Peringkat Paspor Indonesia Di Index Paspor Dunia 2018 Turun

Paspor Indonesia di atmosfer global ternyata tidak cukup sakti. Buktinya, dalam daftar peringkat Index Paspor Dunia 2018 yang dirilis Henley & Partners, peringkat paspor kita hanya menduduki posisi ke-72 dalam daftar peringkat global.

Dibandingkan sebelumnya, posisi paspor Indonesia turun lima peringkat dari posisi 67. Saat ini paspor Indonesia juga hanya bisa memasuki 73 negara dengan status bebas visa.

Adapun paspor terkuat di daftar peringkat Paspor Index Dunia adalah milik Jepang dengan pemegang paspor bisa masuk ke-190 negara tanpa harus mengurus visa khusus. Tetangga Indonesia di Asia Tenggara, Singapura, bercokol di posisi kedua dengan pemegang paspornya mendapatkan fasilitas bebas visa di 189 negara.

Image credit: @ditjen_imigrasi

Jerman, Prancis dan Korea Selatan menempati urutan ketiga dengan fasilitas bebas visa di 188 negara, disusul Denmark, Finlandia, Italia, Swedia dan Spanyol di peringkat empat dengan akses ke 187 negara tanpa visa. Amerika Serikat bersama dengan Norwegia, UK, Austria, Luksemburg, Belanda dan Portugal menempati urutan kelima.

Daftar lengkap peringkat Index Paspor Dunia 2018 bisa dicek di sini.

Baca juga: Pemegang Paspor Diplomatik Dan Dinas Indonesia Kini Bebas Visa Ke Yunani

Semoga tahun depan paspor Indonesia memiliki peringkat yang lebih baik lagi, ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru