5 Situs UNESCO Global Geopark Di Indonesia Yang Harus Kamu Kunjungi

Indonesia dikenal dunia karena memiliki kekayaan alam dan pesona yang luar biasa. UNESCO bahkan memberikan sejumlah penghargaan kepada Indonesia karena potensi dan warisan budaya yang dimilikinya. Salah satu penghargaan yang diberikan antara lain UNESCO Global Geopark untuk lima situs wisata di Indonesia.

Namun demikian, tidak sedikit yang belum mengetahui situs UNESCO Global Geopark yang ada di Indonesia, dan seperti apa pesona serta keajaiban alam yang ada di dalamnya. Tripzilla Indonesia memperkenalkan lima situs tersebut di bawah ini:

Baca juga: Ayo Kunjungi 12 Situs Warisan Dunia UNESCO di Indonesia!

1. Batur

unesco global geopark indonesia

UNESCO Global Geopark Batur berlokasi di Pulau Bali, salah satu destinasi wisata paling populer di Indonesia. Kawasan geopark global ini memiliki luas 370,5 kilometer persegi dengan ketinggian 920 hingga 2152 mdpl.

Batur ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark pada November 2012 dan menjadi global geopark pertama di Indonesia yang diakui UNESCO. Terdapat dua kaldera di Batur, lengkap dengan lanskap dinding kaldera, puncak dan juga kawah, termasuk fenomena geotermal, danau, aliran lava, debu vulkanik dan tephra.

Terdapat 15 desa di kawasan ini, dengan sebagian besar warganya bergerak di bidang pariwisata dan pertanian. Selain itu ada 21 situs warisan alam yang tersebar di kawasan ini. Kawasan Batur juga menjadi kawasan konservasi dan pendidikan.

2. Rinjani

unesco global geopark indonesia

Geopark Rinjani dinobatkan sebagai UNESCO geopark global pada 2018 dan memiliki kombinasi keanekaragaman hayati, keragaman budaya dan adat istiadat yang luar biasa didalamnya. Fenomena gunung api yang dimiliki geopark Rinjani juga tidak bisa dipandang sebelah mata.

Berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Timur, kawasan geopark Rinjani mencakup Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Kambupaten Lombok Utara dan Kabupaten Lombok Timur. Kawasan Rinjani juga memiliki banyak pesona alam dan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

3. Gunung Sewu

Geopark Gunung Sewu diakui sebagai UNESCO Geopark Global pada 2015. Lokasinya berada di tiga provinsi di Indonesia, yaitu DIY Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur, tepatnya berada di Kabupaten Gunungkidul, Wonogiri dan Pacitan.

Geopark ini menawarkan banyak pesona keindahan alam dan kekayaan arkeologi kebudayaan manusia. Total terdapat 33 situs warisan alam yang tersebar di kawasan ini.

Baca juga: 26 Pantai Di Pacitan Yang Indah Dan Mengesankan
Baca juga: 17 Tempat Wisata Di Gunung Kidul Selain Pantai Yang Tidak Kalah Kerennya

4. Ciletuh

Image credit: @yunanrizqie

Global Geopark Ciletuh berada di Jawa Barat, berlokasi di barat Sukabumi. Banyak kejaiban alam terjadi di Ciletuh, produk dari sejumlah fenomena alam luar biasa, yang pada akhirnya menghasilkan pesona dan pemandangan alam yang juga tidak kalah istimewa.

Global Geopark Ciletuh dihuni lebih dari 500 ribu warga masyarakat, yang tersebar di 74 desa dari delapan kecamatan. Aktivitas warga mayoritas hidup dari pertanian, nelayan hingga bekerja di pemerintahan. Pariwisata juga menjadi salah satu sumber pemasukan keuangan daerah di kawasan geopark Ciletuh, mengingat banyak pesona alam yang menarik untuk dikunjungi.

Baca juga: 19 Destinasi Wisata Di Geopark Ciletuh, Surga Bagi Pecinta Alam

5. Kaldera Toba

unesco global geopark indonesia

Kaldera Toba menjadi situs terbaru yang ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark di Indonesia. Salah satu destinasi wisata unggulan Provinsi Sumatera Utara ini menawarkan banyak hal, dari pesona alam, informasi sejarah dan budaya serta adat istiadat yang mengesankan.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Di Danau Toba Yang Keren Dan Instagenik

Sudah tahu apa saja UNESCO Global Geopark yang ada di Indonesia, kan? Tertarik untuk menikmati dan menjelajahi keindahan yang ada di sana?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru