Punya Villa Di Jepang, Mengapa Tidak? Rumah Di Jepang Ini Dijual Murah Bingits!

Jika membeli rumah di Indonesia terlalu mahal untuk dilakukan, mengapa tidak sekalian memiliki rumah di Jepang? Kebetulan ada sekitar delapan juta rumah tidak berpenghuni di Jepang yang siap dijual dengan harga relatif murah, bahkan gratis, lho!

Ini bukan kabar kaleng-kaleng pastinya. Rumah-rumah kosong, atau yang biasa disebut “Akiya” tersebut, memang bisa dimiliki dengan harga murah atau gratis. Adalah pejabat Jepang yang bersedia memberikan beberapa rumah, yang kabarnya jumlahnya mencapai delapan jutaan tersebut, ke sejumlah pihak.

Menurut laporan yang ditulis Nikkei Asia, langkah tersebut diambil dengan harapan pemilik baru bisa merevitalisasi daerah pedesaan di penjuru Jepang.

Lalu, seperti apa kondisi rumah yang dijual atau dilepas secara gratis itu? Nah, untuk rumah yang tidak gratis, kondisi rumah lumayan baik, meski tetap harus direnovasi agar layak untuk ditinggali.

rumah murah di jepang
Image credit: Pen Ash

Laman Tokyo Cheapo menggambarkan rumah-rumah yang dibagikan dengan harga murah dan gratis ini sebagai “rumah yang tidak memiliki peminat dan agen properti menyerah mencoba menjualnya.” Selain itu, untuk melakukan renovasi hingga menjadi layak huni, dibutuhkan dana ekstra besar dan mahal.

“Membuat akiya kamu layak huni mungkin memerlukan investasi tersendiri,” demikian Tokyo Cheapo menulis dalam laporan mereka.

Untungnya, pemerintah daerah memberikan bantuan seperti hibah renovasi hingga subsidi pembelian dan perawatan anak untuk keluarga yang pindah.

Buat kamu yang berencana memiliki rumah tersebut dan menjadikannya sebagai tempat bisnis, baik itu restoran atau rumah penginapan, pejabat daerah juga siap mengubah undang-undang zonasi, yang memungkinkan rumah-rumah tua tersebut diubah sesuai dengan peruntukan dan kepentingan bisnis.

Selain itu, ada syarat lain yang juga harus diperhatikan, terutama persyaratan untuk tinggal di suatu tempat dalam periode dan jangka waktu tertentu sebelum bisa membeli akiya. Selain itu, pajak yang dibebankan nantinya tidak didasarkan pada nilai pembelian rumah atau properti tersebut, melainkan pada perkiraan pemerintah Jepang atas nilai sebenarnya.

Lokasinya di mana? Banyak rumah yang berada di lokasi wisata di Jepang, lho! Salah satu kota di Jepang, Fujikawaguchiko, yang berada di kaki Gunung Fuji, memiliki banyak akiya yang bisa dimiliki. Selain itu, ada banyak akiya yang berada di sejumlah kota destinasi wisata di Jepang lainnya.

Baca juga: Tiga Aplikasi Wajib Ini Harus Diaktifkan Saat Datang Ke Jepang

Bagaimana? Tertarik membeli rumah murah di Jepang?


Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru