Wajib Tahu, Nih! Fakta Dan Tips Menghadapi Turbulensi Pesawat

Bagi yang takut naik pesawat terbang, mengalami turbulensi pastinya menjadi pengalaman mengerikan yang tidak ingin dirasakan lagi. Tidak sedikit yang kemudian akhirnya kapok naik pesawat karena perasaan takut ditambah kegelisahan karena sensasi turbulensi tersebut. Namun sejatinya, turbulensi pesawat adalah hal yang lumrah dalam dunia penerbangan, lho! Bagi yang terbiasa naik pesawat, seperti pilot atau pramugari/a, turbulensi bisa dianalogikan seperti naik mobil di jalan tol, yang kemudian masuk ke zona jalan bergelombang. Asyiknya, ada cara dan tips asyik menghadapi turbulensi ini, lho!

Apa itu turbulensi pesawat?

Nah, karena “tak kenal maka tak sayang”, penting untuk mengetahui apa itu turbulensi dan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Turbulensi sendiri berarti perubahan kecepatan aliran udara yang menyebabkan goncangan pada tubuh pesawat, baik kecil maupun besar.

Penyebab utama turbulensi adalah awan, namun ada juga yang disebut CAT (Clear Air Turbulence) atau turbulensi udara cerah. Turbulensi udara cerah terjadi saat langit benar-benar bersih dan tidak berawan. Adapun turbulensi udara cerah lebih berbahaya karena awak kabin memiliki sedikit waktu untuk memeringatkan penumpang.

Yang meresahkan adalah perubahan iklim dan perubahan cuaca ekstrim yang terjadi di dunia saat ini juga ikut meningkatkan jumlah turbulensi selama penerbangan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa intensitas turbulensi bakal semakin sering terjadi di tahun 2050 dan setelahnya.

Ditegaskan sejumlah ahli aviasi, turbulensi hanya menyebabkan ketidaknyamanan pada penerbangan, tidak sampai merusak pesawat atau menyebabkan pesawat jatuh.

Tips dan cara menghadapi situasi turbulensi

Meski (biasanya) hanya berlangsung dalam hitungan detik, turbulensi memberikan perasaan panik dan kekhawatiran tersendiri, terutama bagi mereka yang baru pertama kali naik pesawat atau mengalami aviophobia. Namun tidak perlu khawatir, selalu ada jalan keluar dalam setiap masalah, termasuk dalam menghadapi masalah ini.

1. Mengenakan seatbelt alias sabuk pengaman

Jika memang tidak ada urusan yang harus membuat kamu meninggalkan kursi, penting sekali untuk tetap duduk dan mengenakan seatbelt, meski lampu tanda mengenakan sabuk pengaman telah dipadamkan. Ini menjadi langkah pertama untuk keselamatan di dalam pesawat, terutama saat terjadi turbulensi.

Selain itu, kamu juga harus seksama mendengarkan instruksi pilot dan pramugari/a, termasuk petunjuk yang diberikan. Hal ini harus dilakukan agar kamu bisa tetap aman.

2. Jangan panik!

Panik menjadikan otak lambat bereaksi, yang pada akhirnya bisa membahayakan diri. Penting sekali untuk tidak panik dan tetap waspada bila terjadi insiden ini.

Banyak cara untuk bisa mengatasi rasa panik, di antaranya bernafas dengan menggunakan sedotan, menulis dengan tangan yang tidak biasa digunakan untuk menulis, atau dengan terapi pikiran dengan cara bersandar, memejamkan mata, mengendalikan nafas dan menenangkan pikiran. Cari cara terbaik untuk kamu sendiri, ya!

3. Meletakkan barang di tempat yang semestinya

Di dalam kabin pesawat, seharusnya tidak ada barang yang memiliki potensi bahaya yang ada di depan kamu, seperti minuman panas dan lain sebagainya. Karena itulah, barang seperti tas dan yang lainnya bisa dimasukkan dalam kabin pesawat.

Hal ini perlu dilakukan agar ketika terjadi turbulensi, barang-barang tersebut tidak membahayakan orang lain dan semua orang bisa tetap terlindungi.

Baca juga: Tips Dan Cara Mengatasi Rasa Takut Naik Pesawat

Dengan tips dan cara menghadapi turbulensi di atas, setidaknya kamu sudah memiliki bekal informasi yang cukup untuk menghadapi kepanikan dan menenangkan diri. Berdoa, berserah diri pada Yang Kuasa dan percaya pada kemampuan pilot juga bisa menjadi cara yang efektif untuk menghadapi situasi tersebut. Jadi, selamat berpetualang, ya!


Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru