Karena Omicron, Singapura Tangguhkan Program Vaccinated Travel Lane

Pemerintah Singapura akan menangguhkan semua penjualan tiket untuk jalur penerbangan dan bus melalui program Vaccinated Travel Lane atau VTL, antara 23 Desember 2021 dan 20 Januari 2022.

Diungkapkan Menteri Kesehatan (MOH) Singapura, kebijakan ini diambil setelah melihat situasi pandemi Covid-19 dengan munculnya varian Omicron di sejumlah negara di Asia, Eropa dan Amerika. Langkah tersebut juga diambil untuk meminimalkan risiko penularan varian Omicron melalui jalur impor.

“Kami menghadapi kasus Omicron lebih banyak karena cepatnya penyebaran dari varian ini di sejumlah wilayah dan negara,” MOH dalam keterangannya.

“Dengan tracing kontak yang agresif dan langkah pembatasan, sejauh ini kami bisa meminimalkan transmisi di komunitas. Tapi ini hanyalah masalah waktu sebelum varian Omicron menyebar di komunitas kami,” lanjut mereka.

Dikutip dari Channel News Asia, Rabu (22/12), penangguhan ini tidak berlaku bagi penumpang yang sudah memberli tiket VTL untuk jalur penerbangan atau bus dan telah memenuhi semua persyaratan VTL, yang berarti yang bersangkutan tetap bisa melakukan perjalanan melalui skema perjalanan bebas karantina.

Selain itu, MOH juga untuk sementara waktu akan mengurangi jatah VTL dan penjualan tiket untuk perjalanan setelah tanggal 20 Januari 2022. Mereka akan melakukan pemantauan secara detail dan memberikan kabar terbaru terkait kebijakan ini dengan mempertimbangkan situasi yang ada.

Sebelumnya, Singapura menjalin kerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk mengizinkan warganya melakukan perjalanan antarnegara melalui jalur VTL mulai November lalu. Maskapai Garuda Indonesia dan Singapore Airlines juga sudah memfasilitasi penerbangan masing-masing warga negara sejak program ini dijalankan.

Baca juga: Syarat Perjalanan Vaccinated Travel Lanes (VTL) Ke Singapura Yang Harus Kamu Tahu

Untuk sementara, yang berencana melakukan perjalanan ke Singapura melalui jalur vaccinated travel lane, atau VTL, mungkin ada baiknya mengubah sejumlah rencana, ya! Toh, bepergian ke luar negeri untuk saat ini juga tidak disarankan, bukan?

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru