10 Tempat Unik Dan Instagramworthy Di Kotagede Untuk Liburan Yang Seru Tak Terlupakan

Sesuai dengan predikatnya sebagai Daerah Istimewa di Indonesia, Yogyakarta bagaikan magnet yang selalu memiliki daya tarik baru dan spesial untuk dikunjungi. Bagaimana tidak? Mulai dari wisata sejarah sampai perbukitan dan pantai cantik semuanya ada di Jogja.

Kalau kamu sudah khatam dengan wisata alam Jogja, mungkin inilah saatnya menelusuri berbagai macam tempat menarik yang ada di dalam Kota Jogja sendiri. Sebut saja Kotagede. Apa kamu sudah pernah berkunjung ke Kotagede? Kalau belum, simak dulu panduan jalan-jalan tempat unik dan instagramworthy di Kotagede berikut ini.

1. Lorong Sempit Di Kompleks Pemukiman

Image credit: @pndpermana (kiri), @aryorahardhi (kanan)

Kotagede adalah salah satu kota tua di Jogja yang memiliki julukan sebagai tempat dengan sejuta pintu. Hal ini dikarenakan wilayah Kotagede memiliki banyak gang-gang kecil dengan bangunan serta pintu-pintu tua yang menyertainya. Rasanya seperti berada di The Shambles-nya Harry Potter, tapi dalam versi Jawa. Pemburu foto vintage wajib banget mampir ke sini.

Image credit: @seraphine.hermawan (kiri), @ittaagathya (kanan)

Kamu bisa memulai perjalanan dari Gang Soka lalu menyusuri gang-gang kecil lain yang ada di sana. Di bagian dalam pemukiman, akan ada banyak bangunan tua yang sangat instagramworthy. Sembari menyusuri lorong sempit pemukiman di sini, kamu juga bisa meresapi kehidupan warga lokal Jogja dari jarak dekat. Asyik sekali, kan?

2. Masjid Gedhe Mataram

Image credit: @sadawayans

Salah satu masjid tertua di Jogja ini dari luar tampak seperti pura. Namun jika masuk ke dalam kamu akan melihat sebuah masjid dengan arsitektur joglo yang mengesankan. Kesan tua dan klasik menjadi ciri khas yang terlihat jelas dari masjid ini.

Image credit: @yunitaqusuma

Tidak jauh dari lokasi masjid terdapat Makam Panembahan Senopati Sutawijaya yang merupakan pendiri dari Masjid Gedhe Mataram. Jika kamu menyukai fotografi dengan latar belakang bangunan klasik Jogja, tempat ini bisa jadi lokasi yang pas untuk menyalurkan hobimu.

3. Tembok Ijo

Image credit: @raidtyafarizarrizal (kiri), @jomblografer (kanan)

Tembok dalam Bahasa Jawa artinya dinding, sedangkan ijo berarti hijau. Lalu, apa menariknya sebuah tembok hijau? Nah, Tembok Ijo Kotagede ini warna hijaunya bukan berasal dari cat tapi dari dedaunan rimbun tanaman merambat yang menutupi temboknya. Tembok ini sebenarnya merupakan bagian dari salah satu bangunan rumah warga.

Image credit: @samuel_boentoro

Keberadaan pintu tua di bagian tengah temboknya membuat kesan rustic vintage semakin kental. Lokasi Tembok Ijo ini tidak jauh dari pintu gerbang Gang Soka. Tembok Ijo ini sempat viral di media sosial, lho. Maka jangan heran jika mampir ke sini kamu akan mendapati beberapa wisatawan yang sedang asyik berfoto. Tertarik untuk berfoto juga di sini?

4. Masjid Perak

Image credit: @imfaridhasan

Tidak jauh dari seberang Gang Soka, terdapat sebuah masjid yang sangat istimewa bagi warga Kotagede. Namanya Masjid Perak. Dinamakan Masjid Perak karena pembangunan masjid ini berasal dari sumbangsih para perajin dan penjual perak di Kotagede.

Image credit: @vishnunugraha

Dari jalan raya, masjid ini tidak terlalu terlihat karena berada di gang sempit khas Kotagede. Meskipun begitu arsitektur masjid ini begitu mempesona mirip seperti masjid bergaya Mediterania di Spanyol. Kamu pun bebas berfoto di area dalam masjid, namun tetap jaga ketenangan, ya! Jangan sampai mengganggu jalannya ibadah yang sedang berlangsung.  

5. Rumah Pesik

Image credit: @liendha_al

Bangunan tua menarik hati lainnya yang juga bisa kamu temukan di Kotagede adalah Rumah Pesik. Rumah dengan warna hijau terang ini pasti akan segera mencuri perhatianmu. Apalagi rumahnya terlihat sangat besar dengan rerimbunan pohon yang tampak keluar dari bagian dalamnya. Membuat siapa pun yang lewat penasaran akan isi rumahnya.

Image credit: @diiddoot (kiri), @mimi_kebaya (kanan)

Usut punya usut, Rumah Pesik ini ternyata adalah sebuah rumah kalang (rumah berpagar tinggi) yang dibeli oleh pengusaha bernama Rudy Pesik. Bagian dalam rumahnya sangat mewah dengan paduan arsitektur Jawa dan Eropa yang kental. Rumah Pesik pernah dijadikan tempat menginap oleh Presiden Polandia, HE. Lech Walesa pada 2010 lalu lho. Tertarik untuk menginap di sini juga?

6. Makam Raja Mataram

Image credit: @adhiiwicaksonoo (kiri), @syammr (kanan)

Selain di Imogiri, ternyata kamu juga bisa menjumpai Makam Raja Mataram di Kotagede, lho! Lokasinya tidak jauh dari Masjid Gedhe Mataram. Untuk bisa masuk ke dalam area makam, kamu diharuskan menggunakan busana adat Jawa yang telah disediakan. Selain itu, kamu juga tidak boleh berfoto di area dalam pemakaman ya.

Image credit: @ayuningtyaspr

Suasana tenang dan khidmat memang langsung terasa saat memasuki area makam. Di samping kompleks makam terdapat sebuah pemandian atau sendang yang digunakan oleh para peziarah untuk menyucikan diri. Unik sekali, bukan?

7. Omah UGM

Image credit: @lenny.diary (kiri), @silarasoy (kanan)

Pada peristiwa gempa Jogja 2006 silam, banyak rumah tradisional di Kotagede yang hancur. Salah satunya yaitu Rumah Keluarga Parto Darsono. Dengan semangat melestarikan budaya lokal rumah tradisional Jawa, UGM membeli dan membangun kembali rumah rusak tersebut. Namun, sebagian sisa tembok rumah yang hancur masih dipertahankan sebagai monumen pengingat peristiwa memilukan tersebut.

Image credit: @abebilli (kiri), @fajar.fithroni (kanan)

Kini, Omah UGM dijadikan sebagai pusat pelestarian pusaka di Jogja. Berkunjung ke sini, kamu akan disuguhi desain bangunan rumah tradisional yang khas serta benda-benda kuno yang bernilai seni. Jangan sampai lupa untuk berfoto di area depan maupun di dalam rumah yang sangat instagramworthy, ya!

8. Situs Warungboto

Image credit: @danielrnzo

Kalau di Keraton kita bisa mampir ke Taman Sari, ternyata tidak jauh dari Kotagede terdapat sebuah pesanggrahan tempat singgah Sultan Ngayogyakarta. Nama tempatnya adalah Situs Warungboto. Bentuk arsitekturnya mirip seperti Taman Sari, namun dalam versi yang lebih sederhana.

Image credit: @ayanggkahiyang

Tempat ini menjadi populer karena telah dipugar dan diperbaiki sehingga menjadi lebih layak untuk dikunjungi. Bahkan sempat menjadi salah satu tempat pemotretan pre-wedding putri Presiden Joko Widodo. Wah, keren sekali, kan?

9. Rumah Pocong Sumi

Image credit: @kerigit

Di antara bangunan-bangunan tua di Kotagede, terdapatlah suatu rumah megah tua dan tidak berpenghuni. Rumah ini memiliki gaya Eropa yang membuatnya tampak berbeda dari rumah lain yang ada di sekitarnya. Inilah dia Rumah Pocong Sumi. Dari namanya saja sudah membuat bulu kuduk merinding ya. Seram!

Image credit: @dhaneeeeee (kiri), @anggundesha (kanan)

Diberi nama Rumah Pocong karena pernah terlihat penampakan pocong sumi di area rumah tersebut. Rumah ini memang terkenal sebagai rumah berhantu di Kotagede. Sebelum masuk ke area rumah, kamu harus meminta izin dan ditemani oleh juru rawat yang tinggal di sekitar rumah. Berani mencoba uji nyali di sini?

10.Langgar Dhuwur Jagalan

Image credit: @pakdjo

Sebagai pusat peradaban Kerajaan Mataram Islam, Kotagede memiliki banyak bangunan bersejarah dengan latar belakang corak Islam. Salah satunya adalah mushola tradisional yang diberi nama Langgar Dhuwur.  Dhuwur sendiri artinya tinggi. Langgar Dhuwur ini memang lokasinya berada di lantai dua sebuah bangunan rumah.

Image credit: @trikurtif (kiri), @wikadyuta (kanan)

Berdasarkan cerita warga setempat, Langgar Dhuwur dulunya banyak tersebar di sekeliling Keraton Mataram Islam, namun kini yang tersisa hanya dua yaitu Langgar Dhuwur Boharen dan Jagalan. Aksen jendela dengan teralis tua merupakan daya tarik utama bangunan tradisional yang satu ini. Lagi-lagi, pemburu foto vintage harus mampir ke sini.

Baca juga: 10 Tempat Makan Es Krim Di Jogja Yang Maknyus Dan Cozy Abis

Sebelum melakukan perjalanan ke Kotagede, pastikan untuk membawa kamera ya. Dijamin kamu akan ketagihan berfoto di sini. Yuk, liburan ke Jogja lagi!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru