10 Kuliner Kaki Lima Di Medan Yang Enak, Murah Dan Harus Kamu Coba

Liburan ke Medan, mengapa tidak? Banyak destinasi wisata asyik yang bisa kamu sambangi di ibukota Sumatera Utara itu. Namun jika kamu tertarik mencoba wisata yang tidak biasa, menikmati kuliner kaki lima di Medan bisa menjadi alternatif yang mengesankan.

Bayangkan, kamu bisa mencoba beragam makanan khas kota Medan, namun bukan yang mengambil tempat di pusat pertokoan, mall atau tempat mewah lainnya, melainkan mencoba kuliner kaki lima yang banyak tersebar di pinggir jalan. Biasanya, selain enak, memiliki porsi yang banyak, harga yang dibebankan pun tidak membuat kantong kamu bengkak.

Tertarik berwisata kuliner kaki lima di Medan, tempat-tempat di bawah ini bisa menjadi yang kamu tuju untuk mendapatkan sensasi makan di pinggir jalan dengan harga yang bersahabat. Cekidot, ya!

1. Martabak Piring Murni

Image credit: @buncitfoodies (kiri) dan @wilsonsw (kanan)

Salah satu kuliner kaki lima di Medan yang cukup ngehits. Martabak manis ini terbilang unik karena dipanggang di atas piring kaleng dan memiliki banyak varian rasa. Kuliner yang sudah dirintis sejak 1974 tersebut juga memiliki kualitas yang mengesankan, salah satu alasan mengapa banyak orang bersedia antri untuk mendapatkannya.

Lokasi: Jl. Tjong Yong Hian No.43, Ps. Baru, Medan Kota, Kota Medan
Harga: Dari 2,500 IDR hingga 6,500 IDR

2. Sate Padang AlFresco

Image credit: @betamakan.mdn

Sate ini sudah banyak membuka cabang di seantero Medan, namun yang paling ngehits adalah lapak yang ada di Jalan Setia Budi. Daya tariknya adalah bumbu yang gurih dan pedas, serta potongan daging yang memuaskan. Dengan rasa dan porsi yang wah, dijamin kamu tidak akan menyesal mengeluarkan uang dari kocek untuk satu porsi sate padang ini.

Lokasi: Jl. Setia Budi, Tj. Rejo, Medan Sunggal, Kota Medan
Harga: Mulai dari 25,000 IDR hingga 50,000 IDR per porsi

3. Nasi Goreng Wak Ribut

Image credit: @meufood

Kuliner kaki lima di Medan lainnya yang harus kamu coba adalah Nasi Goreng Wak Ribut. Dari lapak sederhana di pinggiran jalan paling sibuk di Medan, Jalan Samanhudi, akan membutuhkan waktu untuk bisa mendapatkan seporsi nasi goreng bertekstur lembut, tapi tidak lembek, dan tidak terlalu berminyak. Keunikan lain, ada lauk pelengkap berupa sate kerang di setiap porsinya untuk menemani makan kamu. Slurp!

Lokasi: Jl. Multatuli No.83, Hamdan, Medan Maimun, Kota Medan
Harga: Mulai dari 10,000 IDR hingga 15,000 IDR per porsi

4. Roti Tissue Martabak Gapa Perniagaan

Martabak Gapa dan Roti Tissue | Image credit: @jmeriana (kiri) dan @makanhalalmedan

Salah satu destinasi kuliner kaki lima di Medan yang harus masuk dalam itinerary wisata kamu adalah di jalan Perniagaan, Kesawan, dan kamu bisa langsung menuju ke lapak Martabak Gapa. Banyak menu yang bisa kamu pilih, mulai  dari Martabak Mesir, Roti Cane hingga Roti Tissue, roti yang terbuat dari kulit martabak yang digoreng dengan mentega hingga renyah dan kering. Ada beragam varian rasa yang asyik untuk dicoba, lho!

Lokasi: Jl. Perniagaan No.15, Kesawan, Medan Bar., Kota Medan
Harga: 25,000 IDR setiap rotinya

5. Kedai Kopi Apek

Image credit: @meufood

Nah, lapak ini pas bagi kamu yang menyukai kopi. Kedai kopi Apek menawarkan beragam sajian kopi, dan yang paling melegenda adalah kopi susunya. Interior warung yang terkesan sederhana, dengan tiga hingga empat meja kayu kuno, dan pengunjung harus bersabar dan bergantian untuk bisa duduk di sana, menegaskan mengapa warung kopi yang sudah ada sejak 1927 tersebut begitu ngehits dan melegenda.

Lokasi: Jl. Hindu No.110, Kesawan, Medan Bar., Kota Medan
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

6. Teh Susu Telur Pak Haji

Image credit: @taukotembung

Jika ingin yang lebih dari sekadar kopi, kamu bisa mencoba teh susu telur di Warung TST Pak Haji. Bukan hanya bisa menghangatkan tubuh, tapi konon juga berkhasiat menambah vitalitas. Rasa kuat telur, juga teh dan susunya yang kuat dan kental menjadi alasan mengapa warung ini banyak menjadi jujukan warga dan terkenal seantero Medan. Tertarik mencoba?

Lokasi: Jl. Puri, Kota Matsum IV, Medan Area, Kota Medan
Harga: 12,000 IDR per gelas

7. Kerang Rebus Sumatra

Image credit: @hungrygomedan

Kuliner kaki lima di Medan yang ini sepertinya cocok dinikmati pecinta seafood. Berada di wilayah Ring Road, kawasan kuliner di Medan yang banyak dikunjungi wisatawan, Kerang Rebus Sumatra menjadi salah satu lapak yang paling terkenal dengan sajian kerang dara, kerang ijo, kerang panggang pulut, kerang piso lipat serta siput, ditambah sambal pedas spesial yang bisa dicocol sepuasnya. Wow!

Lokasi: Jl. Arteri Ring Road No.107, Tj. Rejo, Medan Sunggal, Kota Medan
Harga: 15,000 IDR per porsi

8. Mie Balap Wahidin

Image credit: @medanfoodblog

Sarapan dengan menu mie balap di Medan bisa menjadi alternatif asyik yang kamu coba. Mie dari kwetiaw digoreng dengan sawi, daun bawang dan telur, atau menggunakan seafood dan jeroan ayam sebagai topping, dijamin akan membuat kamu puas dengan rasa dan porsi yang istimewa saat menyantapnya.

Lokasi: Jln Wahidin, sebelah Jalan Gajah, kota Medan
Harga: Mulai dari 12,000 IDR per porsi

9. Bakso Aston

Image credit: @betamakan.mdn

Ada banyak penjual bakso di kota Medan, namun salah satu yang paling ngehits karena kualitas rasanya adalah bakso Aston. Warung bakso kaki lima yang tepat berada di seberang hotel Aston tersebut menawarkan porsi yang melimpah dengan kuah kaldu yang gurih dan lezat, serta harga yang relatif murah, pas untuk kamu yang berkantong cekak.

Lokasi: Ujung Jalan Raden Saleh, seberang Hotel Aston, samping kantor berita Antara.
Harga: 10,000 IDR per porsi

10. Pokat Kocok Bu Lia Simpang Glugur

Image credit: @ellyshuang

Jus alpukat mungkin sudah biasa kamu nikmati, tapi tidak demikian dengan es pokat kocok. Jika ingin mendapatkan sajian terbaik, Pokat Kocok Bu Lia di Simpang Glugur bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memulai debut. Buah alpukat dihancurkan bukan dengan blender, melainkan alat kocok kue. Tambahan air gula, gula aren, susu kental manis putih dan santan dengan es serut sebagai topping melengkapi es enak yang asyik dinikmati saat cuaca panas ini.

Lokasi:  Jl KL Yos Sudarso, Kota Medan
Harga: 9,000 IDR per porsi

Baca juga: 15 Makanan Khas Medan Dan Tempat Paling Asyik Untuk Menikmatinya

Kamu tertarik mencoba kuliner kaki lima di Medan yang mana?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru