6 Alasan Mengunjungi Spanyol Saat Liburan Musim Panas Mendatang

Punya rencana liburan musim panas di luar negeri? Mengapa tidak mempertimbangkan untuk pergi ke Spanyol pada momen liburan musim panas di tahun ini? Banyak alasan mengapa Spanyol layak dipilih sebagai destinasi liburan musim panas kamu setelah dalam dua tahun terakhir harus menahan diri karena pandemi Covid-19. Bukan hanya lanskap alamnya yang aduhai, Spanyol juga memiliki budaya dan catatan sejarah yang panjang, yang menjadikan negara ini sebagai salah satu destinasi terbaik di Eropa untuk dikunjungi.

Musim panas di Spanyol dimulai pada pertengahan Juni hingga September. Namun, atmosfer musim panas sudah bisa kamu rasakan sejak awal Mei karena temperatur udara yang hangat dan banyaknya sinar matahari, meski kondisi cuaca sangat bergantung pada kawasan mana yang kamu kunjungi. Temperatur udara selama periode musim panas di Spanyol rata-rata berkisar antara 25-30 derajat celcius, dengan tingkat kelembaban udara yang cukup tinggi.

Secara keseluruhan, Spanyol menawarkan cuaca yang nyaman, terutama di musim panas. Lumrah jika kemudian Spanyol menjadi destinasi destinasi liburan musim panas yang menarik. Namun, masih ada banyak faktor menarik lainnya untuk berkunjung ke negara ini. Yuk, simak sejumlah alasan untuk mengunjungi Spanyol di periode musim panas ini!

Baca juga: Sambut Traveler Indonesia Yang Sudah Divaksin, Inilah 16 Destinasi Wisata Tersembunyi Di Spanyol

1. Spanyol memiliki garis pantai terpanjang, yang berarti memiliki banyak pantai untuk dinikmati

musim panas di spanyol
Cala Macarellata | Image credit: Spanish Tourism Board

Aktivitas liburan musim panas yang tak boleh dilewatkan adalah dengan bermain ke pantai, tak terkecuali saat kamu berada di Spanyol. Asyiknya, ada banyak pantai yang bisa kamu temukan di seluruh Spanyol.

Sebagai negara yang berada di semenanjung Iberia, Spanyol menjadi negara yang nyaris seluruh wilayahnya dikelilingi oleh lautan. Faktanya, Spanyol memiliki garis pantai yang membentang sepanjang 4,964 kilometer, yang menghadap langsung ke Laut Mediterania dan Teluk Biscay, serta Samudera Atlantik.

Pantai Catedrais | Image credit: Spain Tourism Board

Dengan garis pantai yang panjang, kamu memiliki banyak pilihan pantai untuk dijelajahi di sepanjang musim panas. Misalnya, Costa Brava, Costa Blanca, Costa Calida dan Costa del Sol yang menghadap ke Laut Mediterania, atau Costa da Morte di Galica yang menjadi teras dari Samudera Atlantik atau Costa Vasca dengan pemandangan Teluk Biscay. Pulau Balearic dan Canary Islands juga menjadi bagian dari Spanyol yang tidak bisa dikesampingkan begitu saja, mengingat kedua pulau ini memiliki sejumlah pantai yang tak kalah indah.

2. Segudang pesta dan festival di sepanjang musim panas

musim panas di spanyol
La Tomatina Festival | Image credit: Mikel Ponce

Spanyol menjadi destinasi liburan musim panas yang tepat bagi mereka yang suka berpesta dan melihat semaraknya festival musim panas. Percayalah, tidak ada perhelatan pesta dan festival di musim panas yang kadar kerennya seperti yang ada di Spanyol.

musim panas di spanyol
Festival Fogueres de Sant Joan yang penuh warna | Image credit: Turismo Comunidad Valencia

Sebut saja La Tomatina di Bunol, yang biasanya dihelat di pekan terakhir di bulan Agustus. Festival ini bisa dikatakan sebagai festival paling populer dan menarik banyak perhatian wisatawan dari mancanegara. Jangan lupakan juga festival dikejar banteng di Pamplona, dengan banyak aktivitas budaya di sepanjang pekan, yang bertepatan dengan acara ini.

Malam San Juan, yang terpendek sepanjang tahun, adalah malam ajaib ketika keinginan Anda bisa menjadi nyata | Image credit: Spanish Tourism Board

The Fogueres de Sant Joan Festival juga menjadi perayaan lain yang tidak kalah populer di sepanjang Spanyol, terutama di Alicante. Acara ini dihelat pada bulan Juni ketika datangnya musim panas disambut melalui atraksi api, musik dan warna. Banyak acara lain yang juga dihelat di festival, yang biasanya mengambil tempat pada akhir pekan terakhir di bulan Juni, mulai dari konser musik, pesta jalanan hingga perayaan dansa hingga pagi.

3. Desa nelayan yang penuh warna

Cudillero di Asturias | Image credit: Javier Alamo

Sebagai negara yang wilayahnya sebagian besar dikelilingi lautan, tidak sedikit penduduk yang menggantungkan hidupnya dari laut sebagai nelayan. Alhasil, Spanyol memiliki banyak desa nelayan, yang memiliki kekhasan dan keunikan tersendiri yang menarik untuk dijelajahi.

musim panas di spanyol
Llafranc di Girona | Image credit: Spain Tourism Board

Tazones di Asturias menjadi salah satu desa nelayan di Spanyol yang tak lekang oleh waktu dan bertahan sejak beberapa abad lalu. Rumah-rumah nelayan yang penuh warna di dekat dermaga menjadi ciri khas yang tak bisa luput dari perhatian. Pun demikian dengan Cudillero, yang menghadap ke Laut Kantabria, memiliki Kapel Humilladero yang berdiri sejak abad ke-13, menawarkan tempat menikmati makanan laut di El Remo, yang lokasinya dekat dengan Plaza de la Marina.

Peniscola | Image credit: Kookay

Llafranc di Girona juga bisa menjadi desa nelayan untuk dikunjungi. Bukan hanya karena banyak dijadikan lokasi syuting film dan tempat liburan para selebriti dunia, kawasan ini juga memiliki marina yang instagramable dan juga penuh warna. Peniscola di Castellon, yang mendapat julukan Gibraltar-nya Valencia, juga menjadi kawasan desa nelayan yang menarik untuk dikunjungi.

4. Lanskap alam yang istimewa untuk dijelajahi

musim panas di spanyol
Gaztelugatxe | Image credit: Julius Silver

Harus diakui, Spanyol dianugerahi kekayaan lanskap alam yang luar biasa. Tidak hanya terkenal karena pantainya yang memiliki pasir putih dan air yang jernih, tapi juga pesona alam lainnya yang tidak kalah indah, seperti air terjun, sungai hingga danau yang tak kalah cantik dan istimewa.

Taman Nasional Somiedo | Image credit: Leolo

Gaztelugatxe, pulau kecil berbatu di utara Spanyol, yang memiliki kastil di atasnya, menjadi salah satu destinasi yang harus dikunjungi langsung. Taman Nasional Somiedo juga menjadi kawasan yang luar biasa indah, yang didalamnya terdapat danau, hutan dan kehidupan liar yang masih terjaga kealamiannya, yang pastinya menarik untuk dijelajahi.

Jurang Fuente De di Picos de Europa | Image credit: AShenton

Jurang Fuente De di pegunungan Picos de Europa menjadi salah satu pesona alam Spanyol yang tak boleh dilewatkan. Kemegahannya dan pemandangan yang istimewa menjadikan tempat ini menjadi salah satu destinasi populer yang harus dikunjungi.

Baca juga: Pas Untuk Traveler Yang Sudah Divaksin, 14 Alasan Mengapa Spanyol Harus Menjadi Destinasi Utama Liburan Kamu Berikutnya!

5. Taman bermain yang buka lebih lama di musim panas

Zoo Aquarium de Madrid | Image credit: Zoo Aquarium

Ya, liburan musim panas di Spanyol memiliki keistimewaan tersendiri karena banyak destinasi dan taman bermain yang buka dengan durasi yang jauh lebih lama dibanding waktu normal. Ambil contoh Zoo Aquarium de Madrid atau Oceanografic di Valencia, yang tetap beroperasi di luar waktu normal untuk memberikan kesempatan kepada wisatawan melihat aktivitas hewan koleksi mereka di waktu malam.

Image credit: My PortAvertura

Siam Park, salah satu wahana bermain air terbaik di dunia yang ada di Spanyol, juga buka hingga malam di musim panas. Pun demikian dengan PortAventura World di Costa Daurada, Terra Mitica di Benidorm, Warner Park Madrid dan Isla Magica di Sevilla.

6. Kuliner musim panas khas Spanyol yang istimewa

Espetos | Image credit: Turismo Malaga

Karena kekayaan budaya yang dimiliki, Spanyol pun menyajikan banyak produk budaya yang istimewa di setiap musimnya, tak terkecuali terkait makanan khasnya. Pada periode musim panas di Spanyol, sejumlah kuliner khas pun bermunculan dan layak untuk dicoba.

Salmorejo | Image credit: ML Gutierrez

Gazpacho, sup dingin, menjadi salah satu kuliner khas Spanyol yang muncul di musim panas. Di sejumlah daerah, sup ini juga dikembangkan menjadi sejumlah varian, seperti gazpacho mint dengan cita rasa semangka. Wow!

Salmorejo merupakan gazpacho dengan versi yang lebih pekat dan kaya rasa. Sedangkan Ajoblanco, sup yang creamy berbahan dasar kacang almond bisa ditemukan di Malaga dan menjadi salah satu kuliner favorit di Spanyol. Jangan sampai melewatkan tapas, yang bisa kamu temukan di hampir seluruh restoran di Spanyol. Kamu juga bisa menikmati Espetos, ikan bakar yang populer, dan tentu saja Paella. Untuk menambah keseruan, kamu bisa menikmatinya di dekat pantai sambil menikmati pemandangan yang spektakuler di bawah sinar matahari.

Nah, sudah tahu alasan mengunjungi Spanyol di liburan musim panas mendatang? Agendakan perjalanan kamu sekarang juga untuk momen liburan musim panas di Spanyol yang mengesankan!


Dipersembahkan oleh Spain Tourism Board

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru