Jalur Baru Pendakian Rinjani Dibuka November 2018

Kabar gembira buat kamu yang berniat untuk mendaki Gunung Rinjani dalam waktu dekat. Pada pertengahan bulan November 2018, akan ada pembukaan jalur baru pendakian Rinjani yang bisa kamu jajaki.

Kepastian ini diungkapkan Kepala Badan Taman Nasional Gunung Rinjani, Sudiyono, setelah pihaknya melakukan survei kelayakan terhadap jalur baru tersebut, demikian seperti diwartakan detikTravel.

Image credit: @robshumski

Adapun jalur baru pendakian Rinjani tersebut berada di Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah. Hasil survei kelayakan yang dilakukan BTNGR minggu lalu, tepatnya pada 15 hingga 19 Oktober silam, menunjukkan bahwa jalur yang ada tidak terlalu menanjak dengan kiri dan kanan jalur terdapat bukit dan vegetasi hutan yang lebih rimbun dibanding jalur Sembalun dan Senaru. Hasil survei juga menemukan adanya sumber air di sejumlah lokasi.

Dijelaskan Sudiyono, di jalur baru pendakian Rinjani ini juga sudah memiliki spot wisata berupa Air Terjun Benang Kelambu, stokel dan hutan yang bisa dijadikan sebagai hutan wisata untuk wisatawan. Vegetasi yang bagus juga memungkinkan pengunjung untuk bisa bertemu langsung dengan hewan liar, seperti rusa dan sejenisnya.

Image credit: @warnabama

“Dilihat dari citra satelit, vegetasi di sana juga bagus dari flora dan faunanya,” ujar Sudiyono.

Ditambahkannya, pihak BTNGR akan melakukan survei terakhir pada 30 Oktober hingga 4 November mendatang sebelum secara resmi dibuka pada pertengahan bulan depan. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan dan pendaki yang ingin menuju ke puncak Gunung Rinjani.

Image credit: Jerome B Photography

Hal ini menjadi kabar menggembirakan mengingat sebelumnya BTNGR mengeluarkan pengumuman penutupan jalur pendakian Rinjani di tiga jalur pendakian, yaitu rute Sembalun, Senaru dan Torean, hingga tahun 2020. Penutupan terpaksa dilakukan karena adanya kerusakan sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung, serta kondisi tanah dan jalur pendakian yang labil dan rawan longsor pascagempa 6,4 SR pada Juli 2018 silam.

Baca juga: Itinerary Wisata Lombok 3H2M Untuk Liburan yang Tak Terlupakan

Jadi, yang ingin menjadi yang pertama mendaki Gunung Rinjani lewat jalur baru ini, sepertinya sudah bisa bersiap mulai sekarang, deh!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru