksikan kekayaan alam, budaya Indonesia dan keramahan penduduk lokal yang diperlihatkan dalam film. Untuk kamu yang senang atau ingin mendaki gunung, film ini cocok ditonton untuk memuaskan dahagamu!

Pemeran: Nadine Chandrawinata, Darius Sinathrya, Medina Kamil, Anggi Frisca

2. Menyalakan semangat untuk melindungi dan melestarikan alam – Semesta

Image credit: Tanakhir Films

Film dokumenter ini berkisah mengenai upaya perlindungan alam yang dilakukan oleh tujuh tokoh utamanya. Kamu akan dibawa melihat kehidupan masyarakat lokal di Aceh hingga Papua yang mengesankan. Selain itu kekayaan budaya dan agama yang dimunculkan juga inspiratif, karena tokoh-tokoh yang ada berjuang menjaga alam lewat ajaran-ajaran berbeda yang mereka anut. Film ini mendapat gelar Dokumenter Panjang Terbaik dalam Festival Film Indonesia di tahun 2018. Lewat plotnya yang menggugah, Semesta dapat menularkan semangat untuk melestarikan lingkungan di sekitarmu, baik saat sedang di rumah atau saat berwisata nanti.

Pemeran: Tjokorda Raka Kerthyasa, Agustinus Pius Inam, Romo Marselus Hasan, Almina Kacili, Iskandar Waworuntu, Soraya Cassandra

3. Kisah yang populer di kalangan pecinta wisata – Trinity Traveler

Image credit: Starvision Plus

Film yang diangkat dari buku best seller ini diperankan oleh Maudy Ayunda sebagai Trinity. Di sini dibahas mengenai kisah cinta Trinity yang tentu diwarnai dengan perjalanan wisatanya ke berbagai tempat mulai dari Labuan Bajo hingga Maladewa. Untuk kamu yang menyukai kisah drama dan perjalanan, film ini menyajikan kombinasi yang pas. Saksikan bumbu romantis sekaligus lanskap yang indah dari berbagai negara yang dikunjungi Trinity. Setelah menonton film ini, mungkin kamu akan terinspirasi untuk juga menjadikan traveling sebagai sumber penghasilan seperti Trinity!

Pemeran: Maudy Ayunda, Hamish Daud, Rachel Amanda, Cut Mini, Ayu Dewi

4. Bukan hanya cocok untuk anak-anak – Kulari ke Pantai

Image credit: Miles Films

Kulari ke Pantai adalah film yang cocok bagi anak-anak maupun orang dewasa. Berkisah tentang dua anak, Sam dan Happy yang bersepupu namun tumbuh di daerah dengan budaya berbeda di Indonesia. Untuk dapat saling memahami, keduanya berwisata bersama dan menemui berbagai hal di sepanjang perjalanan tersebut. Sutradara Riri Riza mengolah film ini menjadi film keluarga yang mendidik dan akting para pemainnya pun terlihat alami. Pemandangan dari Temanggung hingga Gunung Bromo akan menyegarkan mata sembari kamu mengikuti kisahnya yang menghangatkan hati.

Pemeran: Maisha Kanna, Lil’li Latisha, Marsha Timothy, Karina Suwandi

5. Berkeliling Indonesia demi kopi – Filosofi Kopi 2: Ben & Jody

Image credit: Visinema Pictures

Plot dari film Filosofi Kopi 2 ini masih berkutat seputar dunia kopi, tetapi dengan tambahan kisah traveling maka film ini menjadi kaya dan nggak membosankan. Lihatlah bagaimana kehidupan dua sahabat, Ben dan Jody yang memulai perjalanan keliling Indonesia untuk menyebarkan kenikmatan kopi. Bumbu intrik menjadi penyedap dan ada pula edukasi mengenai kopi yang dimasukkan ke dalam film ini sehingga kamu, yang bukan penyuka kopi, juga dapat memahami kisahnya. Saksikan kekhasan di berbagai daerah yang disinggahi VW Combi mereka dan bersiaplah juga untuk terhibur dengan lakon persahabatan yang disuguhkan film ini!

Pemeran: Rio Dewanto, Chicco Jerikho, Luna Maya, Nadine Alexandra

6. Pemandangan alam dan kulinernya sama-sama memuaskan – Aruna dan Lidahnya

Image credit: Palari Films

Kamu yang doyan makan dan jalan-jalan akan menyukai film yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra ini. Bermula dari tugas menyelidiki kasus flu burung, tokoh-tokoh dalam film ini berkeliling nusantara sekaligus berwisata kuliner. Matamu akan puas melihat keindahan alam dari Surabaya hingga Pontianak dan juga beragam kuliner khasnya. Film ini sukses memenangkan Piala Citra di tahun 2018 dalam kategori Best Supporting Actor dan Best Adapted Screenplay. Akting pemain dan plot yang berkualitas akan menambah keasyikanmu saat menonton film ini!

Pemeran: Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, Hannah Al Rasyid, Oka Antara

7. Mengulas sejarah dengan permainan gambar yang indah – Banda the Dark Forgotten Trail

film traveling
Image credit: Lifelike Pictures

Film yang disutradarai oleh Jay Subyakto ini merupakan film dokumenter yang berkisah tentang kemashyuran Banda di masa lalu. Kepulauan ini menjadi pusat perdagangan pala dunia hingga abad ke-19 dan inilah yang ingin diangkat namun dengan cara yang anti mainstream. Dalam proses pembuatannya, dilibatkan enam kameramen termasuk fotografer ternama seperti Oscar Motuloh. Kamu tidak akan bosan dengan penjabaran sejarah dalam film ini karena juga akan terhibur dengan sajian gambar yang menawan dan musik yang bagus. Wajib ditonton terutama untuk kamu yang menyukai sejarah!

Pemeran: Reza Rahadian (aktor suara bahasa Indonesia), Ario Bayu (aktor suara bahasa Inggris)

8.  Perjalanan petualangan yang unik dan berkesan – A Walk in the Woods

Image credit: Broad Green Pictures

Tokoh utama dari film ini adalah dua pria yang bersama-sama menempuh perjalanan untuk mendaki gunung Appalachia. Dibintangi oleh Robert Redford dan Nick Nolte, film bernuansa komedi ini seru untuk disimak karena menyajikan sudut pandang yang berbeda dari orang yang sudah berusia paruh baya. Berawal dari seorang novelis yang sudah bosan dengan kehidupannya di London, dan ia mengajak teman lamanya untuk melakukan hal yang berbeda yaitu mendaki gunung di Amerika. Plotnya terasa akrab dengan kehidupan kita, terutama sekarang saat kita mungkin sudah bosan di rumah. Setelah menonton film ini, mungkin kamu jadi punya rencana untuk melakukan sesuatu yang berbeda juga lho!

Pemeran: Robert Redford, Nick Nolte, Emma Thompson, Kristen Schaal

9. Menyoroti kehidupan orang kantoran dengan cara yang berbeda – A Secret Life of Walter Mitty

film traveling
Image credit: Walter Mitty

Walter Mitty, seorang kepala bagian di kantor majalah fotografi, dikisahkan mengalami kebosanan dalam pekerjaannya. Untuk melarikan diri dari kenyataan itu, Walter seringkali melamun membayangkan dirinya melakukan berbagai petualangan. Tapi kehidupan membosankannya berubah setelah ia harus mencari foto dari fotografer kenamaan untuk diterbitkan. Pencarian itu kemudian membawanya pada petualangan yang dramatis. Penyajian adegan demi adegan yang bercampur dengan imajinasi Walter Mitty membuat film yang disutradarai oleh Ben Stiller ini menjadi tidak biasa. Cobalah menonton dan kamu akan dibuat penasaran oleh alur ceritanya!

Pemeran: Ben Stiller, Kristen Wiig, Sean Penn, Shirley MacLaine

10. Perjalanan kisah nyata seorang solo traveler – Into The Wild

Image credit: Movieclips Classic Trailers

Film ini diangkat dari kisah nyata seorang wisatawan bernama Christopher Johnson McCandless yang berpetualang sendirian karena ingin menemukan arti hidup. Sepanjang perjalanannya, ia menemui banyak orang dengan kisahnya masing-masing. Hal yang menarik adalah sang tokoh utama benar-benar ingin memutus kehidupannya dari dunia di sekelilingnya sehingga ia memberikan peralatan yang dimiliki kepada orang lain dan membuang sisanya. Kamu akan dibawa mengikuti perjalanan yang terkadang mengharukan, membingungkan dan juga mencekam dalam film ini. Untuk kamu yang suka solo traveling, film ini akan jadi menu hiburan yang pas. Bagaimana ya akhir petualangan Christopher, apakah ia akan berhasil mencapai tujuannya?

Pemeran: Emile Hirsch, Vince Vaughn, Kristen Stewart, Marcia Gay Harden

11. Cerita pencarian diri yang manis untuk diikuti – Eat Pray Love

Image credit: Sony Pictures Entertainment

Dibintangi oleh Julia Roberts, film ini cukup  kondang saat ditayangkan terutama karena Pulau Bali menjadi salah satu lokasi syuting yang dipilih oleh sang sutradara. Film ini dibangun dari situasi yang terasa akrab bagi kebanyakan orang, yaitu saat seseorang merasa fokus hidup tidak selalu pada uang, pekerjaan atau cinta. Kamu akan mengikuti sang tokoh melakukan perjalanan mulai dari Pulau Bali hingga India. Berbagai pengalaman yang diceritakan di sini dapat memberi inspirasi untukmu dalam melihat kehidupan dari berbagai sisi.

Pemeran: Julia Roberts, Billy Crudup, Javier Bardem, Viola Davis

12. Drama petualangan di hutan yang seru dan menegangkan – Jungle

film traveling
Image credit: ONE Media

Penggemar Daniel Radcliffe yang penasaran dengan aktingnya di luar film Harry Potter dapat menonton film Jungle ini. Berawal dari ide petualangan ke hutan Amazon yang terdengar seru, para tokoh di dalamnya mengalami berbagai peristiwa yang mendebarkan. Film yang menginspirasi ini berkisah tentang persahabatan sekaligus kekuatan untuk bertahan hidup di alam liar. Jika kamu berencana atau senang traveling menjelajah hutan, film ini akan menjadi pelepas bosan yang asyik. Di dalamnya juga terselip kiat-kiat yang bisa ditiru untuk traveling di kehidupan nyata.

Pemeran: Daniel Radcliffe, Thomas Kretschmann, Joel Jackson, Yasmin Kassim

13. Film tentang backpacker yang tidak boleh dilewatkan – The Beach

film traveling
Image credit: Movieclips Classic Trailers

Film yang dirilis tahun 2000 dan dibintangi oleh Leonardo DiCaprio ini sukses membuat Pantai Maya di Kepulauan Phi Phi, Thailand menjadi populer. Plot yang tidak biasa yaitu keinginan untuk menemukan kebun ganja membawa pada perjalanan  ala backpacker dengan nuansa menegangkan. Kamu akan menjelajahi sudut-sudut Thailand dan juga kuliner khasnya. Kejutan-kejutan dalam film akan menjadi bumbu yang membuat film ini terasa tidak membosankan. Kombinasi thriller, pemandangan alam yang indah dan akting yang keren bakal bikin kamu betah menonton deh!

Pemeran: Leonardo DiCaprio, Virginie Ledoyen, Weeratham Wichairaksakui, Sahajak Boonthanakit

Baca juga: 10 Drama Korea Tahun 2020 Yang Wajib Ditonton Selama Di Rumah Aja

Ayo mulai memilih judul dari film traveling di atas untuk mengisi waktu luangmu, siapa tahu bisa menghasilkan ide untuk perjalananmu selanjutnya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru