Kelas Online Gratis Do It Yourself Yang Seru Untuk Kamu Ikuti!

Setelah sekian lama menjalani karantina di rumah, aktivitas apa lagi yang belum kamu lakukan? Kalau sudah mulai penat, cobalah membuka kelas online do it yourself gratis di kanal Youtube. Kamu dapat menemukan kelas untuk membuat berbagai jenis karya dengan tingkat kesulitan bervariasi. Bahkan, bukan nggak mungkin setelah melihat kelas-kelas yang ada, kamu menemukan hobi baru yang bisa digali, lho!

Kelas-kelas yang ada mulai dari kelas bercocok tanam, melukis, kerajinan tangan dari kertas dan lain-lain. Hasilnya menarik dan unik sehingga bisa dipakai sendiri atau bahkan kamu jual! Selain bikin hari nggak membosankan, bisa bermanfaat juga terutama untuk kamu yang ingin punya penghasilan tambahan. Di bawah ini beberapa rekomendasi TripZilla untuk kelas online gratis yang bisa kamu ikuti.

1. Melukis dengan teknik anti mainstream – Jay Lee Painting

Image credit: Jay Lee Painting

Senang melihat lukisan yang cantik tapi merasa tidak punya bakat? Atau ingin punya dekorasi baru di kamar tapi harus menabung? Kelas online gratis ini bisa jadi cocok untukmu, karena di sini diajarkan teknik melukis yang tidak biasa. Lihatlah kelas-kelas lukisan yang menarik di kanalnya, dan kamu hanya perlu menyiapkan beberapa peralatan misalnya cat akrilik dan cotton bud. Ada juga kelas melukis dengan cat air yang hasilnya tidak kalah cantik, lho!

2. Perbarui isi lemarimu dengan kaos buatan sendiri – Casual Collisions

Image credit: Casual Collisions

Kanal ini menawarkan kelas untuk membuat kaos tie dye dengan motif-motif yang unik. Kamu nggak perlu takut memakai pola yang sama dengan orang lain, karena ada belasan pola tie dye yang dapat dibuat. Memang butuh kesabaran selain peralatan seperti kawat dan pewarna, tapi hasilnya keren dan bisa bikin iri teman-temanmu! Selain kaos, di kanal ini juga ada kelas untuk membuat cincin dan pulpen dengan motif yang unik. Kamu bisa berlatih dan jika sudah mahir siapa tahu hasil karyamu bisa laris dijual!

3. Belajar crochet untuk mempercantik pernak-pernikmu – Febe Andrian

Image credit: Febe Andrian

Kerajinan tangan crochet ini berbeda dengan merajut biasa. Crochet sendiri sebenarnya memiliki arti merenda dan pengerjaannya membutuhkan teknik dan alat yang berbeda. Tentu saja hasil simpulan benangnya pun berbeda sehingga crochet memiliki daya tarik tersendiri. Di kanal ini kamu yang pemula bisa menyimak teknik crochet yang disampaikan dengan detail. Bagi kamu yang sudah menguasai tekniknya, dapat melihat kelas crochet untuk membuat gantungan kunci, masker hingga tas.

4. Tambah koleksi aksesoris untuk menambah gayamu – Creation and You

Image credit: Creation and You

Kanal ini menghadirkan kelas online gratis untuk membuat aksesoris mulai dari kalung, gelang atau anting-anting. Kamu dapat mempelajari juga teknik macrame yang dapat memberikan kesan unik pada aksesoris. Kombinasi warna yang dapat dipilih sendiri akan menjadikan aksesoris buatan kamu tidak pasaran. Jika sudah mahir membuatnya, hasil aksesoris buatan kamu bisa juga dijadikan hadiah untuk teman atau keluarga, nih!

5. Buat tampilan yang lebih menawan dengan hiasan macrame Macrame School

Image credit: Macrame School

Sudah pernah mendengar mengenai macrame? Macrame adalah teknik kerajinan tangan menggunakan tali yang saling dikaitkan. Tali yang digunakan memiliki beragam jenis bahan mulai dari katun, nilon, tali rami, polyester, linen atau kulit. Tali nilon adalah yang dianjurkan jika kamu masih pemula karena mudah diurai jika kamu salah mengait. Macrame dapat diaplikasikan menjadi hiasan dinding, kalung, gelang, sarung bantal dan masih banyak lagi. Polanya juga bermacam-macam dan akan membuat penampilan rumah atau aksesorismu menjadi cantik dan artistik, lho!

6. Kreasikan berbagai macam hiasan dari kertas origami – MASS Art and Craft

Image credit: MASS Art And Craft

Bagi penyuka kerajinan tangan origami atau yang berhubungan dengan kertas, dijamin kamu akan menyukai kanal ini. Di sini kamu dapat mengeksplorasi berbagai dekorasi yang dapat dibuat dengan kertas misalnya pajangan dinding, hiasan untuk jam dinding, hiasan untuk pesta ulang tahun dan masih banyak lagi. Jika ingin menghias kamar supaya lebih menarik, kamu juga dapat menemukan banyak pilihan. Yuk dicoba untuk mengisi waktu luangmu!

7. Tingkatkan keterampilan menjahitmu saat #dirumahaja – Belajar Menjahit Bersama Rajinrapi Tailor

Image credit: Belajar Menjahit Bersama RajinRapi Tailor

Punya mesin jahit warisan orangtua yang tidak terpakai? Atau baru mulai belajar menjahit? Kamu dapat mencoba teknik jahitan yang ada di kanal ini. Terdapat kelas-kelas untuk belajar menjahit baju anak-anak maupun orang dewasa seperti membuat outer, hanbok atau lengan asimetris. Selain menarik, kelasnya juga dilengkapi dengan penjelasan yang detil. Jika sudah mahir, kamu bisa membuatkan baju untuk adik atau keponakanmu juga!

8. Teknik membuat kartu ucapan yang nggak pasaran – Crafteholic

Image credit: Crafteholic

Kalau selama ini kamu senang memberi kartu ucapan namun bosan dengan model yang itu-itu saja, kenapa tidak mencoba membuatnya sendiri? Di kanal Crafteholic, kamu dapat menemukan trik untuk membuat aneka kartu ucapan yang cantik dan unik. Selain kartu, ada juga teknik membuat scrapbook untuk pemula. Jadi untuk merayakan hari ulang tahun temanmu yang akan datang, kamu bisa memberikan kartu pop up bikinan sendiri nih!

9. Manfaatkan barang bekas di rumahmu agar tidak terbuang percuma – Lista Tsurayya

kelas online gratis
Image credit: Lista Tsurayya

Jika di rumahmu banyak botol plastik, sendok plastik atau kantong kresek, jangan langsung dibuang, ya! Lista Tsurayya mengajarkan cara mengkreasikan benda-benda tersebut menjadi dekorasi yang menarik dan sekaligus mendukung gaya hidup yang ramah lingkungan. Kamu bisa menjadikan barang bekas dari plastik tersebut menjadi vas bunga, bunga imitasi, keranjang untuk menyimpan barang dan lain sebagainya. Seru dan kamu tidak perlu beli dekorasi baru untuk rumahmu lagi!

10. Puaskan hobi bercocok tanammu di kala pandemi – Treementor

Image credit: Treementor

Apa kegiatan yang kira-kira dapat kamu nikmati sendiri hasilnya selain membuat kerajinan tangan? Jawabannya adalah berkebun. Di sini kamu dapat melihat kelas untuk menanam jambu biji, tomat, terung atau bawang. Ada berbagai teknik lain juga yang dapat kamu praktekkan. Instruksinya jelas dan mudah diikuti. Ilmunya berguna banget dan kalau sudah berhasil, kamu bisa memetik hasil tanamanmu untuk dinikmati sendiri.

Baca juga: Kelas Memasak Online Yang Menarik Untuk Diikuti Saat #Dirumahaja

Selain menyenangkan dan bermanfaat, kelas ini juga bisa diikuti bersama dengan keluargamu. Family time lebih berkualitas dan kamu pun jadi lebih betah di rumah!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru