4 Pahlawan Wanita Indonesia, Tokoh Inspirasional Untuk Para Traveler

Ingin mencari sosok inspirasional yang bisa memotivasi dan memberikan semangat untuk terus berkembang, bermanfaat untuk sesama dan menjadi lebih baik dalam segala hal? Jika iya, empat pahlawan wanita Indonesia ini bisa menjadi tokoh inspirasional tersebut.

Pahlawan wanita Indonesia ini dikenal karena usaha dan upaya gigih dan tak kenal menyerah, yang dilakukan dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Meski banyak tantangan dan halangan, tidak hanya dari kolonial, tapi juga adat dan budaya serta stereotip mengenai wanita, tokoh-tokoh ini bisa menjadi sosok penting yang pada akhirnya membantu mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Penting sekali untuk mempelajari, mengambil nilai-nilai positif perjuangan yang dilakukan dan memahami pola pikir mereka untuk bisa menjadi agen perubahan positif untuk bangsa dan negara.

Bagi setiap orang, baik para Gen Z dan milenial, termasuk untuk para traveler Indonesia, perjuangan mereka layak mendapatkan perhatian dan pengakuan khusus. Dari mereka, banyak pelajaran yang bisa didapat, terutama semangat untuk terus berjuang, belajar dan pantang menyerah. Untuk mengetahui perjuangan mereka lebih lengkap, di bawah ini adalah penjabaran secara singkat apa yang sudah mereka lakukan dan mengapa empat pahlawan wanita Indonesia ini layak mendapatkan tempat khusus di hati masyarakat.

1. Raden Ajeng Kartini (R.A. Kartini)

pahlawan wanita indonesia

R.A. Kartini lahir di Jepara pada 21 April 1879 dan keluarganya termasuk sebagai keturunan bangsawan. Statusnya ini pun membuat R.A Kartini memiliki kesempatan untuk belajar di sekolah elit, ELS (sekolah dasar Eropa) sehingga berkesempatan mengenal teman-teman keturunan Eropa. Wawasannya semakin terbuka, karena saat ia terpaksa berhenti sekolah, ia pun banyak menghabiskan waktunya untuk membaca, serta menulis surat kepada sahabatnya di Eropa. Hal itu pun memacu semangat dirinya untuk memajukan kaum perempuan pribumi pada masa itu, yang masih berada pada status sosial rendah.

R.A Kartini memperjuangkan emansipasi wanita agar perempuan pribumi bisa memiliki status sosial dan hak setara dengan laki-laki. Perjuangannya tak mudah dan dipenuhi jalan panjang berliku, namun tekad dan semangat R.A Kartini berhasil memberikan dampak nyata, hingga dirinya dinobatkan sebagai pahlawan kemerdekaan nasional melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 108 Tahun 1964 yang dikeluarkan pada 2 Mei 1964.

2. Nyi Ageng Serang

pahlawan wanita indonesia

Perang Diponegoro merupakan salah satu peristiwa bersejarah dalam kemerdekaan bangsa Indonesia. Salah satu tokoh penting dalam Perang Diponegoro adalah sosok pahlawan wanita yang lincah, cerdas dan memiliki tekad kuat, yakni Nyi Ageng Serang. Ia dikenal ahli dalam menyusun taktik dan strategi perang. Kemampuannya tersebut pun membuat Pangeran Diponegoro memilihnya sebagai penasihat perang.

Nyi Ageng Serang merupakan seorang wanita dengan nasionalisme tinggi, hingga menjadi pejuang yang berpartisipasi dalam perang melawan penjajah. Cita-citanya mulia menggetarkan semangat, “Biarkan aku mati dengan sukarela untuk kepentingan bangsaku seribu tahun nanti.” Atas perjuangannya, pada tanggal 13 Desember 1974, ia dinobatkan sebagai pahlawan nasional berdasarkan ketetapan SK 084/TK/1974.

3. Maria Walanda Maramis

Sosok pahlawan wanita yang berperan bagi bangsa Indonesia selanjutnya adalah Maria Walanda Maramis. Meski Namanya cukup asing, ia bisa dibilang sebagai Kartini dari Minahasa. Sebab, Maria Walanda Maramis merupakan tokoh perempuan asal Minahasa yang juga memperjuangkan hak perempuan di bidang politik dan pendidikan. Pada Juli 1917, ia mendirikan sebuah organisasi bernama Percintaan Ibu Kepada Anak Turunannya (PIKAT).

Organisasi ini bertujuan untuk memberikan pendidikan bagi kaum perempuan agar mereka dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga, lewat pendidikan membaca dan menulis, hingga seputar kehidupan rumah tangga seperti memasak, merawat bayi, menjahit dan lain sebagainya. Untuk mengenang jasanya, ia dinobatkan sebagai pahlawan nasional dengan SK 012/TK/1969 pada 20 Mei 1969.

4. Martha Christina Tiahahu

Martha Christina Tiahahu merupakan sosok pahlawan wanita Indonesia yang berasal dari Pulau Nusalaut, dan berperan penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Ia merupakan seorang wanita pejuang yang terlibat dalam pertempuran sejak usia muda. Sebagai pahlawan wanita, keberanian Martha Christina Tiahahu tentulah patut dijadikan teladan.

Semangatnya untuk berjuang membela bangsa sangat tinggi walaupun nyawanya menjadi taruhan. Tekad tersebut pun mengantarkan dirinya untuk terlibat dalam pertempuran di Saparua, yang menjadi awal perlawanan rakyat Maluku terhadap Belanda, hingga ikut serta dalam perang Pattimura. Namanya kini dikenal sebagai pahlawan perempuan yang melegenda melalui SK Presiden RI No. 012/TK/Th 1969.

Sebagai upaya meningkatkan kesadaran serta menambah wawasan generasi muda, McDonald’s Indonesia kembali menghadirkan kampanye McDonald’s Edisi Pahlawan dengan menghadirkan serial 3D Figur Pahlawan yang dapat dirakit sendiri, edisi spesial pahlawan wanita Indonesia. Edisi spesial figur 3D pahlawan wanita Indonesia ini bisa didapatkan oleh konsumen mulai 15 April sampai 30 Juni 2022 secara gratis, melalui pembelian produk Paket Family Weekend di McDonald’s seluruh Indonesia. Adapun Paket Family Weekend edisi Pahlawan Wanita Indonesia ini hadir dalam beberapa seri. Seri 1 di mulai pada 15 April yang menampilkan R.A. Kartini dan Nyi Ageng Serang, sedangkan seri 2, mulai 21 April menampilkan Maria Walanda Maramis dan Martha Christina Tiahahu.

Dalam press release McDonald’s Indonesia kepada TripZilla Indonesia, 3D Figur Pahlawan ini dilengkapi dengan kode QR yang terdapat di kartu pahlawan, dan akan menuju pada laman Youtube, di mana konsumen nantinya dapat mendengarkan cerita mengenai kisah perjuangan para pahlawan wanita tersebut. Kampanye ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan bermakna lewat cara yang seru bagi generasi muda Indonesia. McDonald’s juga melakukan berbagai kegiatan yang diharapkan akan melibatkan dan menarik perhatian anak muda, antara lain dengan melakukan Walking Tour ke jalan atau tempat yang menggunakan nama Pahlawan bersama Komunitas Historia Indonesia (KHI), organisasi nirlaba-independen yang bergerak dalam bidang sejarah, kebudayaan, pendidikan dan pariwisata.

Baca juga: Banyak Kejutan, Inilah Deretan Film Seru Dari Marvel Di Tahun 2022

Tertarik mengikuti semangat dan perjuangan yang mereka lakukan?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru