Ubah Aturan Visa, Turis Indonesia Bisa Liburan Ke Thailand Hingga 45 Hari

Pemerintah Thailand terus membuat terobosan untuk bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke wilayahnya di tahun ini. Salah satu cara terbaru yang dilakukan adalah dengan mengubah durasi tinggal pemegang visa kunjungan, dari yang sebelumnya 30 hari menjadi 45 hari. Aturan visa ini juga berlaku untuk turis Indonesia yang ingin liburan ke Thailand.

Negeri Gajah Putih memang cukup terpukul dengan periode pandemi Covid-19, yang bergulir sejak awal tahun 2020 lalu. Kondisi pariwisatanya bisa dikatakan mati suri, yang memaksa pemerintah Thailand berpikir keras untuk memulihkannya. Beberapa langkah terobosan pun diambil, termasuk yang segera diluncurkan ini, memperpanjang periode tinggal untuk visa turis.

Kementerian Pariwisata dan Olahraga Thailand mengungkapkan rencana untuk merevitalisasi industri pariwisata dengan situasi pandemi Covid-19 sudah mulai terkendali, yaitu dengan memperpanjang masa tinggal turis di wilayah mereka. Pusat Aministrasi Penanganan Covid-19 Thailand (CCSA) juga sudah menyetujui rencana tersebut, yang rencana itu akan dijalankan secara terbatas mulai 1 Oktober 2022 hingga 31 Maret 2023.

Warga negara dari 18 negara yang bisa masuk ke Thailand dengan mengggunakan visa-on-arrival akan diizinkan memperpanjang masa tinggalnya dari 15 hari menjadi 30 hari, sementara 50 negara yang mendapatkan fasilitas tinggal 30 hari di Thailand, diizinkan untuk bertahan hingga 45 hari. Daftar negaranya bisa dilihat di sini, ya!

Dijelaskan jurubicara CCSA Dr Taweesin Visanuyothin, pihaknya sudah menghubungi Kementerian Dalam Negeri dan Luar Negeri, Biro Imigrasi dan pihak-pihak lain yang terkait dengan kebijakan ini untuk menyesuaikan prosedur yang ada. Rencana untuk memperpanjang masa tinggal turis yang memiliki visa sejatinya baru akan diberlakukan di akhir tahun, sebelum kemudian diputuskan untuk dipercepat pemberlakuannya.

Diberlakukannya aturan baru tersebut juga bersamaan dengan kebijakan pemerintah Thailand untuk menganggap Covid-19 sebagai flu biasa atau endemi. Namun demikian, pemerintah Thailand masih belum mengeluarkan kebijakan untuk kembali ke era normal karena aturan terkait penggunaan masker, jaga jarak dan protokol kesehatan lainnya masih akan dijalankan.

Dengan perpanjangan durasi tinggal bagi turis yang memiliki visa, diharapkan backpacker dan traveler internasional bisa memperpanjang masa tinggal dan juga ikut membantu menggiatkan perekonomian lokal.

Baca juga: Tips Belanja Murah Di Thailand Untuk Wisata Belanja Dengan Dana Terbatas

Jadi, mau jalan-jalan dalam waktu dekat, atau menunggu hingga aturan visa liburan ke Thailand yang baru ini diberlakukan?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru