Mudik Lebaran 2021 Diizinkan Oleh Pemerintah, Siap Untuk Mudik?

Pandemi Covid-19 di Indonesia masih belum menunjukkan perubahan penurunan secara signifikan sampai hari ini. Namun demikian masyarakat sudah diizinkan untuk melakukan mudik saat musim lebaran tahun 2021 ini.

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan tidak akan melarang masyarakat melakukan mudik lebaran di tahun ini. Namun demikian, ada mekanisme protokol kesehatan ketat yang harus dipatuhi oleh masyarakat.

“Kami akan koordinasi dengan Gugus Tugas (Covid-19) bahwa mekanisme mudik akan diatur bersama dengan pengetatan, dan lakukan tracing pada mereka yang mereka yang akan bepergian,” ujar Budi Karya dalam rapat kerja dengan komisi V DPR RI, Selasa (16/3).

“Terkait dengan mudik lebaran 2021 pada prinsipnya pemerintah lewat Kemenhub tidak akan melarang,” ungkapnya lagi.

Mengenai kemungkinan ada lonjakan penumpang saat periode tersebut, Budi Karya mengakui pihaknya sudah memprediksi dan melakukan pemetaan beberapa isu penting.

“Pasti akan terjadi lonjakan, program vaksinasi diprediksi akan membuat masyarakat ingin berpergian,” kata Budi.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta masyarakat untuk menyikapi apapun aturan pemerintah secara bijak, utamanya di tengah pandemi seperti saat ini.

“Namun pada prinsipnya dilarang atau tidak mudik, saya mengharapkan sikap bijak dari masyarakat untuk dapat mengambil keputusan terbaik, khususnya dalam melakukan perjalanan jauh yang berpotensi meningkatkan penularan,” pungkas Wiku.

Berdasarkan data Satgas Covid-19, penambahan jumlah kasus positif covid-19 baik secara harian maupun kumulatif mingguan melonjak 69-93 persen sejak libur Idul fitri 22-25 Mei 2020. Lonjakan kasus itu terlihat dalam rentang waktu 10-14 hari kemudian.

Adapun mengenai mekanisme mudik masih akan dibahas oleh Kemenhub dan Satgas Covid-19, dan akan diumumkan setelah pembahasan selesai.

Baca juga: Cuti Bersama 2021 Dipangkas Lima Hari, Atur Ulang Cuti Kamu, Guys!

Bagaimana, siap untuk mudik tahun ini?


Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

 

Preview image credit: Alexandr Podvalny

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru