Aplikasi Konsultasi Dokter Online Terbaik Untuk Dikunjungi

Di masa pandemi Covid-19, yang masih berlangsung ini, tentunya kamu berharap agar seisi rumahmu tetap sehat, bukan? Tapi terdapat suatu saat ada anggota keluarga yang jatuh sakit atau membutuhkan perawatan tertentu. Yang ingin ke dokter untuk mendapatkan masukan profesional, tapi khawatir tertular Covid-19, kini kamu tidak perlu khawatir lagi. Soalnya saat ini marak layanan konsultasi dokter yang bisa dilakukan online melalui aplikasi. Aplikasi ini dapat kamu akses di ponsel dengan platform Android, Apple atau langsung melalui website.

TripZilla telah merangkum beberapa aplikasi yang dapat menjadi pilihanmu saat membutuhkan pelayanan medis, mulai dari konsultasi online dengan dokter, booking janji temu di klinik, membeli obat-obatan, memesan jasa vaksinasi di rumah dan masih banyak lagi. Banyak dari aplikasi ini yang telah bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan dikelola secara profesional. Kamu dapat mengecek detilnya di bawah ini dan memilih yang sesuai dengan kebutuhanmu.

1. Alodokter

aplikasi konsultasi dokter online
Image credit: www.alodokter.com

Layanan yang telah dibentuk dari tahun 2014 ini memiliki beberapa jenis layanan yang ditujukan untuk masyarakat maupun bagi sesama dokter. Kamu dapat mengakses layanan dokter umum maupun spesialis di sini, termasuk spesialis penyakit dalam, jantung dan pembuluh darah, kandungan dan masih banyak lagi. Pilih sesuai dengan kebutuhanmu apakah kamu ingin berkonsultasi lewat fitur chat atau ingin membuat janji!

Di websitenya kamu juga dapat melihat kolom Tanya Dokter untuk menyimak pertanyaan-pertanyaan dari orang lain dan jawaban yang mereka dapatkan. Alodokter juga menawarkan proteksi yang dapat kamu coba gratis di 30 hari pertama dan menawarkan fasilitas seperti santunan rawat inap, unlimited chat dengan dokter spesialis dan santunan konsultasi rawat jalan tak terbatas. Unduh aplikasi Alodokter juga di ponsel Androidmu dan ikuti akun Instagramnya di @alodokter_id.

2. Halodoc

aplikasi konsultasi dokter online
Image credit: www.halodoc.com

Aplikasi ini pas untuk dicek, tidak hanya saat sakit namun juga saat sehat. Soalnya, dalam websitenya kamu bisa membaca banyak artikel tentang kesehatan yang bermanfaat. Lewat Halodoc kamu dapat membeli obat, berkonsultasi online dengan dokter atau membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihanmu. Fitur-fitur yang ada mudah digunakan karena dikelompokkan dengan spesifik seperti jenis-jenis obat yang tersedia atau spesialisasi dokter yang dapat kamu temukan.

Image credit: www.halodoc.com

Aplikasi Androidnya  yaitu Halodoc-Doctors, Medicine & Appointments membuat akses layanan semakin mudah dan ada fitur lab home services yang bekerjasama dengan laboratorium ternama Prodia. Kamu juga dapat mengikuti akun Instagramnya di @halodoc untuk mendapatkan berbagai tips yang membahas tentang gaya hidup sehat.

3. Sehatq

aplikasi konsultasi dokter online
Image credit: www.sehatq.com

Kamu dapat melihat detil dokter-dokter yang bisa berkonsultasi online denganmu, fasilitas kesehatan yang dapat kamu pesan jadwalnya atau berbagai obat-obatan yang bisa kamu beli di website Sehatq. Total lebih dari 3,000 fasilitas kesehatan yang dapat dijangkau dengan aplikasi ini mulai dari klinik kecantikan, klinik gigi, laboratorium, klinik kesehatan lainnya hingga rumah sakit ternama.

aplikasi konsultasi dokter online
Image credit: www.sehatq.com

Kamu juga bisa memperoleh informasi mengenai promosi layanan kesehatan misalnya paket sunat, paket rapid test Covid-19, paket vitamin dan masih banyak lagi. Ada juga promo obat-obatan yang diberi harga khusus di sini. Lewat Instagram di @sehatq_id, kamu bisa memperoleh banyak informasi ringan yang tentu bisa menambah wawasanmu. Unduh juga aplikasi Androidnya yaitu SehatQ: Doctor Consultation, Online Appointment yang user friendly banget.

4. Klikdokter

Image credit: www.klikdokter.com

Cek website Klikdokter  untuk mendapatkan banyak informasi mengenai konsultasi dokter online, penjelasan tentang berbagai penyakit, obat-obatan maupun fitur health tools yang sangat bermanfaat. Kamu dapat menggali informasi mengenai detil penyakit lewat fitur Indeks Penyakit yang mengurutkan jenis-jenis penyakit sesuai abjad. Terdapat keterangan mengenai diagnosis, gejala, penyebab hingga cara pengobatan penyakit tersebut. Gunakan juga berbagai health tools yang interaktif misalnya kalender kehamilan, tumbuh kembang anak, kalkulator kalori dan body mass index, kalender imunisasi dan banyak lagi jenis lainnya.

Image credit: www.klikdokter.com

Ikuti juga akun Instagramnya, yaitu @klikdoktercom pun sarat dengan informasi-informasi kesehatan menarik yang seru untuk disimak. Lewat aplikasi KlikDokter: Konsultasi Gratis 24 jam dengan Dokter di Android, kamu akan dimudahkan juga untuk live chat online 24 jam dengan dokter. Fitur health tools pun dapat kamu akses melalui aplikasi Androidnya. Praktis banget, kan?

5. Infokes

Image credit: www.infokes.id

Pelayanan kesehatan online ini telah tersebar di berbagai daerah seperti Sumatera, Jawa, Lombok, Bali, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku. Detil lokasi yang telah dijangkau dapat kamu cek lewat website resminya.

Image credit: www.infokes.id

Infokes pernah memenangkan beberapa penghargaan di antaranya Telkom CSR Award tahun 2012 dan Indonesia CSR Award tahun 2014. Yang menarik dari Infokes ini adalah adanya kerjasama dengan lembaga BPJS Kesehatan. Kamu dapat mengunduh aplikasi Androidnya yaitu InfoKes Mobile: Konsultasi & Pendaftaran Online agar kamu bisa melakukan konsultasi dokter secara online dan mendaftarkan diri ke Puskesmas atau klinik untuk berobat. Aplikasi ini akan berfungsi lebih maksimal jika kamu sudah terdaftar di BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan yang kamu ambil telah terdaftar dalam sistem Infokes. Konsultasi dengan dokter jaga dari Infokes yang disediakan di sini. Gratis, lho!

6. Hallobumil

Layanan yang satu ini mengkhususkan diri pada perawatan untuk ibu hamil dan isinya yang bermanfaat bisa kamu dapatkan lewat aplikasi Android Hallobumil. Dirancang oleh Klikdokter, kamu yang sedang mengandung dapat menggunakan Hallobumil untuk konsultasi online dengan tim ahli untuk memastikan kondisi kehamilanmu agar tetap sehat.

Selain itu, terdapat juga fitur timeline kehamilan yang berisi tips dan artikel yang sesuai dengan usia kandungan. Tracker tidur, tracker menyusui, album foto dan kick counter hanyalah beberapa dari banyak fitur menarik lainnya yang akan kamu dapatkan di aplikasi ini. Ikuti juga akun Instagramnya di @hallobumil_id supaya wawasanmu tentang dunia kehamilan semakin luas!

7. ProSehat

Image credit: www.prosehat.com

Aplikasi Prosehat ini menyediakan berbagai layanan yang dapat diakses lewat websitenya atau aplikasi ProSehat: Panggil Dokter, Home Visit, Promo Sehat di Android. Kamu dapat mengatur pemanggilan dokter ke rumah, imunisasi untuk anak, vaksinasi di rumah, cek laboratorium di rumah dan fisioterapi.

aplikasi konsultasi dokter online
Image credit: www.prosehat.com

Konsultasi dokter juga bisa dilakukan lewat fitur Tanya Dokter yang dapat diakses setiap hari Senin sampai Sabtu, lho! Selain pelayanan kesehatan, kamu dapat membeli berbagai obat-obatan secara online di sini. Untuk lebih kenal dengan ProSehat, kamu juga bisa mengikuti akun Instagramnya di @prosehat. ProSehat juga sering mengadakan webinar dan jadwalnya dapat kamu simak di Instagram, jadi jangan ketinggalan, ya!

8. Homecare24

Image credit: www.homecare24.id

Homecare24 adalah layanan kesehatan yang mulanya berfokus pada layanan rapid test Covid-19 gratis. Lewat website kamu dapat menemukan fitur Corona Chatline yang merupakan fitur untuk konsultasi online dengan dokter secara tidak terbatas selama 14 hari. Fitur ini diperuntukkan bagi penderita Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumah. Dokter yang berpengalaman menangani Covid-19 dapat memberikan resep secara online atau mengatur kunjungan perawat ke rumah jika diperlukan.

Image credit: www.homecare24.id

Selain itu, Homecare24 menyediakan pelayanan untuk menjaga lansia, baby sitter, sewa alat kesehatan dan fisioterapi yang tersedia juga di aplikasi Android Homecare24. Jadwal rapid test maupun tarif pelayanan dapat kamu lihat di website dan akun Instagram resminya yaitu @homecare24.id. Jangan takut ya untuk memanfaatkan layanan tes atau chatline Covid-19 yang ada di sini!

Baca juga: Tips Dan Panduan Buat Traveler Memilih Asuransi Perjalanan

Tidak sulit kan untuk melakukan konsultasi dokter atau perawatan medis meskipun saat ini sedang pandemi? Jangan lupa tetap menerapkan pola hidup sehat dalam keseharianmu ya!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru