Amerika Serikat Menerima Traveler Internasional Dengan Vaksin Sinovac

Meski efikasinya sempat diragukan, sejumlah negara di dunia mulai mengakui vaksin Sinovac sebagai syarat perjalanan ke luar negeri. Amerika Serikat menjadi salah satu negara yang memutuskan untuk menerima wisatawan internasional yang telah menjalani vaksinasi Covid-19 dengan vaksin Sinovac tersebut.

Sebelumnya, pemerintah Amerika Serikat mengumumkan akan membuka perbatasan dan mengizinkan masuknya traveler internasional mulai November 2021 mendatang. Syarat utamanya adalah yang bersangkutan sudah menjalani program vaksinasi Covid-19 lengkap.

Pada pengumuman pertama beberapa waktu lalu, pemerintah Amerika hanya mengizinkan traveler yang menggunakan vaksin merek Pfizer, Moderna dan Johnson & Johnson untuk bisa masuk. Namun, setelah beberapa waktu, pemerintah Amerika membolehkan penggunaan merek vaksin lainnya, termasuk di antaranya AstraZeneca, Sinopharm dan Sinovac.

“Pada awal pekan ini, untuk membantu sejumlah pihak untuk mempersiapkan sistem, kami menginformasikan kepada maskapai bahwa vaksin yang sudah disetujui oleh FDA atau didaftarkan sebagai penggunaan darurat oleh WHO, akan memenuhi kriteria untuk perjalanan ke Amerika Serikat,” ungkap juru bicara Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Caitlin Shockey, kepada USA Today.

amerika menerima vaksin sinovac
Image credit: ben o’bro

Adapun untuk syarat masuk ke Amerika Serikat, pemerintahan Joe Biden juga sudah memberikan sejumlah kemudahan dan pelonggaran. Syarat utama adalah telah menjalani vaksinasi Covid-19 secara lengkap dan menunjukkan hasil negatif tes Covid-19 maksimal dengan pengambilan tes dilakukan tiga hari sebelum keberangkatan.

CDC juga meminta semua maskapai untuk mengumpulkan informasi kontak dari semua traveler internasional untuk memudahkan dan memfasilitasi tracing.

Tapi, hingga berita ini diturunkan, pemerintah Amerika Serikat hanya akan menerima traveler internasional yang tidak datang dari China, Iran, negara Eropa dengan visa schengen, Inggris Raya, Republik Irlandia, Brasil, Afrika Selatand dan India. Diyakini, pemerintah Amerika Serikat akan kembali mengubah kebijakannya pada November nanti.

Baca juga: Amerika Serikat Izinkan Traveler Yang Sudah Divaksin Masuk, Ini Syarat Wajibnya!

Bagi yang sudah menerima suntikan dengan vaksin Sinovac, siap untuk bepergian ke Amerika Serikat? Jika iya, penuhi semua syarat yang sudah diatur ya, termasuk aturan administrasi seperti visa dan masa berlaku paspor. Patuhi juga protokol kesehatan yang sudah ditetapkan dan segera lakukan vaksinasi Covid-19!

 


Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

 

Preview image credit: Jorge Alcala | Unsplash

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru