Mulai 2020, Thailand Berhenti Sediakan Tas Plastik Sekali Pakai

Sudah tahu, kan, masalah besar yang dihadapi bumi, salah satunya datang dari plastik. Yups, sejumlah negara sudah mulai berperang melawan plastik dengan meminimalkan penggunaan tas plastik sekali pakai.

Nah, di Thailand, mereka menaikkan level perang mereka dengan menghentikan pemberian tas plastik kepada semua orang. Melalui kampanye “Everyday Say No To Plastic Bag“, 43 swalayan dan convenience store besar di Thailand mencapai kata sepakat untuk tidak lagi menyediakan tas plastik sekali pakai mulai 1 Januari 2020.

Inisiatif ini dilakukan pemerintah Thailand setelah sebelumnya sudah melarang penggunaan plastik dengan spesifikasi khusus pada akhir 2019. Bahkan pemerintah Thailand juga berencana untuk melarang penggunaan plastik sekali pakai seperti sedotan dan kemasan styrofoam pada 2022.

Baca juga: Jaringan Hotel Marriot Tidak Lagi Sediakan Toiletries Ukuran Kecil

Menurut Greenpeace, Thailand memproduksi dua juta ton limbah plastik setiap tahunnya, 45 persennya berasal dari penggunaan plastik sekali pakai. Dengan kampanye ini, diharapkan penggunaan plastik bisa berkurang hingga 30 persen.

Langkah ini menjadi salah satu kampanye yang harus ditiru oleh penjuru dunia. Indonesia termasuk salah satunya. Namun, pemerintah Indonesia sudah memiliki langkah tersendiri untuk meminimalkan penggunaan tas plastik sekali pakai, yaitu di mana jaringan minimarket menetapkan harga khusus untuk setiap tas plastik yang dikeluarkan. Sayangnya, kebijakan ini terasa tidak efektif sejauh ini dan penggunaan plastik sekali pakai masih terus dilakukan.

Baca juga: 7 Tips Menyimpan Paspor Agar Tidak Mudah Rusak Dan Hilang

Nah, bagaimana pun juga kebijakan pemerintah Thailand dan Indonesia tetap harus didukung, kan? Setidaknya kamu semua bisa berusaha meningkatkan kualitas lingkungan hidup di sekitar kita saat ini. Setuju?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru