Dari Sumber Mata Air Panas Hingga Naik Kereta Luncur: Daftar Aktivitas Wisata Musim Dingin Di Austria & Di Mana Bisa Menemukannya

Artikel mengenai Aktivitas Wisata Musim Dingin Di Austria ini diterjemahkan dari versi Bahasa Inggris ini. Read here for the English version.

Setelah “terperangkap” di rumah saja selama lebih dari setahun, segala sesuatunya mulai kembali normal untuk menyambut musim dingin. Apa lagi cara terbaik untuk merayakannya selain menikmati langsung musim dingin di tempat penuh keajaiban? Kamu layak menikmati momentum musim dingin yang sama sekali tak berhubungan dengan kedinginan dan sore yang dingin tanpa teman. Jika memang ada satu tempat untuk membuat itinerary wisata musim dingin kamu menjadi lebih hangat dan menarik, maka kamu bisa menemukannya di Austria, negara di mana kamu bisa melakukan olahraga ski, berendam ke sumber air panas, membangun rumah igloo, naik ke kereta luncur dan masih banyak lagi lainnya. Setiap wilayah dan kota memiliki hal yang menarik untuk ditawarkan dan kini kami akan memberikan satu gambaran betapa  menariknya wisata musim dingin di Austria!

1. Menjelajah Pasar Natal yang semarak di Austria

Tidak ada yang membawa semangat liburan seperti pasar Natal yang meriah dan penuh nostalgia, seperti di  Austria. Di Vienna, Viennese Dream Christmas Market berada tepat di depan Balai Kota dengan pohon Natal besar di tengahnya. Setelah matahari tenggelam, jendela-jendela Balai Kota bersinar dengan lampu, yang menjadikannya sebagai latar belakang yang tepat untuk selfie kamu. Minumlah anggur saat aroma pastri yang sedap memenuhi udara. Jangan tinggalkan si kecil karena ada area di mana anak-anak bisa belajar bagaimana membuat kue dan lilin Natal!

wisata musim dingin austria
Image credit: OEW, Harald-Eisenberger

Christmas Village di Belvedere Palace juga mengesankan di sore hari karena arsitekturnya yang bergaya barok pas banget untuk jalan-jalan romantis berkeliling pasar. Kamu akan menemukan banyak kerajinan tangan buatan warga lokal yang mengesankan, dekorasi natal dan kuliner yang terlihat mengesankan di sekitar 40 stan di pasar tersebut.

Image credit: OEW, Bryan Reinhart

Sekarang, mari kita pergi ke Salzburg, di mana Christmas Market di pusat kotanya tercatat sudah ada sejak abad 15. Lokasi pasar penuh sejarah ini berdekatan dengan Salzburg Cathedral. Karena alasan tersebut, pasar ini menjadi tempat yang paling tepat untuk yang mencari paduan suara yang menyanyikan lagu-lagu Natal, dan bagi mereka yang ingin melihat pameran di halaman Residenz. Kamu akan mendapatkan pengalaman musikal, tapi itulah yang bisa kamu harapkan dari Kotanya Mozart ini.

Image credit: Innsbruck Tourismus, Christof Lackner

Old Town Christmas Markets di Innsbruck juga tak ketinggalan untuk menawarkan pengalaman yang penuh keajaiban, karena ada banyak stan penuh warna yang didirikan di antara gedung-gedung dari abad pertengahan dan Golden Roof. Setiap tahun, Old Town Christmas Markets menjual kerajinan tangan, barang-barang dari wol dan cinderamata buat warga lokal atau wisatawan yang ingin ambil bagian dalam perayaan kemeriahan kota. Yang paling menarik di bulan Desember adalah Kiebachgasse, jalanan yang berubah menjadi jalur cerita dongeng, dengan kemunculan karakter-karakter dari cerita rakyat terkenal di jendela-jendela dan di atas pelana.

Ingin tahu lebih banyak mengenai Pasar Natal Austria yang meriah ini? Keajaibannya bisa dilihat di sini.

Baca juga: Bukan Eurotrip Biasa: Jadikan Innsbruck, Austria Getaway Liburan Fotogenik Terbaik Kamu

2. Mencoba kolam air panas untuk membuat musim dingin kamu di Austria semakin mengesankan

Image credit: Zell am See Kaprun

Musim dingin di Austria tidak hanya mengenai salju, tapi juga tak bisa dilepaskan dari kesehatan dan relaksasi. Jika kamu merasa udara sudah terlalu dingin untuk bisa ditahan, langsung saja berendam di kolam air panas kelas dunia yang dimiliki Austria. Kolam air panas ini akan menenangkan tubuh dan pikiran, dengan udara segar pegunungan Alpen dan pemandangan pegunungan akan menyegarkan kembali jiwa kamu.

Tirol

wisata musim dingin austria
Image credit: Aqua Dome

Kunjungi kolam air panas di Tirol, negara bagian dengan kekayaan sejarah terkait spa, di mana terapi yang menenangkan bertemu dengan lanskap yang luar biasa menakjubkan. Adalah kolam air panas Aqua Dome yang akan membawa kamu ke abad 16, dan sekarang menjadi spa air panas terluar di negara bagian ini.

Kamu tak akan bisa melewatkannya, sebab fasilitasnya berada di pegunungan Alpen dan terkenal karena bentuk bangunan yang seperti piring terbang raksasa. Tiga kolam mereka akan mengundang siapa pun untuk berendam di dalamnya memiliki unsur yang bisa menyembuhkan, seperti garam, sulfur dan memiliki fitur memijat. Setelah bersantai di kolam air panas, lanjutkan dengan mengendurkan otot-otot kamu di desa spa yang dilengkapi dengan loft sauna, canyon sauna dan gua es yang dingin di antara fitur yang ada lainnya yang tersedia selama musim dingin di Austria.

Styria

Image credit: Rogner Bad Blumau

Kolam air panas di negara bagian Styria sama kerennya dalam hal mereka memaksimalkan aset alam yang ada di wilayah mereka. Air panas, bahan-bahan herbal, gambut dan garam, semuanya menyatu menjadi ramuan organik di kolam air panas, ditambah dengan pijatan dengan minyak wangi, pengalaman ini akan membuat kamu melupakan semua kekhawatiran yang ada. Jika kamu ingin yang lebih lagi, kunjungi Healing Thermal Baths Bad Waltersdorf, di mana kamu bisa menemukan kehangatan, tidak hanya di kolam air panasnya, tapi juga api unggun terbuka dan oasis relaksasi.

Di sisi lain, pemandian air panas Rogner Bad Blumau menampilkan desain eksentrik dari arsitek terkenal Hundertwasse, plus, arsitekturnya yang penuh warna menyelimuti seluruh fasilitas, mulai dari kolom yang impresif hingga taman-taman rooftop. Selain arsitektur yang penuh kreatifitas ini, dua kolam air panas, Melchior dan Vulkania, harus masuk dalam daftar pengalaman yang tak boleh dilewatkan. Jangan lupa untuk memanjakan diri dengan perawatan eksotik, seperti meditasi suara sebelum kamu pergi.

3. Ski, mendaki gunung di musim dingin, dan melakukan snowshoeing di destinasi untuk keluarga

The Arlberg

wisata musim dingin austria
Image credit: Lech Zürs Tourismus, Josef Mallaun

Tahukah kamu bahwa Austria merupakan destinasi ski terbesar kelima di dunia? Tempat yang luar biasa ini dinamai wilayah Arlberg, dikenal karena memiliki lereng sepanjang 190 mil dan 125 mil jalur luncuran salju yang dalam. Di atas itu semua, Arlberg juga memiliki desa wisata ski, yang juga merupakan destinasi ski terbesar di Austria. Kamu tidak perlu bertanya apa yang bisa dilakukan di tempat penuh impian musim dingin ini, karena segala macam bentuk aktivitas musim dingin tersedia, mulai dari berski dan meluncur dengan papan luncur hingga naik gunung musim dingin dan juga ski es. Dan tak ada tempat yang lebih baik untuk melakukannya selain di Lech Zurs am Arlberg.

Image credit: OEW, thecreatingclick.com

Lech Zurs juga mempromosikan kesehatan dan wilayah dengan ketinggian yang menyenangkan untuk aktivitas musim dingin bersama dengan keluarga. Ini semua tak bisa dilepaskan dari udara yang sejuk dan pemandangan pegunungan yang sangat menarik untuk diabadikan dalam foto. Para pemain ski bisa menikmati pemandangan berbeda sambil berski, naik lift dan kemudian memesan makanan hangat seperti Kaesespaetzle dan Apfelstrudel di pondok ski yang terbuat dari kayu.

Tak tertarik dengan ski? Kamu bisa mempertimbangkan melakukan penjelajahan dengan mengikuti jalur pendakian. Lanskap musim dingin Lech Zurs bisa membawa kamu menembus hutan bersalju yang mengesankan dan sungai Lech yang membeku sebagian. Jalur pendakian ini dirawat sedemikian rupa, terutama dengan jalur yang memiliki jaringan seluas 40 km yang dipenuhi dengan petunjuk, dengan teras yang nyaman dan penginapan bernuansa pedesaan. Jika kamu ingin melihat gambaran seperti apa Lech Zurs di setiap musim, kamu bisa melakukan perjalanan visual di sini.

Baca juga: Desa-desa dengan Pegunungan yang Menakjubkan Ini adalah Surga bagi Semua Wisatawan – Jelajahi Wilayah Arlberg Austria!

Dachstein-Salzkammergut

wisata musim dingin austria
Image credit: Österreich Werbung Popp Hackner

Wilayah Dachstein-Salzkammergut adalah destinasi wisata musim dingin yang bakal membuka pandangan kamu. Bayangkan kilauan kristal es, perbukitan yang diselimuti salju, pegunungan dan hutan pinus hanya sebagian kecil dari pemandangan menakjubkan yang bisa ditemukan di sini. Tapi jika kamu ingin dibuat kagum, pergilah menuju desa Hallstatt. Kota ikonik di Austria ini dikenal sebagai lokasi Hallstatt Lake yang membelakangi gunung. Apapun musimnya, pemandangan rumah abad pertengahan yang mencolok dengan danau biru yang dingin menciptakan pemandangan bak di negeri dongeng, yang tak akan bisa kamu temukan di seluruh penjuru Eropa lainnya.

Di musim dingin, lihat langsung lanskap dari ketinggian Hallstatt di Skywalk. Kamu bisa sampai di sini dengan menggunakan kereta kabel Salzberg (gunung garam), yang kala menaikinya, sudah menjadi pengalaman tersendiri dengan pemandangan yang bisa kamu nikmati selama perjalanan. Setibanya di puncak setelah perjalanan singkat, kamu akan disuguhi dek melihat pemandangan dan pemandangan panoramik dari sisi utara Danau Hallstatt. Pemandangan yang ditawarkan sangat mencuri perhatian, tapi jangan lupa untuk mengambil gambar sebagai kenang-kenangan!

Ingin melakukan perjalanan berkeliling wilayah danau Salzkammergut? Lihat yang bisa ditawarkan di sini.

Baca juga: Dachstein Salzkammergut: Aktivitas-aktivitas Favorit untuk Liburan Immersive Austria

Image credit: Andreas Roebl

Jika tertarik dengan aktivitas wisata musim dingin yang penuh dengan petualangan, kamu selalu bisa melakukan penjelajahan dengan sepatu salju. Menjelajah dengan sepatu salju dianggap sebagai sarana transportasi yang sunyi melalui salju, dan pegunungan Dachstein menjadi lokasi yang sempurna untuk melakukannya. Jalur penjelajahan sepatu salju akan membawa kamu menuju ke menara untuk melihat pemandangan Welterbespirale, 5fingers dan Dachstein Shark, yang semuanya menawarkan pemandangan musim dingin yang mengesankan.

Untuk memberikan sedikit tambahan informasi mengenai olahraga ini, aktivitas ini tak ubahnya seperti berjalan dengan menggunakan alat khusus. Selain itu, alat yang disewakan dibuat dengan teknologi mutakhir, seperti ikatan dan crampon yang bisa dipindahkan. Selain menyenangkan, ini menjadi cara yang tidak biasa menikmati wisata musim dingin di Austria!

4. Mengendarai toboggan menuruni bukit untuk waktu yang menyenangkan 

Image credit: OEW, Peter-Burgstaller

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita membahas sesuatu terlebih dahulu. Apa itu tobogganing? Gampang banget. Tobogganing adalah olahraga rekreasi dengan meluncur menuruni bukit dengan menggunakan kereta luncur yang dinamai toboggan. Kedengarannya menyenangkan, bukan? Lanjut!

Kamu pastinya sudah bisa menebak sekarang bahwa Austria menjadi destinasi terbaik untuk wisata musim dingin. Salah satu alasannya adalah Wildkogel Arena, yang memiliki jalur toboggan paling panjang di dunia. Dibangun di Neukirchen Bramberg, Salzburg, arena ini memiliki jalur bersalju sepanjang 14 kilometer menurun 1,300 meter dari Wildkogel ke Bramberg.

wisata musim dingin austria
Image credit: Innsbruck Tourismus, Anton Klocker

Jika kamu bukan termasuk orang yang gesit, kamu bisa mengendarai toboggan mengikuti jalur yang ada selama 30 hingga 50 menit. Asyiknya lagi, Wildkogel secara resmi diklaim sebagai jalur paling panjang yang diterangi di dunia karena arena ini terbuka hingga 9:30 malam. Bukankah pengalaman paling menyala seperti ini harus kamu masukkan dalam daftar aktivitas wisata musim dingin di Austria?

Image credit: Neukirchen-Bramberg

Destinasi lain yang juga terkenal karena aktivitas tobogganning adalah desa dengan pemandangan yang indah Pettneu di Tirol, yang memiliki jalur toboggan sepanjang dua kilometer, dan resort ski St. Anton di wilayah Arlberg, yang memiliki jalur toboggan sepanjang empat kilometer. Percaya deh, pengalaman ini setimpal untuk didapatkan, tak peduli kapan harus melakukannya!

5. Naik kereta salju dan mendapat teman baru

Image credit: Photo-Austria.at

Akui deh, naik kereta salju, baik itu yang ditarik kuda atau anjing, sudah menjadi mimpi masa kecil kamu, kan? Kamu kini bisa mewujudkannya kala menjalani wisata musim dingin di Austria dengan menuju ke sejumlah destinasi seperti Styria, Tirol, SalzburgerLand dan Carintha.

Jadi, seperti apa rasanya naik kereta salju yang ditarik kuda? Well, kesannya cukup romantis, lho, dan kami sangat menyarankan aktivitas ini dilakukan oleh pasangan. Dengan kusir melakukan tugasnya mengendarai kuda, kamu bisa duduk dan berpelukan di kursi belakang di balik selimut tebal bersama dengan kesayangan atau keluarga kamu, melalui hutan pinus, di mana sinar matahari menyusup di antara ranting pepohonan yang tertutup salju, yang pastinya menjadi momen yang menenangkan dan indah untuk ditangkap kamera.

Saat menikmati pemandangan pedesaan Austria, kamu juga bisa duduk di sebelah kusir. Tak hanya mengendarai kuda, kusir juga bertugas sebagai tukang cerita, dan mereka akan memanjakan penumpang dengan pelajaran sejarah mengenai wilayah yang dijelajahi, dan tentu saja, bercerita mengenai kuda-kuda yang mereka rawat!

wisata musim dingin austria
Image credit: Peter Maier

Bagi pecinta anjing, apakah kamu senang dengan suara ketika ditarik sekelompok anjing huskies melewati kawasan bersalju? Bagi kamu, kedengarannya seperti surga dan sangat menyenangkan. Untuk memulai petualangan musim dingin di Austria ini, kamu bisa menuju ke beberapa lokasi seperti Sledge Dog Camp dan Race di Tirol, di mana kamu akan mengikuti pelatihan anjing penarik kereta, yang memberikan pengetahuan untuk dewasa dan anak-anak. Tidak hanya diajari untuk bisa memulai naik dengan husky kamu sendiri dan mengenal anjing-anjing yang ada, kamu juga bisa menikmati pengalaman berada di api unggun bersama mereka saat malam hari.

Di sisi lain, peternakan husky di Lower Austria seperti peternakan husky Altnagelberg akan menunjukkan bagaimana anjing-anjing ini dilatih dan dipelihara. Di Gailtal Valley, Carintha, kamu bahkan bisa memesan pesta ulang tahun untuk anak-anak dengan ditemani anjing huskies, atau mengikuti pelatihan husky dan musher. Beneran deh, apa lagi yang bisa diminta pecinta anjing?

Mereka yang memelihara anjing husky Austria juga memiliki sejumlah cerita untuk dibagikan mengenai anjing-anjing mereka, lho. Baca salah satunya di sini!

6. Belajar bagaimana membuat igloo untuk pertama kalinya dalam hidup kamu

Image credit: B. Linder

Di musim dingin, semua orang sepertinya hanya ingin membuat manusia salju. Tapi, mengapa tidak mengambil level yang lebih tinggi dan membangun igloo? Aktivitas ini pastinya akan menyenangkan bagi para orang tua dan anak-anak.

Pelatihan membangun igloo ada di Toroler Zugspitz Arena, Tirol, di mana kamu bisa menyaksikan langsung bagaimana interior igloo bisa mempertahankan suhu udara yang hangat, bahkan di hari yang dingin. Di tengah furnitur berlapis bulu yang nyaman, pakaian dan kantung tidur kamu akan tetap kering sepanjang waktu. Dan juga, kamu juga bisa bermalam di desa igloo, lho!

wisata musim dingin austria
Image credit: Tirol Werbung

Saat berada di Tirol, kamu bisa melihat langsung desa iglo pertama di Austria, Schneedorf, di mana kamu bisa memesan paket aktivitas musim dingin seperti berjalan dengan membawa obor, naik kereta salju, pendakian dengan menggunakan sepatu salju, perjalan ke Aqua Dome Spa dan tentu saja mengikuti pelatihan membangun igloo. Bisa dikatakan bahwa Tirol adalah destinasi yang tepat untuk wisata musim dingin di Austria yang lengkap. Tapi, jangan sampai hal tersebut membuat kamu enggan menjelajah destinasi wisata musim dingin Austria lainnya.

Untuk bisa mengetahui lebih banyak aktivitas olahraga musim dingin di Austria, klik di sini.

Seperti yang kamu lihat, musim dingin di Austria memiliki banyak kehangatan, dalam hal semua aktivitas wisata musim dingin menyediakan pengalaman untuk semakin mempererat hubungan untuk kamu dan mereka yang kamu cintai. Ingin mendapatkan pengalaman dengan semangat Natal? Pergi saja ke Pasar Natal. Jika musim itu terlalu dingin buat keluarga kamu? Pergi saja ke kolam air panas Austria. Mencari aktivitas memompa adrenalin? Kamu bisa berseluncur dengan teman berbulu kamu?

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Kami Selalu Menantikan Liburan Ke Austria Dan Mengapa Kamu Juga Harus Melakukannya

Apapun yang kamu inginkan di dunia penuh mimpi saat musim dingin ada di Austria. Dan, coba tebak? Austria siap menyambut kamu dengan tangan terbuka sekali lagi!

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi situs dan Facebook resmi Austrian National Tourist Office.


Dipersembahkan oleh Austrian National Tourist Office (ANTO)

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru