Aktivitas Musim Gugur Dan Dingin Di Spanyol Yang Harus Kamu Dapatkan Untuk Liburan Penuh Kenangan

Seperti apa rasanya suasana musim gugur di Spanyol? Apakah musim dingin di Spanyol menjadi momentum yang tepat untuk liburan? Jika pertanyaan tersebut ada di kepala kamu, maka jawaban yang tepat adalah kamu akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan saat liburan musim gugur dan musim dingin di Spanyol.

Musim gugur banyak disebut sebagai momen terbaik untuk menghabiskan waktu di Spanyol. Saat musim gugur, suhu udara yang panas menjadi lebih hangat di periode musim gugur ini. Selain itu, musim gugur biasanya bukan menjadi masa puncak liburan, yang berarti kamu bisa lebih bersantai menikmati alam dan budaya Spanyol yang luar biasa karena tidak terlalu ramai. Namun demikian, masih ada banyak festival dan acara menarik yang bisa dikunjungi.

Baca juga: Pas Untuk Traveler Yang Sudah Divaksin, 14 Alasan Mengapa Spanyol Harus Menjadi Destinasi Utama Liburan Kamu Berikutnya!

musim gugur di spanyol
Image credit: Katerina128

Kapan periode musim gugur di Spanyol?

Musim gugur di Spanyol diperkirakan terjadi pada pertengahan September hingga pertengahan Desember. Periode tersebut juga menjadi momen paling tepat untuk kembali bersantai setelah menjalani liburan musim panas di pertengahan tahun.

Saat musim gugur, temperatur udara di Spanyol juga lebih nyaman untuk menemani aktivitas di luar ruang, tidak terlalu panas seperti di musim panas, namun juga tidak terlalu dingin seperti ketika memasuki musim dingin. Untuk beraktivitas di luar ruang, penting sekali membekali diri dengan pakaian yang tepat, mulai dari jaket atau sweater.

Aktivitas yang bisa dilakukan saat musim panas di Spanyol

Jika ingin mendapatkan pengalaman mengesankan saat liburan musim gugur di Spanyol, jangan sampai melewatkan kesempatan melakukan sejumlah aktivitas di bawah ini, ya!

1. Menginjak anggur

Image credit: Hayffield L

Siapa di antara kamu yang pernah menginjak anggur untuk membuat wine? Jika ingin mendapatkan pengalaman tersebut, kamu bisa mengikuti ritual menginjak anggur hampir di seluruh kebun anggur yang ada di seluruh penjuru Spanyol.

Jerez Fiesta Vendimia | Image credit: Spain Tourism Board

Kunjungi kawasan pedesaan di Spanyol dan nikmati tradisi kuno ini karena momen menginjak anggur menjadi salah satu aktivitas paling menyenangkan dan mengesankan saat liburan di Spanyol. Jika memungkinkan, tidak ada ruginya mencoba mencicipi wine dengan kualitas terbaik untuk menyemarakkan perjalanan kamu.

2. Berburu jamur dan kacang kastanye alias chestnut

Sempatkan untuk mengunjungi kawasan pedesaan di penjuru Spanyol untuk mendapatkan momentum terbaik berinteraksi dengan warga lokal. Momen terbaik adalah ketika kamu bisa ikut dalam perburuan mendapatkan jamur dan kacang kastanye atau chestnut.

Di banyak kawasan di Spanyol, musim gugur menjadi musim terbaik untuk panen jamur. Ambil contoh Navaleno, desa kecil yang indah di Soria, provinsi yang terkenal akan tapas-nya yang melegenda. Di sini, kamu bisa berburu dan memanen jamur, memasaknya dengan resep lokal dan menikmatinya dengan cita rasa yang istimewa. Selain Navaleno, kamu juga bisa mengunjungi Ultzama dan Erro-Roncesvalles di Navarre, atau Berga di Barcelona atau di Provinsi Huesca.

Bagi yang ingin berburu kacang kastanye, kamu bisa menuju ke desa-desa kecil di Cadiz dan Malaga, atau desa dengan arsitektur hitam di Guadalajara. Selain itu, di sepanjang musim gugur juga menjadi momen perayaan serba chesnut, antara lain Castanyada di Katalonia, Amaguestu di Asturias, Magosta di Cantabria, Gaztainerre di kawasan Basque dan masih banyak lagi lainnya.

3. Menikmati keseruan festival di musim gugur

Karena temperatur udara yang lebih hangat, musim gugur di Spanyol menjadi momentum untuk dihelatnya sejumlah festival yang mengesankan. Di Barcelona dan Madrid misalnya, di mana kamu bisa menikmati festival jazz, seperti Voll-Damm Jazz Festival dan International Jazz Festival. Ada juga festival film seperti San Sebastian International Film Festival, atau Valladolid International Film Week, hingga Seville European Film Festival.

Ingin yang lebih semarak, San Lucas Festival yang dihelat di bulan Oktober di kota Jaen bisa menjadi jujukan. Kamu akan melihat pesta kembang api, pekan raya, aktivitas olahraga dan pekan raya yang memamerkan produk-produk lokal dan gastronomi..

4. Menikmati pesona alam Spanyol di musim gugur

Suasana di Marbella | Image credit: Spain Tourism Board

Bagaimanapun juga, menikmati pesona alam dan pemandangan natural yang luar biasa menjadi aktivitas yang tidak bisa dilewatkan saat liburan ke Spanyol, termasuk di musim gugur sekalipun. Dengan udara yang lebih hangat, kamu bisa melakukan penjelajahan di Canary Island, yang dinobatkan sebagai cagar biosphere dan memiliki empat taman nasional, atau sekadar bersantai di pantai-pantai di Cadiz, Cartagena, maupun Costa del Sol, yang merupakan salah satu pantai paling populer di Spanyol, atau menikmati atmosfer kebun anggur di La Rioja.

La Rambla, Barcelona | Image credit: Yoav Aziz

Apakah berkeliling kota juga menjadi aktivitas yang direkomendasikan? Mengapa tidak! Kamu bisa menjelajahi La Rambla di Barcelona dan menikmati pesona kota yang hijau dengan banyak artis jalanan menunjukkan kemampuan mereka dalam menghibur. Kota Marbella juga bisa menjadi jujukan jika kamu ingin menikmati liburan yang asyik dan lebih tenang, namun tetap mendapatkan sensasi terbaik merasakan budaya, kuliner hingga alam yang menarik di Spanyol.

5. Menikmati kuliner musim gugur khas Spanyol yang tiada duanya

musim gugur di spanyol
Paella seafood | Image credit: Young Shih

Temperatur udara saat periode musim gugur di Spanyol cenderung hangat menuju ke dingin. Warga lokal pun merayakannya dengan menciptakan banyak ragam makanan tradisional yang khas dan harus masuk dalam itinerary wisata kuliner kamu di Spanyol.

Butuh rekomendasi kuliner yang harus dicoba? Castanas Asadas alias chesnut panggang menjadi sajian yang wajib kamu cicipi, dan mendapatkannya di musim gugur bukan hal yang sulit karena banyak orang di berbagai wilayah di Spanyol yang menjualnya, terutama di desa-desa bagian utara Spanyol. Opsi lain, Paella Valenciana, Callos a la Madrileña hingga Champiñones rellenos, yang pastinya asyik untuk dinikmati.

Baca juga: Sambut Traveler Indonesia Yang Sudah Divaksin, Inilah 16 Destinasi Wisata Tersembunyi Di Spanyol

musim dingin di spanyol
Image credit: Spain Tourism Board

Kapan periode musim dingin di Spanyol

Periode musim dingin di Spanyol biasanya dimulai pada pertengahan Desember hingga pertengahan Maret. Di periode ini, Spanyol menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi karena menawarkan banyak pengalaman yang tidak bisa didapatkan di destinasi lain di Eropa.

Dengan suhu udara yang dingin, pastikan untuk melengkapi diri dengan pakaian yang tepat, seperti jaket yang bisa menjaga temperatur tubuh tetap hangat, penutup kepala, sepatu dan kaos kaki yang tebal hingga membawa scarf dan sarung tangan.

Aktivitas yang bisa dilakukan saat musim dingin di Spanyol

Sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Eropa, Spanyol juga menawarkan banyak aktivitas menarik di setiap musim, tak terkecuali di musim dingin. Jika ingin mendapatkan pengalaman maksimal saat liburan musim dingin di Spanyol, aktivitas di bawah ini bisa menjadi rekomendasi untuk kamu!

1. Menikmati nuansa musim dingin di Spanyol

musim dingin di spanyol
Tenerife | Image credit: Spain Tourim Board

Tidak menjadikan Spanyol sebagai destinasi utama untuk liburan musim dingin merupakan kesalahan besar. Padahal ada banyak hal menarik terkait dengan pesona dan kekayaan alam yang dimiliki Spanyol.

Untuk liburan dengan nuansa yang lebih hangat, kamu bisa menuju ke Canary Island. Rata-rata temperatur udara di kawasan ini mencapai 24 derajat celcius, yang menjadikannya destinasi liburan yang ideal bagi yang tidak terlalu suka dengan suhu udara yang terlalu dingin di periode ini. Selain itu, Canary Island memiliki pesona alam yang lengkap, mulai dari pantai hingga dataran tinggi yang hijau di empat taman nasional yang ada di sini.

musim dingin di spanyol
Pyrenees | Image credit: Carlosgmenezo

Opsi lain dengan mengunjungi Alhambra di Granada untuk menikmati lanskap indah yang tertutup salju dengan budaya dan nuansa Islam yang kental. Jangan sampai melewatkan kesempatan mengunjungi Balearic Island yang tenang, Pyrenees di Aragon, Katalonia dan Navarre atau Sierra Nevada di Granada, Andalusia untuk nuansa musim dingin yang berbeda. Kamu juga bisa menemukan banyak resort ski di kawasan ini saat musim dingin, lho!

2. Menikmati nuansa Natal yang istimewa

musim dingin di spanyol
Dekorasi bola natal raksasa di Salamanca | Image credit: Spain Tourism Board

Musim dingin identik dengan liburan Natal dan Spanyol menjadi destinasi terbaik untuk merayakannya. Selain itu, banyak keseruan yang bisa ditemukan untuk memberikan warna dan pengalaman spesial selama momen liburan di Spanyol.

Di Spanyol, perayaan Natal dimulai pada awal Desember, mulai dari perayaan Immaculate Conception, di mana semua kota di Spanyol memasang ornamen Natal di seluruh penjuru kota. Kamu juga bisa menemukan pasar Natal di Spanyol. Di Barcelona, pasar Natal ini dibuka di lapangan utama di depan katedral, sementara ada sejumlah pasar Natal di sekitaran Sagrada Familia. Plaza del Pi juga menjadi destinasi yang bisa dituju untuk berbelanja Natal. Pasar Natal juga dihelat di Madrid, Sevilla, Valencia dan banyak daerah lain di Spanyol.

3. Banyak festival dan karnaval yang tidak boleh dilewatkan

musim dingin di spanyol
Karnaval di Tenerife | Image credit: Office15

Selain perayaan Natal yang mengesankan, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk menyaksikan keseruan festival dan karnaval yang dihelat selama periode musim dingin di Spanyol.

Di bulan Februari, hampir di seluruh Spanyol merayakan karnaval dengan kostum penuh warna dan momentum berpesta di jalan-jalan utama kota. Karnaval paling populer di Spanyol di periode ini antara lain Santa Cruz de Tenerife di Canary Islands, Cadiz di Andalusia, Aguilas di kawasan Murcia dan Xinzo de Limia di Ourense, Galicia.

Perayaan juga berlanjut di akhir Maret atau April, yang tak kalah meriah, seperti Las Fallas Festival di Valencia.

4. Plesiran kota di musim dingin

Museum Guggenheim di Bilbao | Image credit: Spain Tourism Board

Menghabiskan waktu di kota saat musim dingin juga menjadi salah satu aktivitas yang paling banyak direkomendasikan. Bukan hanya bisa melihat kesibukan kota menyambut Natal, kamu juga bisa melihat bagaimana pemandangan kota berubah ketika memasuki periode ini.

Selain menjelajah pasar Natal, kamu juga bisa mengunjungi landmark ikonik di setiap kota, seperti Royal Palace of Madrid, City of Arts & Sciences di Valencia, Guggenheim Museum di Bilbao atau Real Alcazar di Sevilla.

5. Menikmati makanan khas musim dingin ala Spanyol

Ya, Spanyol menawarkan kuliner musim dingin yang tidak boleh dilewatkan. Bahkan di setiap kota dan wilayah di Spanyol memiliki makanan khas yang patut dicoba. Cocido madrileno misalnya, yang merupakan sup tradisional khas Madrid, fabada asturiana, yang merupakan rebusan daging dan kacang dari Asturias, atau escudella catalana, yaitu sajian ayam khas Katalan dengan tambahan pasta.

Bahkan, ada festival di musim dingin bertema makanan yang bisa kamu kunjungi, yaitu Festival de la Exaltacion del Botillo di kota Bembibre di Leon, yang menyajikan kuliner dari bahan daging sapi yang diolah sedemikian rupa menjadi makanan khas yang layak dicoba.

Baca juga: 6 Alasan Mengunjungi Spanyol Saat Liburan Musim Panas Mendatang

Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Spanyol saat periode musim gugur dan musim dingin, bukan? Tunggu apalagi, agendakan liburan kamu di Spanyol sekarang juga!


Dipersembahkan oleh Spain Tourism Board

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru