12 Aktivitas Wisata Yang Bisa Dilakukan Di Kepulauan Anambas

Kepulauan Anambas adalah sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Kepulauan Riau. Sebagai salah satu area terluar di Republik Indonesia, Kepulauan Anambas memang memiliki akses yang relatif terbatas. Lokasinya yang berada di tengah laut membuat Kepulauan Anambas hanya bisa diakses lewat kapal laut atau pesawat udara, yang berarti juga tidak mudah untuk dijadikan destinasi wisata.

Susahnya akses menuju ke Kepulauan Anambas membuat banyak keindahan tempat ini jarang terekspos  Ada banyak pulau-pulau eksotis dan pantai menawan yang bisa kamu jelajahi di Kepulauan Anambas. Yang pasti, kamu harus menyiapkan itinerary perjalanan dengan teliti karena berpindah dari satu tempat ke tempat lain tidak akan mudah. Berikut adalah beberapa aktivitas wisata yang wajib kamu lakukan saat mengunjungi Kepulauan Anambas.

1. Island hopping di gugusan kepulauan indah Penjalin

Image credit: @missscubaindo

Pulau Penjalin adalah sebuah kepulauan kecil di Anambas. Akses ke Penjalin bisa melalui Tarempa, ibu kota kabupaten. Tidak ada transportasi umum reguler untuk menuju ke sini, jadi kamu wajib menyewa speed boat atau perahu pompong dari Tarempa. Tapi jangan khawatir, karena Penjalin memang sebuah tempat yang layak untuk diperjuangkan.

Image credit: @dedysaputra90

Ada gugusan pulau-pulau tropis kecil khas dengan pantai berpasir putih. Selain bisa menjelajah keindahan dari satu pulau ke pulau lain, kamu juga bisa melakukan banyak aktivitas seru. Snorkeling, berenang di perairan dangkal yang tenang, atau sekadar bersantai di damainya pulau yang belum tersentuh oleh pembangunan manusia. Kamu bisa saja jadi malas pulang karena tak ingin berpisah dengan keindahan Penjalin.

2. Menginap di resort kelas dunia Pulau Bawah

Image credit: @bawahreserve

Pulau Bawah lebih terkenal karena adanya Bawah Reserve, resort super mewah yang menyasar wisatawan kelas atas, kebanyakan dari luar negeri. Bawah Reserve akan membuat kamu teringat pada Bora Bora, resort yang berdiri di atas laut berwarna toska, dengan pulau kecil yang dipenuhi tumbuhan alami. Tak perlu diragukan lagi, tempat ini memang sebuah destinasi staycation yang memesona.

Image credit: @bawahreserve

Namun kamu tidak bisa sembarangan datang ke sini. Untuk menginap di resort ini, kamu harus melakukan reservasi dengan verifikasi data lebih dulu. Pengunjung resort biasanya akan dijemput di Bandara Hang Nadim, Batam. Kamu juga bisa mengakses Pulau Bawah dari Tarempa dengan speedboat, tapi kamu akan butuh waktu sekitar empat hingga lima jam. Yang unik, waktu di Pulau Bawah tidak mengikuti Waktu Indonesia Barat, tetapi satu setengah jam lebih cepat.

3. Menikmati sunset di Pantai Arung Hijau

Image credit: @anggoro1994

Pantai Arung Hijau sebenarnya bukan pantai paling indah di Anambas. Pantai ini tidak memiliki pasir putih, tetapi lebih banyak dipenuhi batu-batu karang. Perairannya relatif tenang, sehingga membuat Arung Hijau menjadi tempat berenang yang menyenangkan. Lokasinya juga lumayan bagus karena cukup dekat dengan Tarempa.

Image credit: @fandy_electra

Keindahan utama pulau ini datang bersama senja. Pemandangan matahari tenggelam di sini sangat memukau. Kamu bisa melihat gradasi warna yang indah di ufuk barat, sembari mengagumi sinar keemasan dari matahari yang pulang ke peraduan. Konon, ini adalah spot terbaik untuk menikmati sunset di Anambas.

4. Mengunjungi pulau putih di tengah laut, Pasir Busung

Image credit: @budyoke

Jika di padang pasir kamu bisa menemukan oasis, di tengah lautan Anambas kamu bisa menemukan Pasir Busung. Terletak dekat dengan Pulau Penjalin, Pasir Busung adalah sebuah pulau kecil yang seakan timbul begitu saja dari dalam laut. Rupa pulau ini hanya sebatas tumpukan pasir putih saja, tapi justru itu yang membuatnya semakin eksotis.

Image credit: @budyoke

Tentu saja kamu butuh menyewa speed boat untuk bisa sampai ke Pasir Busung karena lokasinya yang memang terpencil. Namun letak tempat wisata di Anambas ini tidak terlalu jauh dari Penjalin, sehingga kamu bisa ke sana dengan relatif cepat. Pulau yang luasnya hanya beberapa meter persegi ini super instagenic, apalagi kalau kamu mengabadikannya dengan drone. Mau berenang santai di perairan dangkal juga bisa.

5. Mengagumi kemegahan tujuh tingkat Air Terjun Temburun

Image credit: @asepsaifullohdamar

Anambas bukan cuma deretan pulau-pulau indah nan eksotis. Kabupaten ini juga memiliki sebuah air terjun megah nan unik; Air Terjun Temburun. Terletak di Tarempa Timur, kamu bisa mencapai tempat ini dengan perjalanan darat selama satu jam. Kalau kamu memilih naik perahu pompong, waktu tempuh yang dibutuhkan hanya setengah jam.

Image credit: @kyolah

Keistimewaan utama destinasi wisata di Anambas ini adalah alirannya yang memiliki tujuh tingkatan. Setiap tingkat seperti mengubah arah aliran air sehingga membuatnya seolah berkelok-kelok di atas bukit batu. Dari puncak air terjun, kamu juga bisa menyaksikan pemandangan teluk dan laut yang indah. Jangan lupa bawa kamera ke sini karena air terjun in memang sangat fotogenik!

6. Trekking menuju puncak tertinggi Anambas di Pulau Telaga

Image credit: @karunjw

Pulau unik lain di Anambas adalah Pulau Telaga yang berada di barat daya Tarempa. Pulau Telaga sangat mudah dikenali di antara banyaknya pulau di Anambas karena memiliki gunung yang cukup tinggi, tertinggi di Kabupaten ini. Gunung bernama Kahwe ini terlihat menjulang di antara banyaknya pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Image credit: @asrialdilaputri

Kehidupan di Pulau Telaga sangat tenang. Pulau ini menjadi rumah dari dua desa dengan total penduduk kurang dari 1,000 jiwa. Kamu bisa melakukan penjelajahan di pulau ini, mencoba mendaki gunungnya jika menyukai tantangan seperti itu. Kondisi alam di pulau ini juga masih cukup terjaga, dengan beberapa spot indah, termasuk pantai pasir putih dan pemandangan matahari tenggelam yang indah.

7. Bermain di pantai memesona di Pulau Mengkian Panjang

Image credit: @wisata_anambas

Seperti halnya kebanyakan pulau kecil di Anambas, Mengkian Panjang juga menyimpan eksotisme tersendiri. Pulau ini memiliki pantai pasir putih nan panjang yang kondisinya masih sangat alami. Bisa dikatakan kalau Pulau Mengkian Panjang belum tersentuh pembangunan sehingga kondisi alamnya masih terjaga dengan baik.

Image credit: @lenz9an

Bermain di pantai tentu menjadi pilihan yang menyenangkan, tetapi perairan di sekitar Mengkian Panjang juga sangat menggoda. Dikelilingi banyak pulau kecil lainnya, perairan di sini terlindung dari ombak besar sehingga menjadikannya lokasi ideal untuk berenang, snorkeling, atau sekadar main air. Orang tua pun bisa membiarkan anak-anaknya bermain di perairan dangkal Mengkian Panjang dengan tenang.

8. Ikut ambil bagian dalam konservasi di Pulau Durai, rumah penyu sisik dan belimbing

Image credit: @safarmatak

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas telah menetapkan Pulau Durai sebagai Kawasan Konservasi Perairan. Pulau ini bersama dengan Pulau Pahat, Penjalin, dan Mangkai merupakan habitat alami tempat bertelurnya penyu belimbing dan penyu sisik. Durai bahkan sudah dikembangkan menjadi lokasi wisata konservasi penyu. Ratusan ribu tukik (anak penyu) sudah berhasil dilepas ke lautan dengan pengawasan dan usaha konservasi dalam beberapa tahun terakhir.

Image credit: @budichilman

Tapi Durai bukan cuma soal penyu. Keindahan bawah laut di pulau ini juga bakal membuat kamu jatuh hati. Perairannya yang jernih dan tenang menjadikan tempat ini pas banget sebagai lokasi renang, snorkeling, hingga menyelam. Di sini, kamu bisa berlibur dan wisata sambil membantu melestarikan keseimbangan alam Anambas.

9. Menikmati sekeping surga bernama Pulau Temawan

Image credit: @farinjupe

Lokasinya tidak terlalu jauh dari Tarempa, bisa dicapai dengan speed boat atau pompong hanya dalam setengah jam saja. Pulau Temawan adalah sebuah surga mungil yang dikelilingi oleh karang dangkal Pulau tak berpenghuni ini merupakan lokasi wisata yang ideal bagi mereka yang menginginkan ketenangan di tengah keindahan.

Image credit: @elviraputriayu

Temawan menyimpan banyak keindahan, baik dari atas pulaunya sendiri hingga ke dasar lautnya. Kamu bisa melakukan eksplorasi untuk menjelajahi pulau kecil ini dengan berjalan kaki saja. Kalau lagi ingin basah-basahan, kamu bisa nyebur ke perairan tenang di pantainya yang berpasir putih. Kemanapun kamu pergi, yang didapat pasti keindahan.

10. Menyambangi Pantai Kusik dengan pulau kecilnya

Image credit: @kiki_asiska05

Pantai Kusik merupakan destinasi paling populer di Pulau Jemaja, Kabupaten Anambas. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang cukup luas, pas untuk bermain-main bersama keluarga besar atau teman-teman. Selain itu, ada juga dermaga jetty yang cukup panjang. Jetty ini menjadi tempat ideal untuk berfoto karena kemanapun kamu hadapkan kamera, pemandangannya semua indah.

Image credit: @akbarguntara

Ada beberapa pulau kecil di sekitar tempat wisata di Kepulauan Anambas ini, salah satunya bahkan bisa dicapai dengan berjalan kaki ketika laut tengah surut. Kalau kamu ingin berenang, air di sini sangat segar dan jernih, jauh dari segala macam polusi. Kamu juga bisa menikmati kelapa muda segar yang dijual warga di sekitar pantai untuk melepas dahaga.

11. Mengasingkan diri di Piugus, Maldives-nya Anambas

Image credit: @travelioid

Pulau Piugus kerap disebut sebagai Maladewa-nya Anambas karena keindahan panoramanya. Sebuah pulau kecil yang didominasi tetumbuhan hijau, Piugus dikelilingi pantai berpasir putih serta perairan dangkal berwarna toska. Pulau ini bisa menjadi tempat ideal bagi kamu untuk melarikan diri dari bisingnya kota. Pulau ini punya semuanya, dari pantai indah, daratan yang hijau, serta pemandangan sunset menawan.

Image credit: Ester Vony

Yang istimewa, Piugus secara tidak resmi sudah ditetapkan sebagai pulau resort. Meski fasilitas resort di sini tidak semewah di Bawah Reserve, kamu sudah bisa mendapatkan semua kenyamanan penting. Harga sewa kamarnya pun jauh lebih ramah di kantong, dengan pemandangan yang tak kalah memukau. Resort ini juga bisa jadi tempat menginap ideal untuk menjelajahi Anambas.

12. Mengagumi keindahan bawah laut Selat Rangsang

Image credit: @lidya_26

Selat Rangsang adalah sebuah pantai berpasir putih yang dikelilingi banyak pulau berbukit. Karena dikepung oleh daratan, salah satu destinasi wisata keren di Kepulauan Anambas ini cenderung memiliki perairan yang tenang, dengan visibilitas tinggi. Berenang atau sekadar bersantai di Selat Rangsang akan menjadi pengalaman yang menenangkan dan dijamin bisa menghilangkan stres.

Image credit: @wisata_anambas

Tapi pesona sebenarnya dari tempat ini ada di dalam air. Selat Rangsang memiliki keindahan bawah air yang memukau. Tempat ini adalah lokasi menyelam yang luar biasa. Terumbu karangnya masih sangat sehat dengan visibilitas yang tinggi serta air yang tenang. Snorkeling pun bisa menjadi pilihan jika tidak sedang membawa peralatan diving.

Baca juga: 17 Tempat Wisata Pekanbaru Yang Kekinian Dan Wajib Kamu Kunjungi

Sudah tahu banyak aktivitas wisata asyik yang bisa dilakukan di Kepulauan Anambas, kan? Jadi, kapan berangkat liburan ke sana?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru