Oleh Oleh Khas Medan Yang Unik Dan Menarik Untuk Dibawa Pulang

Pesona kota Medan selalu menarik banyak pengunjung, baik turis atau warga yang mudik. Wisata Medan tidak ada habisnya untuk ditelusuri, begitu juga dengan deretan oleh-oleh khas yang akan menggoda iman. Kamu wajib berbelanja oleh oleh khas Medan yang banyak jenisnya ini, mulai dari makanan hingga barang etnik.

TripZilla Indonesia telah merangkum beberapa oleh-oleh khas Medan yang unik dan sayang untuk dilewatkan. Sesuaikan dengan selera agar semua orang senang ya!

1. Orong-orong, oleh oleh khas Medan yang gurih dan bikin ketagihan

oleh oleh khas medan
Image credit: OLEH OLEH MEDAN

Orong-orong merupakan penganan berbentuk tabung yang renyah. Biasanya orong-orong disantap sebagai teman ketika makan nasi. Banyak orang tidak akan tahan dengan godaan untuk menyantapnya karena orong-orong yang terbuat dari udang dan tepung ini punya rasa gurih. Ada rasa original dan pedas yang bakal membuat hidangan apapun terasa semakin ramai. Beli dan cicipi di berbagai sentra penjualan oleh-oleh, salah satunya di Jl. Halat di kota Medan.

Lokasi: Jl. Halat No. 132C Lt. 2, Ps. Merah Tim., Medan
Jam Buka:
Harga: Mulai dari 21,000 IDR

2. Sate Kerang, mantapnya kenyal yang berpadu dengan sensasi smokey 

Image credit: Rahmat Efendi

Di Medan, kamu perlu merasakan uniknya sate kerang. Tempat makan sate kerang yang tersohor di Medan adalah Sate Kerang Rahmat. Pemilik usaha sate ini, Rahmat Efendi, konon sudah berjualan sejak tahun 1957. Terdapat tiga varian bumbu sate yaitu original, manis dan pedas. Bila ingin menjadikannya oleh-oleh, kamu dapat membeli sate kerang yang sudah dikemas dengan baik agar dapat dibawa dengan aman dan tetap segar.

Lokasi: Jl. Kruing No. 2G, Sekip, Kec. Medan Petisah, Medan
Jam Buka: Setiap hari, 11.00 WIB – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

3. Kue Bawang Akhan, renyahnya bikin sulit berhenti makan

oleh oleh khas medan
Image credit: Kue Bawang Metal M3.39 (Akhan)

Dari gambarnya saja kamu sudah bisa merasakan tekstur renyah dari Kue Bawang Akhan. Lokasinya di Jalan Metal membuat kue bawang ini juga disebut kue bawang metal. Harganya terjangkau dan kamu bisa membeli lebih dari satu untuk dibawa pulang. Atau kalau kamu ketagihan, bukan tidak mungkin kamu akan menyantap lebih dari satu bungkus. Ayo dicoba!

Lokasi: Jl. Metal III No. 39, Tj. Mulia, Kec. Medan Deli, Medan
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 18.00 WIB
Harga: Mulai dari 17,000 IDR

4. Sambal Andaliman, oleh oleh khas Medan yang pedasnya berbeda dari sambal lainnya

Image credit: Rumah Giling

Andaliman merupakan bumbu khas dari Sumatra Utara. Tidak heran kalau sambal andaliman menjadi salah satu oleh-oleh populer dari Medan. Kamu bisa membelinya di Rumah Giling yang juga menyediakan varian sambal lainnya. Ada sambal tuktuk, narara, tipul tipul, narata dan sambal balacan. Sambal-sambal ini bahkan sudah diekspor ke luar negeri jadi kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Mari dibeli!

Lokasi: Jl. Alfalah No. 26, Glugur Darat II, Kec. Medan Tim., Medan
Jam Buka: Senin – Sabtu, 10.00 WIB – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 30,000 IDR

5. Roti Ganda, tebal dengan krim melimpah yang bikin kenyang

Image credit: Roti Ganda Cabang Pematang Siantar

Roti yang terkesan jadul dan terkenal di Medan adalah Roti Ganda. Beberapa jenis roti yang dijual di antaranya adalah roti agogo, bolu gulung dan aneka roti manis. Roti agogo berupa potongan roti yang tebal dan diisi dengan krim dan meses yang sama tebalnya. Wajib dikunjungi bagi kamu penyuka roti dan tentunya tidak sulit untuk dibawa pulang, kan?

Lokasi: Jl. Denai No. 42, Tegal Sari Mandala I, Kec. Medan Denai, Medan
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 30,000 IDR

6. Bapia Tamiang, kue oleh oleh khas Medan dengan ragam isian enak

oleh oleh khas medan
Image credit: Tamiang Bapia

Bapia Tamiang menjadi salah satu makanan yang perlu dicoba saat di Medan. Karena enaknya, maka bapia ini pun jadi pilihan oleh-oleh khas Medan yang disukai. Kamu bisa kalap memilih karena banyaknya jenis pia yang ditawarkan. Ada bapia kacang, lou poh piang, crispy wijen, hingga nastar durian. Bahkan di sini juga ada menu vegetarian yaitu pia kacang hijau vegetarian dan cui kao so vegetarian. Kemasannya juga cantik dan pas diberikan sebagai bingkisan kepada teman atau keluargamu.

Lokasi: Jl. Tamiang No. 16, Sidodadi, Kec. Medan Tim., Medan
Jam Buka: Senin – Sabtu pukul 08.30 WIB – 17.00 WIB, Minggu pukul 11.00 WIB – 17.30 WIB
Harga: Mulai dari 64,000 IDR

7. Kerajinan tangan anyaman, tradisional dan tetap keren

Di Medan juga terdapat banyak kerajinan anyaman. Ada sandal, dompet hingga tas anyam dengan beragam kombinasi warna. Kamu dapat menyesuaikan dengan selera orang yang akan menerimanya. Kerajinan anyaman ini bisa kamu jumpai di banyak tempat dan salah satunya di Jl. Sei Belutu. Harganya pun bervariasi jadi kamu leluasa memilih yang cocok dengan anggaranmu.

Lokasi: Jl. Sei Belutu No. 77, Padang Bulan Selayang I, Kec. Medan Selayang, Medan
Jam Buka:
Harga: Mulai dari 20,000 IDR

8. Kaos dan busana etnik dengan kata-kata khas Medan

Image credit: Kaos JeGez Medan

Ingin membeli kaos yang kental dengan nuansa Medan? Kunjungi JeGez Gallery yang menjual kaos dan perlengkapan busana etnik khas Medan. Kaos-kaos bertuliskan kalimat-kalimat yang menarik dan kain-kain etnik dapat kamu berikan dengan bangga. Banyak pilihan dan jenis yang dapat membuatmu bingung menentukan pilihan, lho!

Lokasi: Jl. Setia Budi No. 370, Tj. Sari, Kec. Medan Selayang, Medan
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 20.00 WIB
Harga: Mulai dari 90,000 IDR

9. Kain songket Melayu, oleh oleh khas Medan nan cantik

Image credit: IR & IR

Ingin memberikan oleh-oleh khas Medan yang elegan? Maka kain songket Melayu tepat untuk dibeli. Warna-warni yang lembut dan indah tampak eksklusif dan memanjakan mata. Harganya tergantung pada kualitas kainnya. Jika tidak ingin menjahit lagi, kamu juga bisa membeli songket Melayu yang sudah dijadikan baju siap pakai. Kamu bisa melihat koleksinya kain cantik ini di galeri Songket Deli di Medan.

Lokasi: Jl. Putri Hijau I/II No. 10, Kesawan, Kec. Medan Bar., Medan
Jam Buka:
Harga: Mulai dari 200,000 IDR

Baca juga: 10 Hotel Murah Di Medan Dengan Fasilitas Komplet Untuk Akomodasi Liburan

Kekayaan budaya di Medan terlihat dari ragam oleh-oleh khas yang ada. Mana yang kamu suka?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru