5 Tempat Terbaik Menikmati Nasi Liwet Di Solo Yang Maknyus

Dari sarapan hingga kuliner malam, nasi liwet menjadi pilihan yang paling masuk akal untuk dinikmati saat berkunjung ke Solo, Jawa Tengah. Sajian nasi putih hangat dengan sayur labu siap dan siraman santan kental plus ayam yang empuk dan gurih, sulit untuk mengabaikan kuliner khas kampung halamannya Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ini. Karena alasan itulah menikmati nasi liwet di Solo adalah salah satu hal yang harus dilakukan dan masuk dalam itinerary wisata kamu. Soalnya, menikmati kuliner ini akan membuatmu semakin kangen akan kota penuh nilai budaya tersebut.

Tahu tempat terbaik menikmati nasi liwet di Solo? Ada banyak lokasi untuk mencicipinya, namun lima tempat ini adalah yang paling ngehits dan memiliki rasa yang maknyus. Cekidot, ya!

1. Nasi Liwet Wongso Lemu

Image credit: @e_ndro

Sudah ada sejak 1950, nasi liwet Wongso Lemu ini menjadi salah satu jujukan utama pecinta kuliner saat berkunjung ke Solo. Bukan tanpa alasan, nasi liwet yang disajikan memang memiliki keistimewaan tersendiri, baik rasa maupun pilihan lauknya yang melimpah. Yang menarik adalah dari penjual warung nasi liwet di Solo ini selalu mengenakan kebaya tradisional saat melayani tamunya. Tertarik mencoba?

Lokasi: Jl. Teuku Umar, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, mulai 16.00 hingga 1.00
Harga: Mulai dari 19,000 IDR per porsi

2. Nasi Liwet Bu Sarmi

Image credit: @lovekulinerr (kiri), @ary.nugroho (kanan)

Yang berburu nasi liwet murah meriah, warung Bu Sarmi bisa jadi jujukan. Meski begitu, kamu tetap mendapatkan sajian dengan lauk lengkap, kok! Kualitas sayur labu siam dengan kuah santan yang kental, menutupi nasi putih hangat yang pulen, dijamin kamu bakal ketagihan menikmatinya.

Lokasi: Jl. Kapten Mulyadi, Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, mulai 18.00 hingga 24.00
Harga: Mulai dari 8,000 IDR per porsi

3. Nasi Liwet Yu Sani

Image credit: @novitanobu

Ingin menikmati nasi liwet di Solo dengan sentuhan tradisional, warung Yu Sarni bisa menjadi tujuannya. Nasi liwet dengan sayur labu siam plus ayam opor, telur rebus dan santan kental juga sambal disajikan dalam wadah daun pisang, yang menambah kenikmatan tersendiri saat menghabiskan seporsi sajian ini.

Lokasi: Jl. Veteran No.90-191, Gajahan, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, mulai 5.00 hingga 11.00
Harga: Mulai dari 20,000 IDR

4. Nasi Liwet Bu Sri

Image credit: @esternugroho

Salah satu kuliner khas yang bisa dinikmati di Pasar Gedhe adalah nasi liwet Bu Sri. Berada di sebelah barat pasar, salah satu warung nasi liwet di Solo ini menjadi salah satu warung paling ngehits. Tidak jarang terlihat antrean yang mengular sekadar untuk menikmati sajian ini. Tips dari kami, jika ingin menikmatinya, jangan datang terlalu siang, ya!

Lokasi: Jl. Honggowongso No.107, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, mulai 6.00 hingga 12.00
Harga: Mulai dari 9,000 IDR per porsi

5. Nasi Liwet Ibu Waris

Image credit: @yogasaja79

Salah satu penjual warung nasi liwet di Solo yang cukup ngehits adalah Bu Waris. Disajikan dalam pincukan daun pisang, nasi liwet lengkap dari warung ini menghadirkan pesona rasa yang menarik untuk dicoba. Sayur labu manis, yang menjadi topping di atas nasi putih pulen yang hangat, dengan tambahan lauk sesuai selera dan sambal serta kuah santan yang gurih, cukup asyik untuk dinikmati.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Jayengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, mulai 6.00 hingga 10.00
Harga: Mulai dari 15,000 IDR per porsi

Baca juga: 12 Tempat Makan Langganan Jokowi Di Solo Yang Sederhana Tapi Maknyus Rasanya

Kamu tahu rekomendasi menikmati nasi liwet di Solo lainnya yang pantas masuk dalam daftar ini? Mengapa tidak berbagi dengan kami?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru