Sudah Vaksinasi Covid-19, Traveler Bakal Diizinkan Masuk Singapura

Singapura mempertimbangkan untuk mempermudah aturan bepergian untuk warga asing masuk ke wilayah mereka, dengan catatan yang bersangkutan telah menjalani vaksinasi Covid-19.

Sebelumnya, pemerintah Singapura menerapkan aturan ketat untuk membatasi penyebaran virus corona dan mewabahnya Covid-19 di wilayahnya. Singapura tidak mengizinkan warga asing datang ke negaranya untuk kepentingan wisata, dan hanya membolehkan warga asing datang untuk kepentingan bisnis, sekolah dan urusan penting lainnya, itupun dengan syarat dan ketentuan yang ketat dan rumit.

Namun, dengan mulai disebarkan dan tersedianya vaksin Covid-19 di sejumlah negara, Singapura mulai mempertimbangkan untuk membuka negaranya untuk warga asing yang ingin masuk dan bepergian ke negaranya untuk kepentingan apapun, dengan catatan telah melakukan vaksinasi.

“Jika memang ada bukti jelas risiko transmisi bisa ditekan secara signifikan (oleh vaksin), kami pastinya akan mempertimbangkan sejumlah relaksasi aturan SHN (stay home notice) untuk traveler yang sudah melakukan vaksinasi,” ungkap Lawrence Wong, kepala tim gugus tugas virus pemerintah Singapura seperti dikutip Reuters.

Namun demikian, belum bisa dipastikan kapan rencana tersebut dituangkan dalam bentuk aturan dan regulasi oleh pemerintah Singapura.

Saat ini, pemerintah Singapura masih akan menerapkan aturan ketat untuk warga negara asing yang masuk ke wilayahnya, terlepas apakah sudah divaksinasi atau belum.

Bagi yang datang dari negara dengan risiko penularan yang kecil, pemerintah Singapura mewajibkan yang bersangkutan untuk menjalani tujuh hari karantina mandiri di tempat yang telah disetujui dan menjalani tes Covid-19 sebelum kedatangan dan sebelum masa karantina berakhir. Bagi yang menjalani karantina juga wajib mengenakan alat pemantau elektronik.

Baca juga: Sudah Diizinkan Masuk, Inilah Syarat WNI Bisa Ke Singapura

Tidak ada salahnya bagi kamu semua untuk mulai mencari tahu mengenai vaksinasi Covid-19, baik yang merupakan program gratis dari pemerintah atau melalui program vaksinasi mandiri.


Preview image credit: Partha Narasimhan

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru