Syarat Masuk Kanada, Traveler Wajib Menunjukkan Bukti Vaksin

Menjalani vaksinasi Covid-19 kini menjadi hal yang wajib dilakukan untuk setiap traveler di seluruh dunia. Kanada pun menjadikan hal tersebut menjadi syarat utama untuk bisa masuk ke wilayahnya.

Dalam keterangan resminya, Pemerintah Kanada menyatakan bahwa mulai 30 Oktober 2021, semua pelaku perjalanan, baik melalui jalur udara, laut dan darat, harus menunjukkan bukti telah menjalani vaksinasi Covid-19 untuk bisa masuk.

Kebijakan tersebut akan berlaku efektif untuk semua traveler yang menggunakan pesawat, kereta api, bus dan kapal. Pemerintah Kanada juga mewajibkan semua staf yang bekerja di sektor transportasi udara, kereta api dan laut untuk menyiapkan sistem yang mendukung pengecekan siap dijalankan pada 30 Oktober.

Dalam keterangan tambahan dijelaskan jika syarat vaksin untuk bisa masuk ke Kanada tidak berlaku untuk traveler yang masih berusia di bawah 12 tahun.

Lalu bagaimana untuk traveler yang belum divaksin? Bagi traveler yang masih dalam proses mendapatkan vaksin, pemerintah mengizinkan untuk masuk dengan catatan harus menunjukkan tes molekuler yang valid dan diambil 72 jam sebelum perjalanan dilakukan. Namun aturan ini hanya akan berlaku hingga 30 November 2021.

“Jika Anda belum mendapatkan suntikan vaksin, tapi harus melakukan perjalanan pada musim dingin ini, mari kita perjelas. Nantinya akan ada sejumlah langkah pengecualian, seperti menunjukkan kondisi medis yang valid,” demikian diungkapkan Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau.

“Untuk sebagian besar orang, aturannya sangat mudah untuk bisa bepergian, Anda hanya harus sudah divaksin,” tegasnya lagi.

Ditambahkannya, kebijakan untuk mewajibkan traveler internasional untuk menjalani vaksinasi Covid-19 akan menjadi hal yang lazim dilakukan di setiap negara.

Saat ini, pemerintah Kanada mewajibkan semua pendatang yang masuk dengan menggunakan pesawat harus menunjukkan bukti hasil tes negatif untuk Covid-19, yang diambil maksimal 72 jam sebelum perjalanan dilakukan. Sementara traveler yang belum divaksin harus menjalani tes Covid-19 setibanya di Kanada, menjalani karantina selama 14 hari dan kembali menjalani tes Covid-19 di hari terakhir masa karantina.

Bagi traveler yang melanggar persyaratan tersebut, atau menunjukkan informasi yang salah, seperti memalsukan bukti vaksinasi, akan mendapat sanksi denda yang berat, di antaranya denda 5,000 CAD per pelanggaran bagi penumpang pesawat, hingga 250,000 CAD per hari untuk penumpang kapal.

Pemerintah Kanada juga akan menerapkan paspor vaksin untuk traveler internasional. Pemerintah menyatakan paspor ini akan memiliki format digital dan akan mempermudah dalam menunjukkan bukti vaksinasi bagi traveler internasional.

Baca juga: Panduan Membuat Visa Kanada Untuk WNI

Masih belum divaksin? Jika belum, segera ikuti program vaksinasi Covid-19 yang digalakkan pemerintah. Bukan hanya untuk segera mencapai herd-immunity, tapi juga akan mempermudah kamu untuk menekuni hobi jalan-jalan ke luar negeri.

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru