13 Tempat Wisata Di Semarang Bernuansa Alam Yang Keren

Semarang, Ibukota Jawa Tengah, adalah kota tua yang menjadi saksi peleburan banyak budaya. Kota ini kaya akan sisa-sisa kejayaan masa lampau yang masih bisa kamu lihat di banyak sudut, mulai dari Kota Tua, Klenteng Sam Po Kong, Kampung Melayu, Kampung Arab (Layur), dan masih banyak lainnya. Semua budaya itu bercampur dengan harmonis menciptakan suasana yang unik, dan tidak sedikit yang kemudian berubah menjadi tempat wisata asyik di Semarang.

Namun Semarang juga kaya akan tempat wisata alam. Kamu bisa menemukan tebing-tebing tinggi, kaki gunung dengan candi kuno, puncak bukit dengan pemandangan menawan, hingga pantai dengan pemandangan laut lepas. Tertarik mengunjungi tempat wisata di Semarang dengan nuansa alam yang memukau, beberapa tempat ini bisa masuk dalam pertimbangan.

1. Brown Canyon, Grand Canyon punya Semarang

Image credit: adi_mrizal

Meski titelnya adalah wisata alam, namun sebenarnya pemandangan tebing yang dramatis di Brown Canyon adalah hasil ulah manusia. Awalnya tempat ini hanya perbukitan biasa. Namun aktivitas penambangan di sini membuat bukit itu terkeruk dan yang tersisa adalah formasi tebing yang unik. Artinya, Brown Canyon sebenarnya bukan tempat wisata resmi.

Image credit: @evanseptiady

Tebing-tebing yang menjulang di sini menciptakan pemandangan yang tidak biasa, ada yang bilang mirip Grand Canyon di Amerika serikat. Tapi karena warnanya dominan coklat, maka disebutlah dengan Brown Canyon. Di bawah, ada kolam-kolam kecil yang airnya yang juga tercipta akibat aktivitas penambangan. Kalau ke sini, wajib banget bawa kamera karena daya tarik utama Brown Canyon memang pemandangannya. Pas banget kalau dijadikan latar belakang foto-foto kamu.

Lokasi: Rowosari, Meteseh, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: Gratis

2. Cakrawala hijau dari Gardu Pandang Lereng Kelir

Image credit: @wisatalerengkelir

Salah satu tipe wisata alam yang booming di Indonesia adalah puncak bukit dengan latar belakang pemandangan indah. Kamu bisa menemukan tempat seperti ini di banyak area perbukitan. Di Semarang, yang paling terkenal ada di pegunungan Kelir. Kamu cukup datang ke lokasinya yang sederhana tapi memesona. Udaranya segar, pemandangannya memikat, dan kondisi alamnya masih sangat terjaga.

Image credit: @wisatalerengkelir

Dari atas bukit ini, kamu bisa melihat pemandangan yang unik. Ada kombinasi tak biasa antara kota, hutan, area pertanian, hingga gunung lain di kejauhan. Hampir seluruh bagian kota Ambarawa terlihat dari sini, Semarang bagian selatan juga. Yang pasti, kalau ke sini siapkan memori ponsel atau kamera kamu karena pemandangannya yang indah bakal bikin kamu tergoda untuk ambil banyak foto.

Lokasi: Dusun Gertas, Gertas, Brongkol, Jambu, Semarang
Jam buka: Setiap hari, 05.00 – 21.00
Harga tiket: 5,000 IDR hari biasa, 7,000 IDR akhir pekan.

3. Kesejukan berbalut candi kuno di Gedong Songo

Image credit: @itsme_donald

Orang lebih mengenal Gedong Songo sebagai nama kompleks candi di selatan Semarang. Cukup wajar mengingat candi kuno peninggalan Kerajaan Medang di sana memang sangat ikonik. Namun yang tak kalah menarik adalah pemandangan alam di area ini. Kalau kamu mengunjungi candi ini, kamu mau tak mau harus melakukan trekking di alam terbuka, di sebuah bukit dengan pemandangan indah. Setiap candi terletak di lokasi berbeda dan jalan dari satu candi ke candi lainnya cukup menyenangkan untuk dijelajahi.

Image credit: sbjonnie

Keindahan alam ini pula yang menginspirasi berdirinya Ayanaz Gedong Songo. Ayanaz yang berlokasi di sekitar candi menjual pemandangan yang sangat indah itu dengan ditambah taman selfie yang beragam. Ini adalah tempat wisata di Semarang untuk bersantai sambil foto-foto. Kawasan Gedong Songo juga punya potensi lain yang masih belum sepenuhnya dikembangkan. Di sekitar area candi, terdapat sumber mata air panas alami yang pemanfaatannya masih belum maksimal.

Lokasi: Candi Gedong Songo, Krajan, Banyukuning, Kec. Bandungan, Semarang.
Jam buka: Setiap hari, 06.30 – 18.00
Harga tiket: 10,000 IDR

4. Pulau yang hilang dan Pantai Tirang

Image credit: @sipits

Daya tarik utama pantai ini adalah lokasinya yang sangat dekat dengan berbagai pusat keramaian di Semarang. Lokasinya bersebelahan dengan Pantai Maron, dekat dengan Bandara Ahmad Yani, Museum Ronggowarsito dan berbagai destinasi wisata lainnya di Semarang.

Image credit: @norarifinyulianto

Tempat wisata di Semarang ini juga memiliki sejarah yang sangat unik. Dulunya terdapat sebuah pulau tepat di lepas pantai, namanya Pulau Tirang. Namun karena abrasi yang dahsyat, Pulau Tirang akhirnya hilang ditelan laut dan yang tersisa adalah pantai di daratan utama. Tirang merupakan spot memancing yang ideal serta memiliki pemandangan sunset yang memukau.

Lokasi: Tugurejo, Kec. Tugu, Kota Semarang
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: 5,000 IDR

5. Menaklukkan puncak Gunung Ungaran

Image credit: @izwan_zavana

Terletak di barat daya Semarang, Gunung Ungaran memiliki view luar biasa ke berbagai sisi. Aksesnya sudah sangat baik dan pendakian gunung ini juga tidak memerlukan banyak keahlian khusus, cukup stamina dan perlengkapan memadai saja. Tinggi Ungaran ‘hanya’ 2050 mdp, relatif ringan bagi pendaki berpengalaman.

Image credit: manarull_h

Puncak Gunung Ungaran adalah spot populer bagi pendaki gunung. Karena pendakiannya tergolong mudah dan aksesnya yang gampang, puncak Ungaran pun selalu ramai oleh pendaki. Di sini kamu bisa berkemah dan menikmati pemandangan matahari terbit yang indah. Eksplorasi di puncak Ungaran juga menyenangkan karena ke mana pun kamu melihat, panorama alamnya luar biasa.

Lokasi: Ungaran, Semarang.
Harga tiket: Gratis

6. Kebun Bunga Bandungan Celosia yang penuh warna

Image credit: taman_bunga.celosia

Kebun bunga belakangan juga sangat populer sebagai daya tarik wisata di Indonesia. Di Semarang, yang paling terkenal adalah Kebun Bunga Bandungan yang lokasinya dekat dengan Candi Gedong Songo. Secara alami, lokasi kebun bunga ini sudah indah. Penataan tanaman dan taman membuatnya semakin Instagramable dan menyedot minat banyak wisatawan muda yang hobi fotografi, termasuk selfie.

Image credit: @rizky_ardhy

Dulunya tempat wisata di Semarang ini cuma punya taman celosia berwarna-warni. Namun seiring dengan popularitasnya yang terus naik, fasilitasnya pun bertambah. Kini kamu bisa menemukan miniatur kota Eropa yang unik, lengkap dengan landmark khas dari banyak negara. Ada juga Taman Korea dan Taman Lampion yang menjanjikan background foto spektakuler. Taman ini benar-benar surga bagi penyuka swafoto.

Lokasi: Jl. Wisata Candi Gedong Songo No.KM 0,5, Beroken, Candi, Kecamatan Bandungan, Semarang.
Jam buka: Setiap hari, 07.30 – 17.00
Harga tiket: 20,000 IDR hari biasa dan 25,000 IDR akhir pekan.

7. Santai di ketinggian Umbul Sidomukti

Image credit: @titeenas

Kalau ingin bersantai di segarnya hawa pegunungan, kamu bisa langsung mampir ke Umbul Sidomukti. Ini adalah sebuah resort yang menawarkan banyak fasilitas wisata menarik, berada di lereng Ungaran dengan ketinggian 1500 mdpl. Yang paling terkenal adalah Taman Renang Alam. Ada tiga kolam renang dengan bentuk unik serta kedalaman yang berbeda yang bisa kamu pilih. Karena berada di ketinggian, kolam mini memiliki pemandangan yang luar biasa.

Image credit: @jonihepi

Buat kamu adrenalin-junkies, ada beberapa wahana yang bisa kamu pakai beraksi. Kamu bisa mencoba flying fox, menyewa kendaraan roda empat ATV, terbang dengan paralayang, atau menunggang kuda. Masih ada fasilitas seru lain termasuk Marie Bridge, Highest Triangle, Panahan, Sepeda Awang untuk berfoto, dan menjelajahi Goa Tirta.  Kamu bahkan bisa menginap juga. Tidak akan bosen deh kalau ke sini!

Lokasi: Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang.
Harga tiket: 5,000 IDR

8. Hutan Pinus Kayon, tempat ngabuburit favorit

Image credit: @val_3373

Semarang juga punya hutan untuk dijelajahi. Hutan Pinus Kayon misalnya. Hutan pinus ini berada di lereng gunung Merbabu. Lokasinya ada di bagian selatan Kabupaten Semarang, tak jauh dari Kota Ambarawa. Dengan ketinggian 1500 mdpl, hutan ini menyajikan udara segar dengan pemandangan khas ketinggian. Kamu bisa menyaksikan bentang alam Kabupaten Semarang yang penuh damai di kaki Merbabu.

Image credit: @sigitwardaya

Secara resmi, nama tempat ini adalah Pesona Wisata Alam Kali Pasang (PWAKP) dan dikelola oleh Balai Taman Nasional Gunung Merbabu. Hutan pinus di sini sangat Instagramable, jadi jangan kaget kalau kamu lihat banyak pengunjung yang berselfie di sini. Selain itu, kamu juga bisa berkemah di area ini jika ingin menghabiskan waktu kembali ke alam. Hutan Pinus Kayon juga sangat populer sebagai area ngabuburit selama bulan Ramadan.

Lokasi: Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang
Harga tiket: 5,000 IDR

9. Coba keseruan outdoor di Wana Wisata Penggaron

Image credit: @sonnyjayarayatour

Masih bertema hutan, kali ini ada Hutan Penggaron di sisi timur Gunung Ungaran. Tak seperti hutan Kayon yang hanya berisi pohon pinus, vegetasi di Penggaron ini beragam, layaknya hutan alami lainnya. Udaranya sejuk dan pemandangannya juga indah. Tempat ini pas buat yang mau berpetualang di rimba liar tetapi keamanannya tetap terjaga. Banyak spot foto menarik di sini dan hutan ini juga sudah jadi langganan lokasi foto prewedding.

Tapi daya tarik utama Penggaron adalah area perkemahannya. Saking terkenalnya, sampai ada yang menjuluki Penggaron sebagai bumi perkemahan padahal status sebenarnya hanya hutan lindung biasa yang dikelola Perhutani. Selain itu, masih ada banyak kegiatan outdoor yang bisa kamu lakukan di sini. Outbound, trekking, latihan SAR, penelitian ilmiah lapangan sering juga dilakukan di Penggaron ini.

Lokasi: Susukan, Ungaran Timur, Siroto, Kabupaten Semarang.
Harga tiket: 6,000 IDR

10. Mengenal Jawa Tengah via Grand Maerokoco

Image credit: @noor3va

Destinasi ini menggabungkan keseruan alam dan wisata buatan. Banyak yang mengatakan Grand Maerokoco (dulunya juga disebut Taman Puri Maerokoco) sebagai Taman Mini-nya Jawa Tengah. Kamu bisa melihat anjungan dan rumah khas dari semua kabupaten dan kota di provinsi ini. Kamu bisa belajar banyak tentang Jawa Tengah di sini.

Image credit: @ariimuntaha

Berada di kawasan hutan bakau, kamu bisa menjelajahi keindahan kawasan ini lewat dek kayu yang ditata rapi di tepi bakau. Air di sini memang tidak jernih, tetapi tenang. Kalau sudah capek berjalan, kamu bisa menyewa perahu dan berkeliling Maerokoco di atas air. Banyak banget spot cantik yang bisa kamu datangi di sini, jadi pastikan kamu mempersiapkan kamera biar biasa bawa pulang banyak foto keren.

Lokasi: Jl Yos Sudarso, Tawangsari, Semarang Barat, Kota Semarang.
Harga tiket: 10,000 IDR

11. Menikmati panorama alam Semarang di Cemoro Sewu, Banyubiru

Image credit: @dulaz_wickson

Tak ada yang jauh lebih menyenangkan ketimbang menyatu dengan alam. Bisa menikmati lanskap bumi, hijau dan rindangnya pepohonan, serta segarnya udara alam. Kamu bisa merasakan semua itu di daerah Cemoro Sewu, Banyubiru, lho!

Image credit: @langkahberdebu

Asyiknya, alam juga menyajikan background yang keren untuk Anda berfoto dan menambah koleksi di akun Instagram.

Cemoro Sewu, Sepakung
Lokasi: Dsn Jingkol, Sepakung, Banyubiru, Semarang, Jawa Tengah

12. Spot asyik dan Instagenik di Gumuk Reco, Sepakung, Banyubiru

Image credit: @nijel_aldila2

Ingin bersantai dan menikmati panorama alam yang mengesankan, tak ada salahnya menghabiskan waktu di Gumuk Reco, Banyu Biru. Banyak spot berfoto yang asyik, lho!

Image credit: @anisadc

Tempat ini juga menjadi salah satu destinasi wisata di Semarang yang kekinian dan wajib Anda kunjungi.

Image credit: @wisata_sepakung

Gumuk Reco
Lokasi: Dsn. Kenongo, Sepakung, Banyubiru, Semarang, Jawa Tengah

13. Sisi cantik Semarang dari ketinggian di Bantir Hills

Image credit: @hannasaphiraa

Kini sudah banyak spot asyik untuk menikmati Semarang dari ketinggian, termasuk yang ini. Banyak gardu pandang dan tempat berswafoto dengan background keren, lho!

Image credit: @okaaryata

Yang tak boleh dilewatkan adalah atmosfer alami dan nuansa sejuk khas perbukitan. Adem banget!

Bantir Hills
Lokasi: Jalan Bantir, Desa Losari, Kec. Sumowono, Losari, Sumowono, Semarang, Jawa Tengah

Baca juga:  Nendang Dan Maknyus, 8 Lumpia Semarang Ini Harus Kamu Coba

So, kamu sudah siap mengeksplorasi ragam wisata alam Semarang? Mulai dari tepi Laut Jawa hingga ketinggian Gunung Merbabu menyajikan banyak pilihan variasi wisata yang layak kamu jelajahi.

 

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru