Makanan Kaki Lima Bali Wajib Dicoba Untuk Wisata Kuliner Mengesankan

Selain pantai yang keren, alam yang indah dan budaya yang luar biasa, Bali menawarkan banyak kuliner istimewa untuk dinikmati. Makanan lokal yang bisa dicoba pun melimpah jumlahnya, termasuk jajanan kaki lima yang tersebar di seantero Bali.

Buat kamu yang ingin liburan ke Bali, atau bahkan sedang berada di Pulau Dewata dan ingin berwisata kuliner dengan menikmati masakan lokal, tidak ada salahnya mencoba makanan kaki lima, yang mudah ditemukan di berbagai tempat. Tapi, bagi yang muslim, mungkin harus sedikit berhati-hati karena ada beberapa di antaranya yang tidak halal untuk dinikmati, ya! Lihat daftarnya di bawah ini!

1. Sate lilit yang nikmat

sate lilit | makanan kaki lima bali
Image credit: @okatok_bolong

Sate lilit menjadi salah satu makanan khas Bali yang mudah ditemukan di berbagai warung makan atau kedai kaki lima pinggir jalan. Hanya saja, bagi yang muslim, kamu mungkin harus bertanya lebih lengkap mengenai daging yang digunakan sebagai bahan utama sate lilit ini, karena tidak jarang yang menggunakan daging babi sebagai bahan utamanya. Jika kamu menemukan sate lilit yang menggunakan daging sapi, ayam atau ikan, dijamin bakal ketagihan menikmatinya.

2. Nasi jinggo, nasi kucing ala Bali

Di Jogja terkenal dengan nasi kucingnya, sementara di Bali populer dengan nasi jinggonya. Keduanya memiliki kesamaan, porsi nasi yang ditawarkan tidak melimpah dan memiliki harga yang terjangkau. Bedanya, nasi jinggo biasanya memiliki lebih banyak isian, seperti sayur, mie goreng, serundeng dan banyak lagi lainnya. Nasi jinggo bisa ditemukan di banyak tempat, jadi kamu bisa melipir kapan saja saat plesiran menjelajah Bali dan menikmati makanan kaki lima murah meriah ini.

Baca juga: Murah Dan Minimalis, Inilah 5 Warung Nasi Jinggo Untuk Kuliner Hemat Di Bali

3. Pisang rai yang bisa bikin ketagihan

Image credit: Faraleyama Tins

Banyak olahan makanan yang bisa dibuat dari pisang, dan di Bali kamu bisa menemukan pisang rai. Mirip dengan pisang ijo dari Makassar, pisang rai bisa dinikmati dengan saus gula merah yang manis, plus taburan parutan kelapa dan kamu bisa mendapatkan sajian yang luar biasa nikmat.

4. Jagung manis yang enak abisssss

Image credit: Susie Yu

Banyak yang menjajakan jagung manis di tempat wisata yang ada di Bali, terutama yang temanya pantai dan laut. Maklum saja, menikmati sunset ditemani jagung manis memang menawarkan sensasi tersendiri. Biasanya jagung manis disajikan dengan cara dibakar dengan olesan mentega dan saus pedas untuk menambah citarasa tersendiri.

5. Nasi tepeng yang kaya sayur

nasi tepeng | makanan kaki lima bali
Image credit: @miiaaa888

Selain nasi jinggo, kamu juga bisa menemukan nasi tepeng di sejumlah kedai atau warung makan kaki lima di Bali. Dalam satu bungkus nasi tepeng, kamu bisa mendapati sayur nangka oseng, terong, kacang dan juga suwiran ayam goreng. Berbeda dengan nasi jinggo, nasi tepeng biasanya dijajakan di pagi hari hingga siang, pas untuk menu sarapan sebelum petualangan di Bali dimulai.

6. Laklak, serabi khas Bali yang yummy

laklak
Image credit: @foodinframebali

Salah satu makanan kaki lima khas Bali yang wajib dicoba adalah laklak, serabi yang hanya bisa ditemukan di Pulau Dewata. Terbuat dari tepung beras yang dilarutkan dengan air, laklak biasanya juga diberi pewarna alami dari daun suji. Ukurannya juga kecil dan disajikan dengan taburan kelapa parut dan gula merah yang dicairkan. Laklak juga biasanya dijadikan menu sarapan, lho!

7. Babi guling yang Bali banget!

Image credit: eat.time.story

Babi guling menjadi salah satu menu makanan yang bisa ditemukan di warung atau kedai kaki lima di Bali, dan banyak tempat makan yang menyajikannya. Konon katanya, babi guling yang ditawarkan di Bali memiliki citarasa yang khas. Tertarik mencoba?

8. Nasi campur yang luar biasa

Image credit: @gitoeste

Salah satu makanan khas Bali yang bisa dinikmati pecinta kuliner adallah nasi campur. Sajian ini termasuk yang paling populer di Pulau Dewata dan bisa ditemukan di banyak tempat, pas dinikmati saat sarapan atau saat makan siang.

Baca juga: Nasi Campur Bali Dan 10 Tempat Terbaik Untuk Menikmatinya

9. Lawar yang penuh pesona

lawar | makanan kaki lima bali
Image credit: Cok Gede Pradipta Yudha

Bagi muslim, lawar termasuk sajian yang harus dihindari. Pasalnya makanan ini tidak memenuhi syarat halal, karena bahan-bahannya berasal dari darah babi yang diolah bersama sayur nangka. Lawar biasanya disajikan bersama dengan potongan babi guling.

10. Bubur mengguh khas Bali yang wajb dicoba

bubur mengguh | makanan kaki lima bali
Image credit: Helen

Pasti kamu pernah mencoba bubur ayam Jakarta, kan? Tapi, pernahkah kamu menikmati bubur mengguh khas Bali yang juga enak tiada duanya? Pas untuk jadi menu sarapan, bubur mengguh disajikan dengan isian seperti kacang hijau, ayam suwir dan kacang goreng dengan banyak pendamping. Enak, lho, dan kamu wajib mencobanya!

Baca juga: 9 Kuliner Kaki Lima Di Bali Yang Murah Dan Mengenyangkan

Banyak pilihan untuk menikmati kuliner dan makanan kaki lima di Bali, kan? Tertarik mencoba yang mana?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru