Memanjakan Lidah, Inilah 4 Tempat Makan Soto Legendaris di Banyumas

Membayangkan tentang soto pastinya akan pada kuahnya yang segar dan potongan daging baik sapi maupun ayam. Di Indonesia, bukan hal yang sulit untuk menyantap soto. Uniknya soto di Indonesia memiliki beragam macam sesuai dengan ciri khas daerahnya, seperti soto khas betawi, Lamongan, Semarang, Banyumas, dan lainnya. Misalnya saja, soto betawi dari Jakarta yang identik dengan kuah kental campuran santan dan susu, atau soto Lamongan, Jawa Timur yang identik dengan kuah berwarna kuning dengan campuran bubuk koya.

Berbeda dengan daerah lainnya, soto khas dari Purwokerto, Kabupaten Banyumas ini begitu banyak digemari oleh orang-orang karena kuah kentalnya dengan sambal kacangnya yang nikmat. Tak hanya itu saja, soto Purwokerto ini juga dikenal karena banyaknya bahan-bahan yang disajikan dalam semangkuk soto seperti ketupat, mi bihun, potongan daging sapi atau ayam, daun bawang, serta kerupuk warna-warni. Bagi seseorang yang terbiasa menyantap soto dengan kuah beningnya yang segar, maka tak ada salahnya mencicipi kuliner soto yang sangat unik dan memanjakan lidah saat berlibur ke Purwokerto.

1. Soto H. Loso

Image credit: @tomiammo

Sebenarnya soto ini memiliki nama Soto H. Loso tapi banyak orang menyebutnya dengan Soto Jalan Bank karena letanya di Jalan R.A. Wiryaatmaja atau Jalan Bank. Sesuai dengan nama lokasinya, soto ini berada di dekat Museum Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang di mana membahas tentang sejarah dunia bank dan uang di Indonesia. Untuk tempatnya sendiri, sangat mudah mencarinya karena soto legendaris di Bantumas ini berada di pusat kota dan sangat dekat dengan alun-alun kota.

Lokasi: Jl. RA Wiryaatmaja No.15, Pesayangan, Kedungwuluh, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, mulai 08.30 hingga 20.30
Harga: Mulai 15,000 IDR per porsi

2. Soto Sutri

Image credit: @riani22 (kiri), @noviberkati357 (kanan)

Bak surga daging, dari kejauhan saja kamu akan melihat para pelayan yang membawakanmu semangkuk soto dengan penuh daging sapi. Satu Sutri ini juga menjadi salah satu soto legendaris di Banyumas karena telah berdiri dengan usia tua dan kini berhasil memiliki dua cabang. Yang harus diketahui, jika kamu penasaran ingin menyantapnya, maka datanglah di waktu-waktu awal karena soto ini seringkali ludes terjual dengan cepat.

Lokasi:
Cabang 1 – Jl. Pramuka No.09, Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
Cabang 2 – Jalan Kertadirjan, Sokaraja,Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
Jam buka:
Cabang 1 – Setiap hari, mulai 08.30 hingga 17.00
Cabang 2 – Setiap hari, mulai 08.00 hingga 18.00
Harga: Mulai 15,000 IDR per porsi

3. Raja Soto Lama H. Suradi

Image credit: @yuniarinukti

Berada di jalan protokol, Raja Soto Lama H. Suradi ini memiliki 2 pilihan soto yang berbeda yaitu dengan daging sapi dan daging ayam. Sajian sate telur puyuh, mendoan, serta aneka gorengan lainnya juga tersedia di meja yang sangat pas untuk disantap bersama soto. Jika kamu ke sini, jangan heran menemukan banyak jejeran mobil dengan plat luar Purwokerto karena soto ini sangat terkenal di kalangan wisatawan.

Lokasi: Dusun I Sokaraja Kidul, Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, mulai 08.00 hingga 22.00
Harga: Mulai 15,000 IDR per porsi

4. Soto Kecik Sokaraja

Image credit: @makandijogja

Yang suka tiba-tiba lapar dan ingin menikmati soto tanpa mengenal waktu, maka Soto Kecik Sokaraja adalah pilihan yang tepat. Buka selama 24 jam nonstop, tentunya akan mempermudah para wisatawan untuk menyantapnya kapanpun tanpa takut kehabisan. Yang spesial dari soto di sini adalah tersedia jeroan yang bisa kamu pesan untuk menambah kenikmatan rasa. Namun bagi kamu yang tidak suka jeroan, maka bisa menyantapnya dengan daging sapi atau ayam saja ditambah mendoan hangat.

Lokasi: Jl. Jendral Sudirman, Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari, buka 24 jam
Harga: Mulai 15,000 IDR per porsi

Baca juga: 15 Destinasi Wisata Di Banyumas Yang Tidak Kalah Keren Dari Jogja Dan Semarang

Tertarik untuk mencicipi soto legendaris yang berbeda dengan daerah lainnya di Banyumas ini?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru