Mendengarkan Suara Hutan dari Rumah, Peta Digital Ini Bakal Memanjakan Pendengarnya

Bagi yang belum pernah melakukan hiking dan treking menembus hutan dan menjelajah pegunungan, pernah membayangkan seperti apa rasanya berada di hutan hujan tropis yang masih alami? Pernah membayangkan bagaimana dan seperti apa hutan mengeluarkan suara mereka?

Well, jika kamu penasaran dengan alaminya suara yang berasal dari hutan, tidak ada salahnya jika kamu menengok Sounds of the Forest, peta digital yang menyajikan berbagai suara dari hutan yang tersebar di seluruh dunia.

Sound of the Forest diciptakan oleh lembaga amal yang bermarkas di Britania Raya, Wild Rumpus, untuk ajang Timber Festival 2021, yang bakal dilangsungkan pada 2-4 Juli 2021. Aplikasi ini merupakan website yang memiliki peta hutan digital di setiap wilayah di bumi ini. Setiap wilayah menawarkan suara alam di kawasan hutan tersebut, yang memberikan sensasi tersendiri bagi pendamba wisata alam.

Image credit: Sounds of the Forest

Asyiknya, peta digital ini tidak hanya memberikan kesempatan untuk orang lain untuk mendengarkan suara alam, tapi juga memungkinkan mereka menyumbang kontribusi suara alam di wilayah mereka di perpustakaan open-source Sound of the Forest.

Dalam keterangannya di laman resmi website tersebut, suara alam yang disimpan di perpustakaan open-source bisa digunakan untuk siapa saja, dan semua orang bisa menyumbang suara hutan di sekitar mereka.

“Artis yang terpilih akan bisa menanggapi suara yang mereka kumpulkan, menciptakan musik, audio, karya seni atau hal lain yang luar biasa, untuk bisa ditampilkan di Timber Festival 2021,” demikian keterangan yang dirilis di laman tersebut.

Image credit: Sounds of the Forest

Bagi kamu yang penasaran seperti apa suara hutan hujan tropis terbesar di dunia yang ada di Amazon, Brasil, bisa langsung mengklik dan mendengarkan langsung di situs tersebut. Hal yang sama juga bisa dilakukan di kawasan hutan lain di seluruh penjuru bumi.

Kamu cukup mengklik pin yang ada, yang memunculkan kotak informasi, menjelaskan hutan yang kamu pilih. Tekan play dan kamu bisa mendengarkan suara alam, dan bahkan menyatu di dalamnya.

Nah, kamu ingin menyumbang suara di peta digital ini? Gampang, ikuti saja instruksi yang ada di laman submission page! Untuk hasilnya, apakah akan muncul di peta digital atau tidak, semua ditentukan oleh tim yang mengelola website ini. Tapi, dijamin deh, menunggu sumbangan suara kamu untuk bisa muncul di peta digital ini akan sangat menantang untuk dilakukan.

Karena format yang ditawarkan peta digital ini bersifat open-source, semua file suara memiliki kesepakatan Creative Commons Share Alike. Itu berarti, penggunanya harus berhati-hati jika ingin menggunakan sampel suara di dalamnya.

Namun, bagaimanapun juga, suara alam dan hutan yang ditampilkan dijamin akan memberikan ketenangan tersendiri bagi jiwa. Cara terbaik menikmatinya, buka jendela rumah kamu, nikmati tiupan angin sambil menyesap kopi atau teh hangat dan dengarkan suara alam yang bakal membuat kamu terbang ke nuansa yang hangat dan natural.

Baca juga: 23 Destinasi Wisata Hutan Pinus Untuk Liburan Anti-Mainstream Dan Instagrammable

Penasaran? Langsung saja klik websitenya dan nikmati langsung suara alam dan hutan yang ada di sana!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru