Pulau Nias Dan Viewnya Yang Indah, Inilah Tempat Wisata Yang Haram Dilewatkan!

Apa yang pernah kamu dengar dari Nias, pulau yang berada di Provinsi Sumatera Utara? Bila kamu hanya pernah mendengar tentang tradisi lompat batu, itu artinya sudah saatnya kamu menjadwalkan wisata ke pulau ini. Pasalnya, Pulau Nias menyimpan lebih banyak hal menarik. Wisata alam dan wisata budaya di Nias masih terasa alami dan tentunya akan memberikan pengalaman yang berbeda untukmu. Ingin tahu lebih jauh tentang tempat wisata di Nias? Dapatkan informasi lengkapnya dari TripZilla Indonesia di bawah ini!

1. Pantai Tureloto, tempat wisata di Nias untuk menikmati birunya langit sambil mengapung di laut

Image credit: @yudithandiniaugustini

Begitu tiba di Pantai Tureloto, pasti yang langsung menarik perhatianmu adalah kumpulan batu karang dengan bentuk yang unik. Batu-batu dengan bentuk bulat dan bertebaran di tepi pantai ini dapat menjadi latar yang instagramable untuk media sosialmu. Tapi jangan lupa untuk juga mencoba berenang di lautnya. Pantai Tureloto terkenal dengan sebutan Laut Mati di Indonesia karena kadar garam di air lautnya tinggi sehingga kamu bisa mengapung dengan mudah. Airnya juga jernih dan kamu dapat memandang biota laut dari permukaan air dengan jelas.

Lokasi: Desa Tureloto, Balefadoro Tuho, Kecamaten Lahewa, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam|
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

2. Pantai Sirombu, spot menjajal kemampuan berselancar

Image credit: @djokosatriyo

Bagi kamu yang sedang menggemari olahraga selancar, maka Pantai Sirombu dapat dikunjungi di Nias. Ombaknya diklaim cocok untuk peselancar pemula dan dapat dinikmati sepanjang tahun. Selain itu, sudah pasti kamu akan menemukan pemandangan indah di pantai ini. Maka bersantai di tepi pantai sambil menikmati suasana di sekitarmu menjadi kegiatan wajib untuk dilakukan. Bawa juga uang jajan untuk mencicipi kuliner khas Nias yang banyak dijajakan di sini ya!

Lokasi: Sirombu, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam|
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

3. Pantai Hoya, tempat wisata di Nias untuk menikmati sunset

Image credit: @tutiardianti.25

Pantai Hoya menjadi pantai lainnya yang dapat kamu kunjungi. Tetap memiliki garis pantai indah yang relatif panjang, pantai ini terkenal dengan matahari terbenamnya. Bisa membayangkan indahnya pemandangan langit yang memerah dari tepi pantai? Sambil menunggu, kamu dapat mengisi waktu dengan berenang karena ombak Pantai Hoya tidak terlalu besar. Ada juga wahana flying fox yang akan terasa berbeda jika dilakukan di sini.

Lokasi: Teluk Belukar, Gunungsitoli Utara, Sumatera Utara
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

4. Situs Megalit Tetegowo, situs peninggalan masa lalu

tempat wisata di nias
Image credit: @incemeliana

Situs yang satu ini memang unik. Terdiri dari batu-batu besar berbentuk bulat, kamu bisa berdiri dengan aman di atasnya. Selain itu, kamu pun bisa mengagumi peninggalan jaman dahulu lainnya seperti menhir dan ruang penjara jaman dulu. Pakailah alas kaki yang sesuai saat berkunjung agar kamu bisa menjelajah setiap sudut situs dengan nyaman. Sudah siap menjelajahi tempat bersejarah ini?

Lokasi: Hilisao’oto, Sidua’ori, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

5. Museum Pusaka Nias, tempat wisata di Nias untuk belajar sejarah

tempat wisata di nias
Image credit: @dediranger89

Museum Pustaka Nias bukan museum biasa. Di dalamnya, kamu akan menjumpai sekitar 6500 koleksi benda bersejarah yang ada di Nias. Bukan cuma itu, di sini juga terdapat kebun binatang mini, ruang pertemuan yang bernuansa rumah adat hingga perpustakaan dengan sekitar 700 bahan bacaan. Jika ingin merasakan menginap di dalam rumah adat, kamu bisa menyewa penginapan yang ada. Seru dan akan jadi pengalaman liburan yang unik!

Lokasi: Jl. Yos Sudarso Ujung No.134-A, Iraonogeba, Kec. Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 18.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

6. Desa Adat dan Wisata Hilisimaetano, tempat terbaik menyaksikan tradisi yang melegenda

Image credit: @perjalanan_max

Tradisi lompat batu menjadi sebuah suguhan yang terkenal dari Desa Adat dan Wisata Hilisimaetano. Siap-siap kagum saat menyaksikan warga yang melompat tinggi dengan gagahnya. Selain menyaksikan lompat batu, kamu juga bisa melihat pembuatan kerajinan lokal seperti pahatan, ukiran dan pedang besi. Unik dan dapat kamu beli sebagai oleh-oleh atau koleksi pribadi.

Lokasi: Jl. Hilisimaetano, Hilisimaetano, Kec. Maniamolo, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 10,000 IDR

7. Desa Adat Tumori, kampung adat yang tetap bertahan hingga kini

Image credit: @ramadhanhamdani

Desa Adat Tumori menjadi desa wisata yang menarik. Daya tariknya ada pada rumah adat yang konon kuat meski digoyang gempa. Rumah yang ada di sini usianya antara 50 hingga 120 tahun. Walau demikian, rumah-rumah ini masih kokoh dan bahkan bisa kamu masuki. Jadi bukan hanya cantik dipandang, tapi juga asyik untuk dijelajahi lho!

Lokasi: Hilina A, Kec. Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

8. Goa Togi Ndrawa Gunungsitoli, tempat wisata di Nias bernuansa bawah tanah

tempat wisata di nias
Image credit: @onohulo

Nias juga punya wisata goa yaitu di Goa Togi Ndrawa Gunungsitoli. Di bagian dalam goa sudah ditata jadi cukup nyaman untuk dikunjungi. Kamu dapat masuk sepanjang hari ke dalam goa ini namun akan lebih baik jika kamu datang saat cuaca cerah. Bila ingin menemukan latar foto yang menarik, maka wisata goa bisa menjadi pilihan. Ruang di dalam goa yang penuh stalaktit dan stalagmit tidak akan kamu dapatkan di tempat lain.

Lokasi: Saewe, Gunungsitoli, Sumatera Utara
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Mulai dari 3,000 IDR

9. Pulau Hinako, destinasi untuk bermain air sepuasnya

Ingin menjelajah pulau? Di Nias kamu bisa naik perahu menuju Pulau Hinako. Kalau kamu sangat menyukai berenang dan bersantai di tepi pantai, masukkan Pulau Hinako ke dalam jadwal acaramu. Di tempat seindah ini, kegiatan sederhana seperti minum air kelapa pun terasa lebih menyenangkan. Memancing bisa dilakukan, dan yang tidak boleh ketinggalan adalah menyelam. Dunia bawah lautnya dijamin tidak kalah indah dengan pantainya!

Lokasi: Lahawa, Sirombu, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

10. Pulau Asu, spot terbaik menghabiskan hari yang damai

Image credit: @catperku

Satu lagi pulau yang masih sejajar dengan Pulau Hinako dan terkenal cantik, yaitu Pulau Asu. Kamu tidak akan rugi menyewa perahu ke sini karena menyambangi Pulau Asu akan jadi pengalaman yang memuaskan. Selain untuk menyelam dan bermain pasir, banyak titik di Pulau Asu yang keren untuk diabadikan. Karena sudah menjadi tempat wisata yang populer, tidak sulit untuk menemukan warung makan dan homestay di Pulau Asu. Jadi kalau kamu main sampai lupa waktu, tidak perlu panik, bermalam saja di sini!

Lokasi: Bawosaloo, Sirombu, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

11. Air Terjun Mondrowe, tempat wisata di Nias penuh petualangan

tempat wisata di nias
Image credit: @travlr

Air Terjun Mondrowe merupakan salah satu air terjun yang tertinggi di Nias. Jika berkunjung ke sini, kamu akan mendapati pemandangan yang masih alami. Lokasi air terjun berbatasan dengan hutan dan kamu perlu berjalan kaki melintasi rimbunnya pepohonan. Jika ingin melihat derasnya air terjun, datanglah ketika musim hujan. Namun jalan menuju ke sini akan menjadi lebih licin dan kamu harus lebih berhati-hati. Jadi rencanakan waktu yang tepat ya!

Lokasi: Golambanua I, Mondrowe, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara
Jam Buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Gratis

12. Air Terjun Humogo, tempat bersantai sejenak membunuh waktu

Image credit: @nofe_zebua

Bila ingin berwisata ke air terjun yang sudah tertata, maka kamu bisa datang ke Air Terjun Humogo. Air terjun yang pendek ini aman untuk dipakai berfoto dan bermain air. Lokasinya pun sudah dilengkapi dengan tangga yang memudahkanmu untuk mengabadikannya. Tempat ini juga cocok untuk kamu yang ingin membawa serta si kecil. Nyaman dan tidak kalah menarik sebagai  salah satu destinasi wisata di Nias.

Lokasi: Jl. Tola Maera, Desa Fadoro, Kec. Gunung Sitoli Idanoi, Sumatera Utara
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 17.00 WIB
Harga Tiket: Mulai dari 5,000 IDR

13. Air Terjun Helaowo, tempat wisata di Nias untuk melihat kecantikan alam yang berbeda

tempat wisata di nias
Image credit: @goniastour

Nias memiliki satu lagi objek wisata bagi penggemar petualangan. Air Terjun Helaowo terkenal sebagai tempat yang indah namun kamu perlu usaha lebih untuk menjangkaunya. Air terjun bertingkat dua ini perlu didaki dengan pemandangan indah di puncaknya yang akan membayar rasa lelahmu. Kamu pun akan menemukan tebing batu dengan telaga di bawahnya yang cocok untuk tempat melompat. Penasaran dengan keseruan yang menantimu di sini?

Lokasi: Hilianaa Gomo, Gomo, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga Tiket: Gratis

Baca juga: Rasakan Liburan Seru di Berbagai Tempat Wisata yang Ramah Anak di Medan

Banyak wisata di Nias yang bisa kamu eksplorasi. Bila tidak ada harga tiket yang dikenakan, ada baiknya kamu menyiapkan uang untuk biaya sukarela bagi warga sekitar. Berlibur ke Nias, kenapa tidak?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru