12 Destinasi Wisata Di Bintan, Pulau Tropis Yang Keren Dan Instagramworthy

Tidak perlu ke Lombok, Bali atau Flores untuk bisa liburan dengan nuansa tropical island. Melipir ke sejumlah destinasi wisata di Bintan pun bisa mendapatkan kesan yang sama, bahkan mungkin jauh luar biasa.

Pulau Bintan, yang merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Riau, memiliki segudang destinasi wisata, resort mewah dan pantai yang eksotis. Nuansa dan juga atmosfer tropis yang ditawarkan dijamin akan membuatmu terpesona. Siapkan sunblock, kacamata hitam dan baju renangmu untuk menikmati nuansa asyik destinasi wisata di Bintan, pulau tropis yang tidak boleh kamu lewatkan.

1. Oase indah yang menyegarkan mata Telaga Biru

Image credit: @jepriwaldiki7

Jika melihat air berwarna biru tosca dengan background putih bersih dari Telaga Biru, siapapun pasti akan dibuat kagum. Salah satu destinasi wisata di Bintan yang ngehits ini juga bisa menjadi spot pelarian yang pas jika kamu sedang ingin mencari ketenangan. Atmosfer serasa berada di oase di tengah padang pasir semakin terasa ketika matahari bersinar terik. Bersiap untuk berpanas-panasan, ya!

Image credit: @didoticious

Lokasi: Busung, Seri Kuala Lobam, Bintan
Harga tiket: Gratis

2. Gurun pasir ala Timur Tengah Bukit Pasir Busung

Image credit: @dimasalbarr

Ingin tahu seperti apa menapaki gurun pasir di Timur Tengah? Bagi yang tertarik, tiruannya bisa kamu datangi di Bintan. Bukit pasir Busung ini lokasinya cukup berdekatan dengan Telaga Biru lho. Panorama yang ditawarkan juga cukup menarik, demikian pula dengan atmosfer ala gurun pasir yang panas dengan sinar matahari bersinar terik. Satu hal lagi, tempat ini juga sangat instagenik, lho!

Image credit: @putriisyilvia

Lokasi: Jl. Raya Busung, Busung, Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan
Harga tiket: Gratis

3. Pulau kebanggaan Bintan Pulau Beralas Pasir

Image credit: @mteddykurniawan

Kamu mungkin lebih mengenalnya sebagai White Sand Island, pulau kecil tidak berpenghuni yang memiliki spot cantik untuk aktivitas snorkeling dan diving. Karang yang terawat dengan baik, ekosistem laut yang terjaga dan kentalnya nuansa pulau tropis di Pulau Beralas Pasir menjadikan destinasi wisata di Bintan ini sebagai salah satu jujukan utama saat kegiatan Island Hopping.

Lokasi: Teluk Bakau, Gunung Kijang, Bintan
Harga tiket: Tidak ada tiket masuk, tapi untuk bisa sampai ke pulau ini harus membeli paket wisata tertentu di agen perjalanan tertentu

4. Hasil eksplorasi tambang yang eksotis Bukit Panglong

Image credit: @royfadlii

Salah satu bekas area pertambangan yang berubah menjadi destinasi wisata keren adalah Bukit Panglong. Bekas tambang granit itu kini menjadi danau dengan air yang jernih dan bersih, bahkan tidak jarang terlihat membiru. Namun, pengunjung tidak disarankan untuk berenang dan bermain air di danau ini hingga ada studi kelayakan yang mengizinkan.

Lokasi: Kijang Kota, Bintan Timur, Bintan
Harga tiket: Gratis

5. Resort keren dengan banyak wahana wisata Treasure Bay

Image credit: @saifanah

Destinasi wisata di Bintan ini merupakan resort dengan banyak wahana wisata yang bisa dinikmati. Salah satu yang mencuri perhatian adalah kolam renangnya yang luas dan biru. Banyak aktivitas menyenangkan yang bisa kamu lakukan, mulai dari kayak dan paddle boarding, hingga bermain segway sambil berkeliling resort eksotis ini. Tertarik untuk mencobanya?

Image credit: @vheerha

Lokasi: Jl. Raja Haji KM 01, Teluk Sebong, Lagoi, Sebong Lagoi, Tlk. Sebong, Kabupaten Bintan
Harga tiket: 7 SGD (~74,000 IDR)  untuk anak-anak dan 10 SGD (~105,000 IDR) untuk dewasa

6. Tersembunyi di balik kemewahan Pantai Senggiling

Image credit: @aprizal__ijal

Pantai ini bisa dikatakan tersembunyi karena popularitasnya kalah dari kawasan wisata Lagoi Bay, yang berada tepat di sebelahnya. Akses yang juga tidak mudah membuat hanya sedikit orang yang mengetahuinya. Alhasil, jika berwisata ke pantai ini, kamu akan mendapatkan nuansa alam yang masih natural, pantai berpasir putih dan juga bebatuan besar yang menambah keindahan destinasi wisata di Bintan yang satu ini.

Lokasi: Tlk., Sebong Lagoi, Tlk. Sebong, Kabupaten Bintan
Harga tiket: Gratis

7. Air terjun tersembunyi yang eksotis Air Terjun Gunung Bintan

Image credit: @chai_loekman

Siapa menyangka Bintan memiliki air terjun yang eksotis. Berlokasi di lereng Gunung Bintan, air terjun ini mengalirkan air segar dan juga nuansa alam yang asyik untuk dinikmati. Atmosfer alam yang sejuk juga akan kamu dapatkan dalam perjalanan menuju spot wisata ini.

Lokasi: Tlk., Bintan Buyu, Tlk. Bintan, Kabupaten Bintan
Harga tiket: 10,000 IDR orang

8. Laguna dengan pasir putih dan air yang membiru Danau Biru, Kawal

Image credit: @chenzsusanto

Tidak hanya Telaga Biru, danau lain di Bintan yang tidak kalah memesona adalah Danau Biru, Kawal. Danau yang terbentuk dari hasil penambangan ini menghadirkan pemandangan yang eksotis, dengan perpaduan warna biru dari air, putih di dinding tebing serta hijau dari tanaman yang ada di sekelilingnya. Ditambah angin sepoi-sepoi yang bertiup di lokasi ini, Danau Biru Kawal harus masuk dalam itinerary wisata di Bintan kamu. Namun, sangat disarankan untuk tidak berenang di lokasi ini karena sangat berbahaya.

Image credit: @harliantinovi

Lokasi: Kelurahan Kawal, Kecamatan Gunungkijang, Bintan
Harga tiket: Gratis

9. Danau dengan spot Instagramworthy Danau Biru Lepan

Image credit: @luthfipratama02

Sama dengan dua danau lain di Bintan, Danau Biru Lepan terbentuk dari hasil kegiatan penambangan. Jernihnya air dan warna dasar danau yang putih membuat permukaan danau berpendar biru karena terpaan sinar matahari. Untuk menambah daya tarik wisatawan, warga pun membuat sejumlah spot foto selfie yang unik.

Lokasi: Kampung Sei Lepan, Kecamatan Serikual Lobam, Bintan
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

10. Igloo merah yang unik Rumah Arang

Image credit: @lostpacker

Igloo unik ini bisa kamu nikmati di Bintan, tepatnya di wilayah Busung. Bangunan berbentuk kubah ini sebelumnya difungsikan sebagai tungku oleh warga Suku Laut untuk membuat arang, dan kini ditinggalkan begitu saja. Jika kamu tertarik untuk memaksimalkan igloo ini, jadikan sebagai background selfie saja!

Lokasi: Desa Kuala Sempang, Busung, Bintan
Harga tiket: Gratis

11. Pantai tropis yang eksotis Pantai Trikora

Image credit: @wahyu.sukamoto

Pantai ini seakan-akan menegaskan bahwa Bintan adalah destinasi wisata yang tepat untuk mendapatkan nuansa dan atmosfer pulau tropis. Pasirnya yang putih dengan ombak air yang tenang membuat Pantai Trikora menjadi destinasi hits bagi wisatawan dalam dan luar negeri. Bukan hanya panorama di atas permukaan air laut saja yang menawan, pemandangan di bawah air juga tidak kalah keren, pas untuk dinikmati bagi pecinta diving dan snorkeling. Apakah kamu salah satunya?

Lokasi: Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Pulau Bintan
Harga tiket: Gratis

12. Terbang dan menikmati Bintan dari ketinggian Air Adventures Flying Club

Image credit: @maddysd

Ingin menikmati alam Bintan dengan cara yang sedikit berbeda, kamu bisa memilih terbang dengan pesawat, yang dijamin akan memberikan pengalaman yang sepenuhnya berbeda. Menggunakan pesawat amphibi terbuka, kamu bisa terbang dengan didampingi pilot berpengalaman. Di udara, kamu tinggal menikmati panorama keren pulau Bintan, dan mungkin sedikit deg-degan. Biar semakin berkesan, pengalaman terbang dengan pesawat terbuka bisa diabadikan dengan video, lho, tentunya dengan sedikit biaya tambahan.

Image credit: @glenorson

Lokasi: Sebong Lagoi, Teluk Sebong, Bintan
Harga: Mulai dari 1,200,000 IDR

Baca juga: 15 Destinasi Wisata Di Batam Yang Keren Dan Wajib Dikunjungi

Bagaimana, tertarik mengunjungi destinasi wisata di Bintan yang keren dan Instagrammable tersebut?

Muhammad Yanuar

Muhammad Yanuar, penyuka jalan-jalan ke tempat yang baru dan bertemu banyak orang. Membaca, menulis dan berolahraga juga menjadi hobi penggemar wisata kuliner ini.

Recent Posts

Gudeg Enak Di Jakarta Untuk Obati Kangenmu Akan Jogja

Gudeg identik dengan Jogja dan kamu bisa menikmati kuliner enak ini saat di Jakarta. Cek…

2 hours ago

Gratis Masuk Wisata Labuan Bajo, Turis Wajib Ikuti Protokol Kesehatan

Wisatawan yang berlibur di Labuan Bajo tidak akan dikenai biaya tiket alias gratis saat masuk…

18 hours ago

Harga Rapid Test Maskapai Nasional Yang Wajib Kamu Ketahui!

Cek di sini untuk tahu harga dan prosedur melakukan rapid test di maskapai nasional, mulai…

1 day ago

Itinerary Wisata Bersepeda Pagi Yang Seru Di PIK (Pantai Indah Kapuk)

Jika sedang hobi bersepeda, kamu dapat membuat itinerary wisata bersepeda ke PIK di pagi hari…

2 days ago

Syarat Masuk Bali Dipermudah, Ini Ketentuan Barunya

Syarat masuk Bali terbaru jauh lebih mudah dan murah. Calon wisatawan yang akan datang ke…

3 days ago

15 Pantai Sekitar Jakarta Ini Siap Jadi Destinasi Liburan Singkat Kamu

Tidak ada salahnya liburan dan wisata di pantai yang ada di Jakarta dan sekitar, karena…

4 days ago