Menjadi Travel Influencer, Tips Dan Skill Ini Harus Kamu Kuasai!

Pernahkah kamu punya keinginan menjadi travel influencer? Ya, menjadi travel influencer menjadi salah satu profesi yang menarik sekarang ini. Bagaimana tidak, kamu bisa jalan-jalan ke berbagai destinasi di dalam dan luar negeri, membagikan tips dan panduan wisata, memberikan kontribusi sebisa mungkin untuk bisa membangkitkan perekonomian lokal atau kegiatan apapun yang menginspirasi orang sekitar kamu. Menarik, bukan?

Namun untuk bisa menjadi travel influencer yang mendapat perhatian publik, ada sejumlah skill yang harus dimiliki. Asyiknya, semua skill tersebut bisa dipelajari, lho! Dengan pandemi Covid-19 membatasi gerak hampir semua orang, momen ini bisa menjadi kesempatan kamu mengasah kemampuan dan memperbanyak skill untuk menjadi travel influencer yang berkualitas.

Ingin tahu skill apa saja yang dibutuhkan untuk bisa menjadi travel influencer yang berkualitas, lihat tips yang ada di bawah ini:

1. Memperdalam kemampuan bahasa

Kamu setidaknya harus bisa menguasai dua bahasa sebagai bekal keluar negeri, bahasa lokal dan bahasa Inggris. Namun saat ini akan lebih membantu jika kamu menguasai lebih dari dua bahasa tersebut. Bahasa Mandarin, Spanyol dan Jerman bisa menjadi bahasa yang kamu pelajari selama periode pandemi ini.

Di mana harus belajar? Saat ini banyak tempat untuk belajar bahasa, dari portal online seperti Mango atau aplikasi seperti Duolingo. Masih banyak aplikasi lain yang bisa dipilih untuk kamu mengasah kemampuan berbahasa asing.

Baca juga: Aplikasi Belajar Bahasa Untuk Persiapan Liburan Ke Luar Negeri

2. Meningkatkan kualitas pengambilan gambar

Baik video atau photo, keduanya menjadi hal yang krusial dalam dunia wisata. Karenanya, sebagai travel influencer, menguasai kemampuan mengambil video atau photo tentunya menjadi skill yang sangat membantu untuk dikuasai.

Untuk memperdalam kemampuan kamu dalam mengambil gambar, baik yang bergerak atau tidak, ada banyak tempat untuk melakukannya, berbayar atau gratisan, daring ataupun luring. Kamu tinggal meluangkan waktu dan membulatkan komitmen untuk belajar dan belajar.

3. Perhatikan siapa yang akan menjadi kompetitor

Tidak semuanya dari kompetitor itu buruk. Malahan, kamu bisa mengambil banyak hal dari pesaing, baik itu ide dasar, skill hingga inspirasi lainnya. Kamu juga bisa melihat dari kompetitor dan memelajari apa yang sukses dan apa yang tidak perlu dilakukan.

Untuk itu, penting sekali kamu memiliki kemampuan menganalisa situasi dan memonitor media sosial. Banyak pelatihan gratis yang bisa kamu dapatkan di Udemy terkait media sosial dan analisa kompetitor.

4. Tingkatkan kualitas penyampaian

menjadi travel influencer

Travel influencer tidak akan menarik perhatian publik jika tidak memiliki kualitas yang bagus dalam penyampaian, baik secara verbal, tulisan atau melalui gambar. Karena itulah penting sekali memiliki skill khusus untuk menyampaikan pesan yang kamu sampaikan.

Jika ingin menyampaikan pesan melalui tulisan, penting sekali merangkai kata dengan sangkil dan mangkus untuk mengekspresikan perasaan kamu. Pun demikian bagi kamu yang ingin menyampaikan pesan melalui gambar bergerak atau gambar diam. Pada akhirnya, teknik mengemas pesan akan menjadi skill yang menentukan apakah kamu bisa menjadi travel influencer yang berkualitas atau tidak.

5. Pelajari cara berhubungan dengan follower

Sebagai travel influencer, penting sekali buat kamu untuk bisa menjaga hubungan baik dengan follower. Siapa tahu dari follower yang ada bisa memberikan masukan untuk meningkatkan kualitas konten yang akan kamu buat.

Untuk itu, kamu bisa belajar banyak hal untuk bisa menjaga hubungan dengan follower, dari strategi media sosial hingga penggunaan alat kampanye yang tepat. Percaya deh, dengan semua itu, dijamin follower kamu bertambah dan konten kamu bisa sangat variatif.

Baca juga: Travel Influencer Indonesia Yang Keren Dan Menginspirasi

Banyak yang harus dipelajari? Tidak juga. Bisa jadi kamu sudah menguasai sejumlah kemampuan dan skill di atas dan hanya meningkatkan beberapa hal saja. Jadi tunggu apa lagi, ayo terus belajar untuk menjadi travel influencer yang baik!

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru