5 Sate Kambing Solo Terkenal Dan Melegenda Yang Wajib Dicoba

Kuliner apa yang harus dicoba saat jalan-jalan ke Solo? Tengkleng kambing, nasi liwet, timlo atau gudeg khas Solo? Jika sudah, tidak ada salahnya menambah referensi kuliner kamu dengan mencicipi sate kambing Solo.

Sate kambing Solo memang memiliki kekhasan tersendiri, mulai dari bumbunya, daging kambingnya hingga penyajiannya. Dalam satu tusuk sate, kamu akan mendapatkan tiga atau empat daging yang dipadupadankan dengan lemak kambing, yang memberikan cita rasa tersendiri. Bumbu kecap dan tambahan potongan bawang merah, cabe rawit dan juga irisan kubis akan memberikan tambahan yang menarik untuk dinikmati.

Penasaran mencicipi langsung sate kambing Solo ini? Jika iya, setidaknya ada lima tempat terkenal dan legendaris yang bisa dikunjungi, beberapa di antaranya menjadi jujukan keluarga Presiden Joko Widodo, lho! Yuk simak daftarnya di bawah ini!

1. Warung Sate Sumber –  Pak Dahlan

Image credit: Sate Kambing Sumber – Pak Dahlan

Warung ini menjadi salah satu langganan Presiden Jokowi saat berada di kampung halamannya. Yang paling menarik adalah sate buntel, yang memiliki ukuran di atas rata-rata dan pastinya juicy. Sate kambingnya juga termasuk salah satu yang terbaik, yang menjadikan warung sate ini sebagai salah satu yang populer di Surakarta.

Lokasi: Jl. Letjen Suprapto No.69, Sumber, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 10.00 – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 40,000 IDR

2. Sate Kambing Mbok Galak

sate kambing solo
Image credit: Fooga (kanan), Nia Devi Anggraeini (kiri)

Ingin menikmati sate kambing dengan potongan daging besar, empuk dan bumbu yang meresap? Langsung saja menuju warung Mbok Galak di kawasan Banyuanyar. Tidak hanya menyajikan sate, warung makan ini juga menyajikan sejumlah menu olahan kambing, termasuk di antaranya tengkleng dan gule. Semua dijamin enak!

Lokasi: Jl. Ki Mangun Sarkoro No.112 Sumber Banjarsari, Banyuanyar, Sumber, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 8.00 -17.00 WIB
Harga: Mulai dari 25,000 IDR

3. Sate Kambing Bu Hj Bejo

Image credit: My Kuliner Favorites

Sudah berjualan sejak 1970-an, penjualnya sudah memasuki ke generasi berikutnya. Untungnya, kualitas rasa dari setiap menu olahan kambing tetap dijaga hingga saat ini, mulai dari sate kambing, gule, tengkleng dan juga sate buntelnya. Warung sate ini juga menjadi salah satu warung sate yang pernah dikunjungi Presiden Jokowi saat liburan di Solo.

Lokasi: Jl. Sungai Sebakung No.10, Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 8.00 – 16.00 WIB
Harga: Mulai dari 45,000 IDR

4. Sate Kambing Pak Manto

Image credit: Jakarta Food Destination

Bisa dikatakan sate kambing Pak Manto merupakan sate kambing yang identik dengan Kota Solo. Bila ingin menikmati kuliner olahan kambing di sini, kamu harus bersiap untuk antri dan bersabar karena pembelinya sangat banyak. Selain sate kambing, kamu juga bisa menikmati tengkleng rica, yang termasuk salah satu andalan di warung ini.

Lokasi: Jl. Honggowongso No.36, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 7.30 – 20.00 WIB
Harga: Mulai dari 45,000 IDR

5. Warung Sate Tambak Segaran

sate kambing solo
Image credit: Jastip Kuliner Solo

Salah satu warung sate yang juga melegenda dan populer adalah warung sate Tambak Segaran, yang lokasinya tak jauh dari Pasar Legi Solo. Jangan harap bisa duduk dengan tenang dan makan nyaman di sini karena ada banyak orang yang mengantri dan ingin menikmati sate, tengkleng atau gule kambing yang ditawarkan di sini. Sedikit toleran dengan yang lainnya, ya!

Lokasi: Jl. Sutan Syahrir No.149, Setabelan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, 12.00 – 22.00 WIB
Harga: Mulai dari 15,000 IDR

Baca juga: 5 Tengkleng Solo Paling Maknyus Dan Wajib Kamu Coba

Banyak pilihan untuk bisa mendapatkan sate kambing enak di Solo, kan? Secara pribadi, kamu tertarik memilih yang mana? Atau, warung sate yang mana yang belum kamu kunjungi sampai saat ini?

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru