Khas Banget! Wedangan Solo Hits Ini Harus Dikunjungi Untuk Liburan Berkesan

Bila di Yogyakarta kamu mengenal kata angkringan, maka di Solo kamu akan menemukan wedangan. Wedangan Solo pun menjual aneka kuliner tradisional yang selain nikmat juga ngangenin, terutama karena suasananya yang hangat. Wedangan mudah ditemukan di seantero Surakarta dan kamu bisa menyambanginya kapan saja karena ada juga wedangan yang sudah dibuka sejak pagi hari.

Saat ini pun sudah banyak wedangan bergaya modern berbentuk restoran. Menunya tetap sama namun kamu bisa melewatkan waktu di tempat yang lebih luas dan ditata dengan apik. Tidak percaya dengan serunya makan di wedangan? Maka kamu perlu melihat berbagai tempat wedangan Solo yang direkomendasikan TripZilla Indonesia di bawah ini!

1. Merasakan pengalaman wedangan Solo jadul di Omah Londo

Image credit: OMAH LONDO Angkringan

Omah Londo mempunyai gaya vintage yang akan menambah kesan ketika kamu makan di sini. Tidak heran, karena Omah Londo menggunakan bangunan tua bekas rumah dinas petinggi di zaman Belanda. Suasana adem bisa kamu nikmati jika memilih tempat duduk di luar ruangan.

Deretan hidangannya pun menggugah selera. Sudah ditata dengan rapi, kamu bisa mengambil sendiri aneka nasi kucing dan lauknya. Kamu pun bisa memesan minuman yang khas seperti es teh kampul atau es jahe tape cokelat. Perpaduan rasanya bikin lapar kan?

Lokasi: Jl. Agus Salim No.2A, Sondakan, Kec. Laweyan, Surakarta
Jam Buka: Senin – Kamis pukul 07.00 WIB – 23.00 WIB, Jumat – Minggu pukul 07.00 WIB – 24.00 WIB
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

2. Angkringan Omah Semar yang suasananya bikin penasaran

Image credit: @solonyaman

Angkringan Omah Semar merupakan tempat wedangan kekinian dengan dekorasi khas Jawa. Kamu akan merasakan atmosfer yang hangat ketika memasuki bangunannya, apalagi kalau mampir pada sore hari.

Image credit: @solonyaman 

Menu seperti nasi krawu empal, nasi berkat sampai tape goreng bakal menggoyang lidahmu di sini. Jangan sampai kalap ketika melihat menu sate dan gorengannya yang berderet di meja prasmanan ya! Aneka minuman dengan nama kreatif seperti Wedang Jokowi atau wedang anti virus pas banget untuk jadi teman makanmu.

Lokasi: Jl. Duku 1 No.2A, Jajar, Kec. Laweyan, Surakarta
Jam Buka: Setiap hari, 15.00 WIB – 23.30 WIB
Harga: Mulai dari 8,000 IDR

3. Wedangan Nala Gareng yang memanjakan perut dan mata

wedangan solo
Image credit: Wedangan Nala Gareng

Wedangan Nala Gareng atau yang biasa disebut juga Wedangan Gareng, punya pilihan menu yang akan segera memikat lidahmu. Kalau kamu datang di sore hari dan hanya ingin makanan ringan, maka jadah bakar dan teh ginastel akan menjadi pilihan yang sedap. Bila perut ingin diisi dengan makanan berat, kamu bisa mencicipi nasi terik daging sapi atau nasi oseng pare yang mengenyangkan. 

Image credit: Wedangan Nala Gareng

Tentu saja tidak afdol kalau kamu tidak mencoba minuman khasnya, seperti jahe kencur jeruk gula aren. Disajikan dalam gelas besar, kamu dapat menyeruput pelan-pelan sambil menikmati dekorasi interiornya yang kental dengan nuansa Jawa. Menarik dan menyegarkan mata juga lho!

Lokasi: Jl. Basuki Rahmat No.6, RT.2/RW.12, Kerten, Kec. Laweyan, Surakarta
Jam Buka: Senin – Selasa dan Kamis – Minggu, 16.00 WIB – 24.00 WIB
Harga: Mulai dari 5,000 IDR

4. Memilih menu di angkringan unik ala Wedangan Pendhopo

Image credit: @solokenyang 

Konon katanya, Wedangan Pendhopo pernah disinggahi oleh keluarga Presiden Joko Widodo dan ada menu-menu favorit di sini. Beberapa menu yang diklaim digemari banyak orang adalah sayur lombok ijo dan nasi sayur ndeso. Seperti apa ya rasanya?

wedangan solo
Image credit: @solokenyang 

Kamu bisa menikmati makanan pilihanmu sambil duduk santai di dalam bangunannya yang sangat khas dan artistik ini. Perabotan kayu dengan ukiran ini terlihat bersahaja sekaligus cantik bukan?

Lokasi: Jl. Srigading I No.7, Mangkubumen, Kec. Banjarsari, Surakarta
Jam Buka: Senin – Sabtu, 15.00 WIB – 21.00 WIB
Harga: Mulai dari 3,500 IDR

5. Wedangan Pak Amir, wedangan Solo antimainstream

Dari kejauhan, kamu akan bisa melihat spanduk besar yang menandai lokasi Wedangan Pak Amir ini. Tidak perlu ragu untuk mampir karena di sini adalah rumahnya berbagai hidangan yang enak dan seru untuk disantap beramai-ramai. Kamu bisa memperoleh babat goreng presto, ceker bacem hingga sate tembolok. Pesan juga sambal bawang agar rasanya semakin meriah. Seporsi pisang owol untuk pencuci mulut sayang untuk dilewatkan dan jika disantap setelah makan menu-menu yang gurih, rasanya pasti semakin nikmat!

Lokasi: Jl. Letjen Suprapto No.111, Sumber, Kec. Banjarsari, Surakarta
Jam Buka: Setiap hari, 16.00 WIB – 24.00 WIB
Harga: Mulai dari 3,000 IDR

6. Bukan hanya cangkir yang menarik perhatian di Wedangan Cangkir Blirik

Image credit: @mas_omii 

Wedangan Cangkir Blirik menggunakan cangkir-cangkir lurik yang akan memunculkan rasa nostalgia bagi para pengunjungnya. Apalagi ditambah penerangan yang agak redup, kamu akan merasa nyaman untuk duduk berlama-lama di sini. Menu seperti sate kikil, nasi oseng dan minuman wedang jeruk bisa jadi temanmu untuk menikmati hari.

Image credit: @zoegenx 

Puas menjajal berbagai menunya, kamu pun bisa berkeliling untuk melihat dekorasi dan ornamen-ornamen yang membuat Wedangan Cangkir Blirik makin mengesankan. Contohnya adalah sudut ini, dengan sepeda, topi dan foto Presiden Joko Widodo yang membuatnya terlihat instagramable. Mau sekalian berfoto di tempat ini, boleh-boleh saja!

Lokasi: Jl. Banyuanyar Selatan No.22B, Banyuanyar, Kec. Banjarsari, Surakarta
Jam Buka: Selasa – Minggu, 17.00 WIB – 24.00 WIB
Harga: Mulai dari 2,500 IDR

7. Wedangan Mantap, membuat malammu di Solo terasa semakin mantap

Image credit: @simontayind 

Wedangan Mantap pasti mudah kamu temukan berkat pajangannya yang unik. Di dalamnya ada ruangan yang luas untuk tempat makan dan tentunya memajang aneka menu yang ada. Kamu bisa memilih dari berbagai jenis sate dan gorengan, lalu menu pilihanmu akan dipanaskan agar semakin sedap ketika disantap.

Image credit: @vvfoodie

Kamu juga dapat menemukan menu yang khas seperti roti konde, sayur tumpang sampai bubur sayur yang perpaduan bumbunya akan menerbitkan air liur. Tidak kalah mengasyikkan, ada macam-macam minuman rempah menyehatkan untuk diteguk. Coba saja minuman jejak yang terdiri dari jeruk, jahe dan kencur atau jakute yaitu jahe, kunyit dan temulawak.

Lokasi: Jl. Sugiyopranoto No.12, Kp. Baru, Kec. Ps. Kliwon, Surakarta
Jam Buka: Senin – Jumat pukul 07.00 WIB – 22.30 WIB, Sabtu – Minggu pukul 15.00 WIB – 22.30 WIB
Harga: Mulai dari 2,500 IDR

8. Makan sampai puas sepanjang hari di Wedangan D’Jembuk

Image credit: @salanyaman

Wedangan D’Jembuk atau bisa juga disebut Wedangan Pak Jembuk ini buka selama 24 jam setiap hari. Kalau kamu ingin berkeliling kota Solo di pagi hari dan belum sempat sarapan atau lapar di tengah malam, kamu bisa mampir ke wedangan yang satu ini. Tinggal pilih menu yang sesuai dengan selera perutmu saat itu.

Kamu bisa makan mulai dari pisang rebus, sate telur puyuh hingga nasi bungkus godhong jati yang harum dan kaya rasa ini. Ambil makanan dan minuman yang kamu inginkan dan setelah kenyang, kamu tinggal melapor untuk menghitung harga. Pastinya tidak bikin kantong bolong kok!

Lokasi: Jl. Ronggowarsito No.140, Timuran, Kec. Banjarsari, Surakarta
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam
Harga: Mulai dari 2,000 IDR

9. Wedangan Radjiman Plus, tempatnya makanan yang bikin hati nyaman

Image credit: WedanganRadjimanPlus

Wedangan Radjiman Plus ini menyediakan aneka comfort food yang sudah akrab di perut banyak orang. Kamu bisa datang dan mengunyah aneka racikan roti bakar, sosis bakar hingga paket indomie goreng sambernyawa. Siapa yang tidak suka hidangan seperti ini?

wedangan solo
Image credit: WedanganRadjimanPlus

Untuk minumannya, ada es kapal dengan rasa strawberry atau melon, tape susu putih atau wedang susu uwuh. Mumpung mampir di wedangan, kamu bisa memilih menu yang tidak biasa supaya acara makanmu jadi semakin seru.

Lokasi: Jl. Dr. Rajiman No.539, Sondakan, Kec. Laweyan, Surakarta
Jam Buka: Setiap hari, 11.00 WIB – 23.00 WIB
Harga: Mulai dari 4,000 IDR

10. Makan beramai-ramai akan semakin asyik di Wedangan Pak Wiryo Solo

wedangan solo
Image credit: @sien_lianawati 

Wedangan Pak Wiryo yang sudah berdiri sejak tahun 1958 ini menggelar hidangannya di sepanjang meja makan. Jadi kalau kamu duduk di depan deretan sate seperti ini, hati-hati agar tidak lapar mata ya! Bayangkan betapa asyiknya makan di sini, apalagi kalau kamu datang ramai-ramai bersama gengmu.

Image credit: @rinfooddiary

Selain sate-satean, kamu pun bisa menyantap menu jadah cokelat, karang gesing, telur pindang dan bebek rica. Minuman yang terkenal di wedangan ini adalah wedang jahe dengan tambahan rasa jeruk, cokelat, tape, kopi atau susu. Rasa apa saja nih yang akan jadi kesukaanmu?

Lokasi: Jl. Perintis Kemerdekaan No.23, Purwosari, Kec. Laweyan, Surakarta
Jam Buka: Setiap hari, 16.00 WIB – 23.55 WIB
Harga: Mulai dari 2,000 IDR

11. Wedangan Pak Basuki, makan enak dengan semilir angin Solo

wedangan solo
Image credit: @makanmakan_sby 

Duduk sambil menikmati angin malam di Wedangan Pak Basuki sungguh nikmat. Karena bukan hanya adem, tapi aneka makanan yang ada juga akan memuaskan perutmu. Pilih aneka sate, oseng-oseng hingga nasi kucing dengan beragam isian yang pastinya tidak cukup kalau cuma sebungkus.

Image credit: @tumirantawirana

Minuman paling disukai di wedangan ini adalah wedang jahe yang terasa hangatnya di badan. Tidak heran jika Wedangan Pak Basuki ini sering ramai pengunjung, jadi pandai-pandai mencari waktu untuk mampir ya!

Lokasi: Jl. Agus Salim No.17, Sondakan, Kec. Laweyan, Surakarta
Jam Buka: Setiap hari, 17.00 WIB – 24.30 WIB
Harga: Mulai dari 2,000 IDR

Baca juga: 5 Tahu Kupat Solo Yang Enak, Legendaris Dan Wajib Dicoba

Konsep wedangan di Solo membuat pengunjungnya dapat menikmati suasana kota yang ramah dan hangat sekaligus mencicipi kuliner lokal. Yuk dicoba!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru