Tukar Uang Baru Di Bank, Ini Tips Dan Panduan Yang Wajib Kamu Tahu!

Mempersiapkan uang kecil, sedang atau besar untuk dibagi-bagikan ke saudara saat lebaran menjadi tradisi tersendiri di Indonesia. Alhasil, bank pun membuka layanan penukaran uang kepada nasabahnya. Tapi, tahukah kamu ada cara dan ketentuan khusus perihal tukar uang baru di bank?

Meski terlihat simpel, namun ada ketentuan dan persyaratan menukarkan uang di bank. Bahkan ada beberapa tahapan yang harus dilalui agar nasabah bisa mendapatkan uang yang sesuai dengan permintaan. TripZilla Indonesia mengumpulkan sejumlah informasi terkait cara tukar uang baru di bank dari berbagai sumber. Simak informasinya di bawah ini.

Terkait uang yang bisa ditukarkan

Masyarakat umum bisa menukarkan uang yang dimiliki ke pecahan yang diinginkan, dengan catatan bank atau kas keliling yang dikunjungi memiliki ketersediaan pecahan yang diinginkan. Selain itu, jumlah uang rupiah yang ditukarkan harus disesuaikan dengan alokasi ketersediaan pecahan yang diinginkan di bank atau kas keliling.

Terkait alokasi jumlah uang rupiah yang bisa ditukar, kas keliling maupun bank memiliki aturan, yaitu:

  1. untuk uang logam, penukaran uang bisa dilakukan sebanyak 250 keping setiap pecahan.
  2. untuk uang kertas, penukaran uang dilakukan setiap 100 lembar di setiap pecahan.

Syarat dan ketentuan tukar uang baru di bank atau kas keliling

Ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh masyarakat dan nasabah untuk bisa menukar uang baru. Salah satu yang harus diperhatikan adalah kesesuaian tanggal, lokasi dan waktu penukaran uang di bukti pemesanan. Penukar harus bisa menunjukkan bukti pemesanan, sekaligus membawa uang dalam jumlah nominal yang tepat sesuai dengan pemesanan.

Penting untuk dipahami oleh nasabah atau masyarakat, bahwa uang yang akan ditukarkan harus diatur sedemikian rupa. Pengaturan disesuaikan dengan jenis pecahan dan kelayakannya. Uang yang akan ditukar juga tidak diselotip atau disteples.

Cara tukar uang baru di bank atau kas keliling

Untuk bisa melakukan penukaran uang baru di bani ataupun kas keliling, ada tahapan yang harus diikuti. Yang pertama adalah kamu harus membuka aplikasi atau laman PINTAR di situs resmi Bank Indonesia. Klik di sini untuk memudahkan kamu masuk ke aplikasi ini.

Setelahnya, kamu bisa memilih provinsi di mana kamu berada, memilih lokasi dari daftar yang sudah tersedia dan juga tanggal yang sesuai untuk rencana penukaran. Nasabah dan masyarakat juga harus mengisi data pemesanan, seperti NIK, nama, nomor telepon dan email.

Setelah semua diisi, kamu bisa mengisi jumlah uang yang akan ditukarkan. Klik semua yang harus diklik untuk mendapatkan bukti pemesanan. Bukti pemesanan sendiri berisi informasi data yang sudah diisi sebelumnya, seperti kode pemesanan, nama, lokasi dan jadwal penukaran serta jumlah uang. Bukti pemesanan dapat diunduh langsung setelah selesai melakukan pemesanan, atau dengan mengecek email yang sudah didaftarkan.

Hal penting yang harus diperhatikan untuk penukaran uang

Hal-hal di bawah ini penting sekali mendapatkan perhatian bagi nasabah dan masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang. Salah satunya adalah dengan wajib hadir pada lokasi dan waktu yang sudah dipilih dan tertera di bukti pemesanan. Bukti pemesanan juga harus dibawa dan diserahkan kala melakukan penukaran.

Bagi yang tidak bisa hadir karena alasan khusus, penukaran bisa diwakilkan ke orang lain. Namun, perwakilan wajib membawa KTP asli nasabah atau masyarakat yang namanya tertera di bukti pemesanan. Pastikan juga uang yang dibawa jumlahnya sesuai dengan pemesanan dan sudah dikelompokkan.

Baca juga: Sewa Mobil Jakarta, Keuntungan, Tips dan Agen Rental Yang Harus Kamu Tahu

Nah, sudah tahu cara tukar uang baru di bank atau kas keliling bukan? Tunggu apa lagi, daftar sekarang juga sebelum bank atau kas keliling mengakhiri masa layanannya jelang lebaran!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru