Liburan Murah Ke Luar Negeri; Negara Bebas Visa Dengan Nilai Mata Uang Yang Rendah

Liburan murah ke luar negeri bukan lagi menjadi hal yang mustahil. Apalagi sudah ada 70 negara yang bebas visa untuk WNI. Dengan fasilitas bebas visa tersebut, kamu bisa bebas keluar masuk negara tujuan kapanpun kamu mau. Selain memburu tiket promo pesawat, kamu bisa lebih berhemat lagi dengan memilih negara tujuan yang memiliki nilai tukar mata uang rendah terhadap Rupiah.

Nilai tukar mata uang suatu negara menjadi hal yang penting dalam perencanaan alokasi dana liburan ke luar negeri. Misalnya, untuk ke Amerika kamu perlu menukar uang Rupiah mu ke dalam Dolar Amerika. Jika satu Dolar Amerika dihargai 14,500 IDR, maka jika mempunyai uang 500,000 IDR kamu hanya akan mendapatkan sekitar 34 Dolar Amerika saja. Uang tersebut mungkin akan segera habis dalam waktu sehari.

Dengan memilih negara yang nilai tukar mata uangnya rendah terhadap Rupiah, kamu tidak perlu khawatir menghabiskan banyak uang saat liburan ke luar negeri. Penasaran negara mana saja yang bisa kamu kunjungi tanpa harus mengeluarkan banyak uang? Simak lanjutan ceritanya sampai habis ya.

1. Uzbekistan

Negara pecahan Uni Soviet di Asia ini banyak memiliki situs bersejarah yang mengagumkan. Keberadaan bangunan-banguan kuno dan megah di Uzbekistan ini tidak lepas dari perannya sebagai salah satu negara persinggahan jalur perdagangan dari China ke Mediterania.

Selain bebas visa bagi WNI selama 30 hari, kamu juga tidak perlu khawatir akan menghabiskan banyak uang di sini. Satu Som Uzbekistan setara dengan 1.87 IDR. Meski tidak lebih rendah, namun nilai tukarnya masih sangat kecil. Kamu tidak perlu ragu lagi untuk liburan kemari.

2. Vietnam

Sebagai WNI, kamu bisa bebas keluar masuk negara anggota ASEAN, salah satunya adalah Vietnam. Vietnam ternyata memiliki banyak destinasi wisata yang mulai naik daun lho. Sebut saja Halong Bay yang keindahannya bikin siapapun akan terpana.

Mata uang Vietnam adalah Dong Vietnam. Satu Dong Vietnam senilai dengan 0.63 IDR. Murah sekali bukan? Bayangkan saja jika kamu membawa uang 1,000,000 IDR, berapa yang akan kamu dapatkan dalam Vietnam Dong?

3. Kamboja

Negara ASEAN lain yang bisa kamu kunjungi dalam rangka liburan murah ke luar negeri adalah Kamboja. Kamboja termasuk salah satu negara di ASEAN yang masih berbentuk kerajaan. Negara ini merupakan penerus dari Kekaisaran Khmer yang dulunya menguasai wilayah Indo-China.

Banyak sekali peninggalan Kekaisaran Khmer yang sampai sekarang masih terawat baik dan sayang untuk dilewatkan. Yang terkenal adalah tentu saja Candi Angkor Wat yang pernah dijadikan lokasi syuting film Tomb Raider. Satu Riel Kamboja dihargai sama dengan 3.58 IDR. Masih cukup ramah di kantong, bukan?

4. Laos

Berada di sisi utara Kamboja, Laos menawarkan sensasi liburan murah ke luar negeri yang tidak kalah asyiknya. Satu Kip Laos memiliki nilai yang sama dengan 1.72 IDR. Masih sangat murah untuk ukuran bepergian ke luar negeri.

Di Laos kamu bisa menemukan beragam tempat menarik yang tidak boleh dilewatkan. Mulai dari wisata alam seperti Air Terjun Kuang Xi dan Bolaven Plateau hingga wisata budaya dan religi seperti Pha That Luang. Tertarik untuk liburan ke Laos?

5. Myanmar

Myanmar atau yang dulu dikenal dengan nama Burma memiliki banyak jejak peninggalan Budha. Salah satu yang terkenal adalah Shwedagon Pagoda. Kamu juga bisa melihat negara fantasi ala avatar di Gunung Popa yang ikonik.

Dengan fasilitas bebas visa, liburanmu ke Myanmar menjadi lebih mudah. Nilai tukar mata uangnya pun cukup rendah. Satu Kyat Myanmar dihargai setara dengan 9.49 IDR. Meski lebih tinggi di antara negara ASEAN di atas, tapi masih cukup oke kok untuk ukuran bepergian ke luar negeri.

6. Kolombia

Selain Asia, Benua Amerika juga punya beberapa negara yang bisa kamu kunjungi dengan budget terbatas. Di antaranya adalah Kolombia. Negara dengan lebih dari 70 persennya merupakan hutan ini cocok sebagai tempat liburan petualangan.

WNI mendapatkan fasilitas bebas visa ke Kolombia selama 90 hari. Bahkan bisa diperpanjang lagi hingga 180 hari lho. Kolombia menggunakan mata uang Peso Kolombia. Satu Peso Kolombia bernilai sama dengan 4.97 IDR. Dengan nilai tukar yang rendah tersebut tidak perlu ragu lagi untuk merencanakan liburan ke sini.

7. Chili (Chile)

Pernah bermimpi melihat gletser di Pegunungan Patagonia? Atau menjelajahi Gurun Atacama? Impianmu kini bisa menjadi nyata lho. Sejak 2017 lalu, WNI mendapatkan fasilitas bebas visa ke Chili selama 90 hari.

Jangan sampai disia-siakan ya. Apalagi nilai tukar mata uang Chili yang tergolong rendah dibandingkan Rupiah. Satu Peso Chili memiliki nilai yang sama dengan 22.6 IDR. Dijamin tidak akan menyesal deh liburan ke Chili.

8. Mali

Benua Afrika memiliki destinasi wisata yang tidak kalah eksotisnya dengan benua lain. Seperti yang ada di Mali. Selain wisata alam liarnya yang sudah tidak diragukan lagi, Mali juga punya sebuah kota unik dengan bangunan berlumpur bernama Djenne. Mali juga dipercaya sebagai tempat inspirasi cerita Lion King.

Image credit: Alexandre Baron

Tidak perlu khawatir kantong jebol saat liburan ke Mali. Satu Franc Mali bernilai sama dengan 26.07 IDR. Cukup murah bukan? Ditambah dengan fasilitas bebas visa selama 30 hari. Liburanmu ke Benua Afrika akan semakin menyenangkan.

9. Rwanda

Image credit: Remarkable Rwanda

Negara lain di Afrika yang wajib kamu kunjungi adalah Rwanda. Di sinilah tempat Taman Nasional Akagera berada. Buat kamu yang berjiwa petualang, safari di alam liar jadi hal yang harus dicoba.

Image credit: Remarkable Rwanda

Liburan ke Rwanda tidak lagi repot karena WNI memiliki akses bebas visa selama 90 hari. Nilai mata uang negaranya pun tergolong cukup rendah dibanding dengan Rupiah. Satu Franc Rwanda dihargai setara dengan 16.61 IDR saja.

10. Guyana

Image Credit: Allan Hopkins

Nilai tukar mata uang Dolar Guyana memang tergolong cukup tinggi dibanding negara lain di atas. Satu Dolar Guyana sama dengan 69.95 IDR. Meskipun begitu, tidak rugi rasanya jika liburan ke Guyana.

Image credit: David Stanley

Selain safari di alam liar mau juga bisa melihat Air Terjun Kaieteur yang mirip seperti Niagara. Dengan akses bebas visa selama 30 hari, perjalanan liburanmu ke Guyana tidak lagi menyusahkan.

Baca juga: Ini Dia Cara Hemat Liburan Ke Banyak Negara Dengan Satu Tiket Pesawat Saja

Nah, sekarang terbukti kan kalau liburan ke luar negeri tidak harus mahal? Apalagi sampai membuat kantong kering. Yuk segera rencanakan liburanmu ke salah satu negara di atas! Selamat berlibur!

 

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru