Liburan ke Australia, Panduan Wisata Musim Gugur Terbaik Di Negeri Kanguru

Sudah memiliki rencana menghabiskan masa libur kamu di tahun ini? Jika belum, tak ada salahnya mempertimbangkan untuk liburan ke Australia di periode musim gugur. Sensasi dan pengalaman yang kamu dapatkan dijamin berbeda dari destinasi popular lain di seluruh dunia.

Namun, kapankah periode musim gugur di Australia? Seperti apa kondisi musim gugur di Negeri Kanguru? Barang-barang apa saja yang harus dibawa? Apakah banyak destinasi dan festival menarik untuk dinikmati? Well, jika pertanyaan itu muncul sebagai bahan pertimbangan liburan ke Australia, TripZilla Indonesia membantu menjawabnya! Di bawah ini adalah panduan kamu untuk liburan di Australia pada musim gugur. Simak, yuk!

Kapan musim gugur di Australia?

Musim gugur di Australia pada tahun ini dimulai pada pertengahan Maret dan berakhir ada Mei. Di setiap periode, terdapat sejumlah perbedaan sensasi yang bisa dirasakan.

Di bulan Maret misalnya, yang merupakan periode awal musim gugur. Kamu bisa suasana siang dan malam yang hangat di kawasan Australia bagian selatan. Bila kamu melakukan perjalanan menuju bagian utara Australia, kemungkinan kamu akan mendapatkan banyak hujan. Maklum, bagian Utara Australia sedang mengalami wet season.

Saat memasuki April, temperatur udara menjadi jauh lebih bersahabat. Kamu juga akan banyak menjumpai banyak tumbuhan yang menampilkan warna indahnya. Sedangkan di bulan Mei, temperatur udara menjadi lebih sejuk. Situasi ini menjadikan destinasi wisata Australia bagian utara menjadi lebih menarik. Akhir musim hujan berarti Queensland bagian utara, Australia Barat, dan Top End siap untuk dijelajahi.

Outfit seperti apa yang harus dibawa saat liburan ke Australia di periode musim gugur?

Dengan kondisi cuaca dan temperatur udara yang hangat dan bersahabat di pagi hari, dan dingin di malam hari, kamu bisa menyesuaikan barang bawaan. Pilih outfit yang nyaman untuk aktivitas luar, pun demikian dengan alas kaki.

Tips yang banyak disampaikan adalah dengan membawa beberapa baju lapis, seperti t-shirt dan jaket atau baju hangat. Jangan lupa untuk membawa juga jas hujan atau jaket yang memiliki fitur tahan air. Payung dan sepatu boot serta kaus kaki juga jangan dilupakan.

Apa asyiknya liburan ke Australia pada musim gugur?

Banyak alasan mengapa liburan ke Australia di musim gugur menjadi pengalaman yang tak boleh dilewatkan. Selain cuaca yang mendukung untuk setiap aktivitas luar ruang, liburan di musim gugur juga menghemat budget. Pasalnya, banyak yang menilai periode musim gugur di Australia adalah periode liburan low season. Alhasil, banyak kamar hotel, rental mobil dan penerbangan yang ditawarkan dengan harga yang relatif terjangkau.

Karena periode low season juga menjadikan Australia di musim gugur tidak terlalu padat oleh wisatawan. Apalagi ada banyak festival dan perayaan yang menarik untuk dikunjungi. Sejumlah momen yang unik juga terjadi di periode musim gugur ini.

Perayaan dan destinasi wisata di Australia saat musim gugur yang tidak boleh dilewatkan

Lalu, seperti apa pengalaman wisata yang ditawarkan di Australia pada periode musim gugur? Jawabannya adalah luar biasa. Hampir di setiap daerah menampilkan banyak keistimewaan dan keunikan yang mengesankan dan tak bisa dilupakan. Simak info lengkapnya di bawah ini.

1. Seru-seruan di Sydney

Image Credit: Tourism Australia

Ada banyak destinasi dan festival menarik yang bisa dihadiri saat liburan ke Australia, terutama di Sydney. Kamu bisa menyaksikan parade flamboyan Mardi Gras Gay & Lesbian Sydney pada Sabtu pertama di bulan Maret. Sydney Royal Easter Show juga jangan sampai dilewatkan. Acara terbesar di Australia ini menampilkan berbagai aksi lucu banyak binatang, wisata kuliner dan pameran lokal. Acara ini dilangsungkan selama dua minggu pada periode Paskah di bulan April di Sydney Olympic Showgrounds.

Vivid Sydney juga menjadi even akbar yang sayang dilewatkan. Perayaan tahunan yang mengedepankan kreativitas, inovasi, dan teknologi ini fokus pada keindahan, kecemerlangan, dan keajaiban alam. Akan ada banyak hasil karsya seniman, pemikir, musisi, dan pakar kuliner yang ditampilkan di acara yang dihelat pada 26 Mei – 17 Juni itu.

Promenade Bondi Beach dengan view yang menarik | Image credit: Promenade Bondi Beach

Ingin bersantai di pinggir pantai sambil menikmati pesona pemandangan yang istimewa, Promenade Bondi Beach bisa jadi jujukan. Berletak di tepi pantai paling ikonik di Australia, banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan di sini, dari berjemur di bawah sinar matahari, berselancar atau menikmati kuliner yang lezat.

2. Petualangan di Tasmania

Freycinet | Image credit: Pixabay

Bagi pecinta petualangan, Tasmania adalah destinasi yang tepat untuk dikunjungi. Pohon Beech Meranggas menjadi salah satu hal yang paling dicari di kawasan ini. Bagaimana tidak, kamu bisa menyaksikan langsung perubahan atau transformasi warna dedaunan pohon dari hijau ke merah cerah, jingga hingga keemasan.

Tak puas dengan keajaiban tersebut? Jelajahi Loop Track di Taman Nasional Cradle Mountain-Lake St Clair, yang mengelilingi Dove Lake, untuk melihat keunikan lainnya. Spot menarik lainnya adalah Freycinet, taman nasional yang terletak di pantai timur Tasmania, Australia. Tempat ini dikenal dengan pemandangannya yang menakjubkan, pantai yang masih asli, dan pegunungan granit. Kamu juga bisa menemukan Wineglass Bay, yang dianggap sebagai salah satu pantai terindah di dunia. Teluk ini dikelilingi oleh puncak granit yang menjulang tinggi dan terkenal dengan airnya yang sebening kristal dan pasir putihnya. Hazards, rangkaian pegunungan granit merah muda yang menawarkan pemandangan spektakuler, dan Mercusuar Cape Tourville, yang menawarkan pemandangan garis pantai yang indah. adalah hal menarik lainnya di Freycinet.

Pecinta sepeda gunung juga bisa mencoba jalur Hazy Days, jalur sepeda gunung pemula di timur laut Tasmania. Jalur yang merupakan bagian dari Blue Derby Mountain Bike Trails ini dapat diakses gratis, menawarkan medan berbukit, cocok untuk pemula yang mencari perjalanan mendebarkan.

Perayaan festival di Tasmania juga tak kalah seru. Salah satu yang layak di-highlight adalah Dark Mofo. Festival tahunan yang diadakan di Hobart, Tasmania, Australia ini digagas oleh Museum of Old and New Art (MONA). Dark Mofo biasanya berlangsung selama 10 hari di bulan Juni dan menampilkan berbagai acara dan instalasi yang merayakan titik balik matahari musim dingin. Festival ini dikenal dengan acara-acaranya yang unik dan seringkali provokatif. Kamu bakal mendapati instalasi seni berskala besar, pertunjukan musik, pemutaran film, dan berbagai bentuk seni pertunjukan.

3. Melbourne yang selalu menarik

liburan ke australia
Image credit: Jonny Joka/Pixabay

Melbourne tak ketinggalan menawarkan sesuatu yang atraktif di periode musim gugur. Segudang festival diselenggarakan untuk menarik wisatawan sepanjang periode ini. Kamu bisa mengunjungi Festival Makanan dan Anggur Melbourne, atau sedikit melipir ke Grampians Grape Escape, festival yang dilangsungkan di daerah yang jaraknya tiga jam ke barat dari Melbourne. Ada juga Melbourne Fashion Festival atau Melbourne International Comedy Festival, Festival Moomba, yang diadakan selama akhir pekan pada hari libur umum Hari Buruh di bulan Maret. Festival di tepi sungai ini dilangsungkan selama 3 hari, gratis dan menawarkan pertunjukan kembang api megah.

Selain F1 Grand Prix di Sirkuit International Melbourne, kamu juga bisa menghadiri Rip Curl Pro di Bells Beach di ajang Great Ocean Road pada pertengahan April.

Jika tidak ingin terlalu mainstream, kamu bisa mengunjungi destinasi wisata populer di Melbourne. Federation Square adalah salah satunya, yaitu alun-alun di Melbourne untuk ajang konser, festival, dan pameran. Ada juga Stasiun Flinders Street, landmark paling terkenal di Melbourne. Queen Victoria Market, pasar terbuka terbesar, atau Royal Botanic Gardens, Galeri Nasional Victoria, Pantai St. Kilda, Eureka Skydeck, Kebun Binatang Melbourne, Perpustakaan Negara Bagian Victoria, dan Museum Melbourne adalah beberapa lainnya.

4. Canberra yang ajaib

Ada banyak destinasi menarik yang bisa dikunjungi di Canberra di periode musim gugur. Menyusuri Lake Burley Griffin, mendatangi National Arboretum atau bahkan menikmati Canberra dari ketinggian menggunakan balon udara juga memungkinkan.

Ingin lebih seru, jangan lewatkan Enlighten Festival dengan acara unggulan seperti Canberra Ballon Spectacular.

5. Pantang melewatkan pesona Southern Great Barrier Reef

liburan ke australia
Image credit: Steven Segal – Pexels

Great Barrier Reef adalah destinasi wisata di Australia yang harus masuk dalam itinerary kamu. Di periode musim gugur, kamu bakal berada di akhir musim penetasan penyu. Pengunjung bisa menyaksikan makhluk kecil imut itu keluar dari sarangnya menuju ke laut. Tempat terbaik untuk menyaksikan peristiwa ajaib ini adalah di Lady Elliot Island, Heron Island, Great Keppel Island, dan Mon Repos Beach di Southern Great Barrier Reef.

Masih banyak atraksi lainnya yang bisa dinikmati di kawasan ini. Bersantai di Capricorn Coast, atau di Bargara dan North West Island adalah hal asyik lain untuk dilakukan di sepanjang musim gugur. Menjelajah kota juga asyik, seperti Bundaberg dan Gladstone.

6. Darwin yang tak kalah eksotik

Popularitasnya mungkin tidak seperti Sydney dan Melbourne, tapi Darwin sama sekali tak bisa dipandang sebelah mata dalam hal tempat wisata menarik.

Kamu bisa mengikuti Ekspedisi Ghan, dari Darwin ke Adelaide atau sebaliknya. Di Adelaide, kamu bisa mengikuti festival Tasting Australia, festival makan dan minum selama 10 hari.

Kamu juga bisa mengunjungi Tiwi Island, menikmati keseruan orisinil warga lokal dan mengujungi pasar lokal. Di Darwin, kamu juga bisa berinteraksi dengan warga lokal yang memiliki keturunan Aborigin. Juga, kamu bisa belajar mengenai sejarah, budaya dan seni dari suku asli Australia ini.

Pengalaman eksotik lainnya ditawarkan Nautilus Aviation. Kamu bisa mengikuti tur Litchfield Waterfalls & Finnis River Lodge menggunakan helikopter selama empat jam dan terbang 100 km ke selatan menuju Finnis River Lodge di Taman Nasional Litchfield. Dari helikopter, kamu bisa menikmati pemandangan air terjun murni dan ngarai raksasa, mengikuti tur berpemandu yang merangkum pengalaman paling ikonik di Top End Australia. Jangan melewatkan momen berenang di Sandy Creek sebelum kembali ke Darwin!

7. Bersantai di Australia Barat

Di kawasan Australia Barat, ada berbagai kegiatan asyik yang bisa dilakukan di musim gugur. Dari menjelajah Cottlesloe Beach untuk melihat pameran Sculpture by the Sea, berenang bersama hiu di Ningaloo, bahkan mengikuti Whale Shark Festival di bulan Mei.

Perth, yang berada di kawasan Australia Barat juga tak kalah menarik. Kota ini memiliki banyak pantai berpasir putih, gedung pencakar langit dan banyak lainnya. Kings Park dan Botanic Garden adalah beberapa spot yang harus dikunjungi saat di Perth.

Soal festival, Australia Barat memiliki banyak even menarik. Fremantle Festival adalah di antaranya, yaitu festival tahunan yang menampilkan berbagai acara musik, seni, dan budaya. Festival Harmoni Ceri Manjimup berlangsung di kota Manjimup pada bulan Mei untuk merayakan panen ceri. Ada juga Balingup Small Farm Field Day, festival yang tepat untuk melihat demonstrasi teknik pertanian tradisional, pertunjukan pencukuran bulu domba, dan berbagai macam makanan dan anggur. Festival Apel Donnybrook dan Margaret River Gourmet Escape juga tak boleh dilewatkan.

8. Brisbane, Queensland yang istimewa

liburan ke Australia
Image credit: Mrt Ziolko – Pexels

Saat periode musim gugur, Brisbane, Queennsland diramaikan dengan berbagai festival. Yang paling terkenal tentunya adalah Festival Film Gold Coast yang berlangsung selama 12 hari, mulai 19 April hingga 30 April. Festival ini menampilkan lebih dari 100 film, panel, pesta, bioskop pop-up, dan menggelar acara khusus di seluruh Gold Coast. Kamu juga bisa bertemu dengan pembuat film, dan menyaksikan langsung pemutaran film Australia dan Internasional. Ada juga Festival Brisbane, acara budaya yang menampilkan berbagai pertunjukan musik, tari, teater, dan seni visual.

Soal destinasi wisata, kamu bisa menemukan banyak spot menarik di Brisbane, Queensland sepanjang musim gugur. Kunjungi South Bank, tujuan wisata populer yang sangat menyenangkan di musim gugur. Anda dapat berjalan-jalan di sepanjang Sungai Brisbane, menikmati piknik di taman, atau menjelajahi restoran dan toko di area tersebut.

Kebun Raya Brisbane, museum dan galeri kota, Galeri Seni Modern, dan Museum Brisbane adalah beberapa spot menarik lainnya. Kamu juga bisa mengikuti perjalanan sehari ke Gold Coast, yang memiliki banyak pantai, taman hiburan, dan destinasi belanja.

Baca juga: 10 Restoran dengan Kuliner Unik di Australia yang Harus Dicoba

Itulah panduan liburan ke Australia di periode musim gugur yang bisa kamu ikuti. Rencanakan liburan ke Australia sekarang juga!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru