Penyetan Enak Di Surabaya Yang Wajib Dicoba Pecinta Kuliner

Jika ada kesempatan liburan ke Surabaya, jangan sampai melewatkan menikmati kekayaan kuliner yang ada di sana! Dari rujak cingur, pecel semanggi, soto daging hingga rawon, kamu harus mencobanya. Oh iya, ada satu lagi kuliner enak yang tidak boleh dilewatkan saat di Surabaya, penyetan.

Kuliner ini merupakan kuliner sederhana yang banyak dijajakan di banyak wilayah di Indonesia. Yang menjadikan penyetan Surabaya menjadi khas, selain karena yummy dan enak, adalah level pedasnya, yang orang lokal bilang “naudzubillah”!

Kamu bisa memilih lauk, dari ayam, lele, tahu tempe, ikan pari atau bahkan bebek goreng renyah. Dengan nasi putih hangat, lalapan dan sambal dengan citarasa khas, kamu sudah mendapatkan kuliner khas Surabaya enak bernama penyetan.

Tertarik mencoba? Ada banyak lokasi menikmati penyetan enak di Surabaya. Namun jika ingin menikmati yang paling populer, spesial dan memiliki kelasnya tersendiri, lima warung ini adalah yang harus dikunjungi.

1. Kuliner malam yang maknyus ala Sego Sambel Mak Yeye

sego sambel mak yeye | penyetan enak surabaya
Image credit: @stanzazone

Kalau mau mencoba kuliner pedas khas Surabaya, kunjungi saja Sego Sambel Mak Yeye di daerah Jagir, Wonokromo, yang buka menjelang tengah malam dan tutup saat subuh. Karena kekhasan rasa dan pedas, serta condiment yang ada, kamu mungkin harus antri selama beberapa waktu untuk bisa mendapatkan sepiring nasi sambel dengan ikan pari sebagai lauk utamanya. Slurp!

Lokasi: Jl. Jagir Wonokromo Wetan No.12, Jagir, Wonokromo, Surabaya
Harga: Mulai dari 15,000 IDR untuk seporsi nasi sambel dengan ikan pari, telur dan tempe goreng.

2. Penyetan enak istimewa ala Sego Sambel Mbak Noer

Image credit: @laparlagimakanlagi

Salah satu warung penyetan yang menyajikan sambel yang khas adalah warung Mbak Noer. Tidak heran jika kemudian banyak banget pelanggan yang sedia antri untuk bisa menikmati sajian penyetan di sini. Ada banyak menu lauk juga yang bisa dipilih, namun apapun lauknya, harus dilengkapi dengan sambalnya yang juara. Coba deh!

Lokasi: Jl. Jagir Wonokromo No.120, Jagir, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur
Harga: Mulai dari 10,000 IDR, tergantung lauk yang dipilih

3. Penyetan Padin untuk yang gila pedas

Penyetan Padin
Image credit: Kuliner Surabaya

Ingin membakar lidah, mengeluarkan keringat atau mengucurkan air mata, warung penyetan Padin bisa menjadi warung yang dituju. Sambal sebagai pendamping lauk terkenal karena super pedas, namun memiliki keistimewaan yang bikin kangen penikmatnya. Hanya saja, untuk harga setiap porsi di warung yang buka 24 jam ini sedikit di atas rata-rata. Meski begitu, dijamin kamu akan puas menikmati sajian di sini.

Lokasi: Jl. Kranggan No.26, Bubutan, Kec. Bubutan, Kota SBY, Jawa Timur
Harga: Mulai 14,000 IDR per porsi, tergantung lauk yang dipilih

4. Penyetan Bang Ali yang semakin ngehits

Penyetan Bang Ali | enak surabaya
Image credit: AVX Store

Salah satu warung penyetan yang mulai mencuri perhatian adalah Penyetan Bang Ali. Lokasinya ada di kawasan Darmo dan buka 24 jam. Yang spesial di sini adalah menu lauknya yang melimpah, termasuk di antaranya terong hingga sekadar telur goreng. Kamu juga bisa memilih level sambal sebagai pendamping. Dijamin enak, lho!

Lokasi: JL. Raya Simpang Darmo Permai Utara I No.22, Lontar, Kec. Sambikerep, Kota SBY, Jawa Timur
Harga: Harga lauk mulai dari 2,000 IDR (tahu atau tempe) hingga 35,000 IDR (dorang atau gurami goreng)

5. Penyetan dengan menu paketan ala Slamet Bledek

Image credit: cecekuliner

Salah satu penyetan yang layak direkomendasikan adalah warung Penyetan Slamet Bledek. Warung ini menyajikan menu penyetan dengan sistem paketan, dari yang di dalam satu paketnya ada sop sayur dan masih banyak lagi lainnya. Menunya juga variatif, dan pastinya memiliki kekhasan tersendiri.

Lokasi: Medokan Asri Tim. IX Blok RL5L No.12, Medokan Ayu, Kec. Rungkut, Kota SBY, Jawa Timur
Harga: Mulai dari 13,000 IDR

Baca juga: Warung Nasi Di Surabaya Yang Harus Dikunjungi Pecinta Kuliner

Jadi, jika ke Surabaya, lupakan dulu menikmati rawon, sate klopo atau bahkan soto dan coba sensasi baru yang memanjakan lidah seperti penyetan enak dan lezat di atas. Tertarik mencoba?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru