Nendang Dan Maknyus, 8 Lumpia Semarang Ini Harus Kamu Coba

Bicara soal kuliner Semarang, tidak bisa dilepaskan dari yang namanya lumpia. Jajanan yang memadukan cita rasa Jawa dan Tionghoa ini bahkan begitu ikonik, yang membuat ibu kota Jawa Tengah tersebut mendapat julukan sebagai Kota Lumpia.

Sama seperti gudeg, lumpia memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu lumpia goreng dan lumpia basah. Bedanya adalah soal rasa dan penggunaan minyak. Lumpia basah lebih mengedepankan rasa asin, lebih empuk dan penggunaan minyaknya lebih sedikit. Sementara lumpiagoreng lebih gurih, kriuk dan menggunakan minyak yang cukup banyak dalam proses pembuatannya.

Dengan berbagai macam isian di dalamnya, tidak sedikit yang menjadikan lumpia sebagai camilan berat di kala senggang, tapi juga membawanya sebagai oleh-oleh dari Semarang. Nah, agar tidak mengecewakan, delapan tempat ini bisa menjadi jujukan kamu untuk menikmati lumpia Semarang yang terkenal itu. Selamat mencoba!

1. Lumpia Amoy

Image credit: @spiceupyourpalette

Setelah berproses selama beberapa tahun, lumpia Amoy menjadi salah satu penjual lumpia paling terkenal dan ngehits di Semarang. Rasa gurih pada bagian luar dan enak di bagian dalam memberikan sensasi tersendiri bagi penikmat lumpia.

Lokasi: Gg. Jagalan Banteng No.95A, Jagalan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah
Harga: Mulai 12,000 IDR

2. Lumpia Cik Me Me

Image credit: @foodiary_semarang

Ingin menikmati lumpia di tempat yang nyaman dan menyenangkan, kamu bisa datang ke Lumpia Cik Me Me. Selain itu, kamu juga bisa menemukan beragam isian lumpia, mulai dari jamur, daging kepiting, daging kambing dan bahkan ikan kakap. Bagaimana rasanya, ya?

Lokasi: Jl. Gajahmada No.107, Miroto, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah
Harga: Mulai dari 8,000 IDR

3. Lumpia Djoe

Image credit: @djoeoleholehjogja

Isian yang ditawarkan lumpia Djoe bisa dikatakan tidak variatif, seperti udang, daging ayam dan rebung muda. Namun bila berbicara sensasi rasa, lumpia Djoe wajib masuk dalam daftar coba saat berwisata kuliner di kota Semarang.

Lokasi: Jl. Pandanaran No.51, Randusari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah
Harga: Mulai dari 65,000 IDR untuk satu kotak denga lima biji

4. Lumpia 57

Image credit: @oleh_oleh_semarang_57

Jika bakpia terkenal di Yogyakarta adalah Bakpia 25, maka lumpia paling ngehits di Semarang adalah Lumpia 57. Tidak sedikit yang menjadikan kudapan khas ini sebagai oleh-oleh untuk orang kesayangan di rumah. Mendapatkan lumpia ini juga sangat mudah karena tidak sedikit yang menjajakannya di sejumlah lokasi.

Lokasi: Jl. Pandanaran, Randusari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah
Harga: Mulai dari 8,000 IDR

5. Lumpia Pak Sastro

Image credit: @jakulsemarang

Salah satu warga lokal Semarang yang ikut meramaikan dunia per-lumpia-an adalah Pak Sastro. Popularitas dagangannya juga tidak kalah tenar dari yang lain karena sensasi rasa yang ditawarkan sangat mampu bersaing.

Lokasi: Jl. Pamularsih Raya, Bongsari, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah
Harga: Mulai dari 9,000 IDR per biji

6. Lumpia Gang Lombok

Image credit: @jogjabikinlaper

Konon, di tempat inilah lumpia menyeruak sebagai salah satu jajanan paling ngehits di kota Semarang. Jangan heran jika kemudian banyak orang yang memadati tempat ini untuk bisa merasakan lumpia yang legendaris.

Lokasi: Jalan Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Semarang Tengah, Purwodinatan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah
Harga: Mulai dari 15,000 IDR

7. Lumpia Mataram

Image credit: @kevinhorax

Jika kamu tidak sabaran mengantre untuk mendapatkan lumpia Gang Lombok, kamu bisa membeli produk yang sama di Lumpia Mataram. Kebetulan masih ada hubungan kekeluargaan antara penjual di Gang Lombok dan lumpia Mataram ini, jadi rasa lumpinya tidak jauh berbeda.

Lokasi: Jl. MT. Haryono No.533A, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah
Harga: Mulai dari 13,000 IDR per kotak

8. Loenpia Mbak Lien

Image credit: @santhiserad_food

Ciri khas yang ditawarkan lumpia Mbak Lien adalah pada isiannya. Jika kamu mencoba lumpia original, kamu bisa merasakan sensasi udang di dalamnya. Opsi lain, kamu bisa memilih lumpia dengan isian daging ayam, atau yang spesiel seperti campuran udang dan ayam. Wow!

Lokasi: Gang Grajen, Jl. Pemuda No.1, Pandansari, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah
Harga: Mulai dari 11,000 IDR

Baca juga: Enak Dan Terjangkau, 13 Makanan Kaki Lima Di Semarang Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Nah, lumpia mana yang ingin kamu coba terlebih dulu?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru