Soto Bandung Dan 5 Tempat Terbaik Untuk Menikmati Cita Rasa Istimewanya

Kota atau kabupaten mana di Indonesia yang identik dengan kuliner soto? Lamongan, Madura, Kudus atau Makassar mungkin yang terlintas di benak kamu. Tapi, tahukah kamu ada soto Bandung yang juga layak mendapat perhatian?

Ya, ada kuliner khas kota Kembang yang kalah populer dibanding dengan batagor, siomay atau bahkan seblak, yaitu soto. Yang membedakan soto Bandung dengan soto lainnya adalah tambahan lobak, tomat dan kedelai goreng di setiap porsi yang dihidangkan. Sementara untuk bahan dasar dan bahan utamanya adalah dengan menggunakan daging sapi, terutama tetelan dan has dalam.

Memasak soto Bandung juga bisa dikatakan relatif mudah. Namun, bagi yang berkunjung ke Kota Kembang, kamu tak perlu repot-repot memasaknya karena ada banyak tempat yang menjajakan kuliner segar dan gurih ini. Untuk yang tertarik mendapatkan cita rasa yang khas dan istimewa, setidaknya ada lima tempat yang bisa dikunjungi untuk mendapatkan sajian dengan kualitas terbaik. Yuk simak daftarnya di bawah ini.

1. Soto Bandung M Tarya

Image credit: @elsafooddiary

Kedai soto sederhana ini menjadi salah satu penjaja soto legendaris di Kota Bandung. Sudah berdiri sejak tahun 1955, soto yang disajikan memiliki cita rasa yang khas, mulai dari kuah bening yang merendam tetelan daging sapi dengan sayuran lobak, kacang kedelai goreng, daun bawang, seledri dan bawang goreng menambah kenikmatan. Kerupuk sebagai lauk pendamping menambah sensasi positif menikmati soto ini. Saking nikmatnya, banyak pengunjung yang rela antre menikmati soto ini.

Lokasi: Jl. Sawah Kurung No.16, Ciateul, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat 40252
Jam buka: Setiap hari, 8.00 – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 21,000 IDR per porsi

2. Soto Ojolali

Image credit: Soto Ojolali Bandung

Dari namanya, warung soto ini lebih cocok menyajikan soto yang berasal dari Jawa Tengah atau Jawa Timur, ya! Namun, tempat ini hanya menyajikan soto Bandung. Meski sudah berada di generasi keempat, soto yang disajikan diklaim masih memiliki kualitas rasa yang sama dengan periode awal. Kuah yang berwarna bening dan irisan lobak menghadirkan sensasi segar, sementara isian seperti jeroan dan tetelan memberikan daya tarik utama untuk menyantapnya.

Lokasi: Jl. Cibadak No.79, Karanganyar, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat 40241
Jam buka: Setiap hari, 9.00 -21.00 WIB
Harga: Mulai dari 22,000 IDR per porsi

3. Soto Bandung Pak Simon

Soto Bandung Pak Simon
Image credit: Ming Cun

Salah satu tempat yang menyajikan soto Bandung legendaris adalah kedai soto Pak Simon. Tak usah bingung untuk menemukan tempat makan ini karena kedainya selalu ramai pengunjung, yang berarti kamu harus bersiap untuk antre jika ingin menikmati seporsi soto di sini. Sensasi yang kamu dapatkan dijamin tidak mengecewakan, yaitu seporsi nasi dengan kuah segar dan hangat dalam piring, dengan isian potongan daging dan babat, lobak, kacang kedelai, seledri dan daun bawang. Perasan jeruk dan sambal bisa ditambahkan sesuai selera untuk memperkuat rasa.

Lokasi: Jl. Cibadak, Jamika, Kec. Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40241
Jam buka: Jumat – Rabu, 17.00 – 24.00 WIB
Harga: Mulai dari 30,000 IDR per porsi

4. Kedai Soto Boscha 16

Kedai soto Boscha 16 menjadi salah satu tempat makan yang menyajikan kuliner ini. Kualitas rasa setiap porsi soto yang disajikan juga tidak kalah dengan kedai lainnya. Tak tertarik dengan soto, kamu bisa memiliki lotek untuk mengisi perut di tempat ini.

Lokasi: Jl. Boscha No.16, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40161
Jam buka: Senin – Sabtu, 9.00 – 17.00 WIB
Harga: Mulai dari 20,000 IDR per porsi

5. RM Soto Bandung ADLIS

RM Soto Bandung Adlis adalah salah satu tempat yang menyajikan kuliner khas ini. Soal rasa juga berabi diadu. Namun soal porsi kamu bisa menentukan ukuran tersendiri, mulai dari setengah porsi atau satu porsi penuh. Selain soto, ada menu lain yang bisa dipilih di warung ini.

Lokasi: Gg. Rukunsari II No.39, Situsaeur, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235
Jam buka: Setiap hari, 8.00 – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 10,000 IDR per setengah porsi.

Baca juga: 14 Menu Sarapan Pagi Di Bandung Untuk Memulai Petualangan Kuliner Kamu

Tertarik mencicipi soto khas dari Kota Kembang, yang pastinya menawarkan sensasi yang berbeda? Jika iya, sudah tahu kemana harus pergi, bukan?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru