Makanan Khas Sunda Yang Populer Dan Ikonik Yang Wajib Kamu Coba

Makanan khas Sunda menjadi salah satu kuliner khas Indonesia yang banyak diburu penggiat kuliner. Bukan hanya karena memiliki cita rasa yang khas, dressing dan bahan yang digunakan juga memiliki ciri tersendiri, yang membedakannya dari daerah lainnya di Indonesia.

Asyiknya, dengan banyak tempat makan khas Sunda yang tersebar di sejumlah kota di Indonesia, kamu bisa menikmati makanan khas Sunda ini. Bagi yang penasaran apa saja makanan khas Sunda tersebut, cek daftar makanan paling populer dan ikonik versi TripZilla Indonesia di bawah ini, ya!

1. Nasi Timbel

makanan khas sunda
Image credit: @foodgallerybdg

Nasi timbel adalah makanan khas Sunda dengan nasi hangat dan dibungkus dengan daun pisang. Sementara untuk lauk pendampingnya bisa bermacam-macam, mulai dari ayam goreng, tahu dan tempe goreng plus lalapan. Sambal terasi menjadi pelengkap untuk memberikan sensasi tersendiri.

2. Bakakak Hayam

Kuliner ini merupakanan makanan khas Sunda yang kerap disajikan di acara-acara adat, seperti perkawinan, sunatan dan masih banyak lagi lainnya. Makanan ini sendiri merupakan ayam bakar dengan bahan utamanya adalah ayam jantan. Paling pas menikmati kuliner ini adalah dengan nasi hangat dan sambal. Tertarik mencoba?

3. Mie Kocok

makanan khas sunda
Image credit: @eatineraryid

Salah satu kuliner dan makanan khas Sunda lain yang cukup populer adalah mie kocok. Bahan utamanya adalah mie kuning gepeng dengan cita rasa kaldu sapi yang kental dengan isian kikil dan babat sapi, taoge, bakso, jeruk nipis, irisan seledri dan daun bawang serta bawang goreng sebagai penyedap. Waktu paling pas menikmati mie kocok ini adalah saat hawa udara dingin atau ketika hujan. Dijamin yummy, deh!

Baca juga: 10 Tempat Menikmati Mie Kocok Bandung Yang Mengesankan

4. Batagor

makanan khas sunda
Image credit: @batagorabuy.bdg

Baso tahu goreng atau yang lebih terkenal disebut batagor menjadi salah satu kuliner khas Sunda yang kini sudah banyak menyebar di seluruh Indonesia. Cita rasa guyuran sambal kacang dan isian batagor memberikan kenikmatan tersendiri untuk menyantapnya.

Baca juga: 10 Batagor Bandung Paling Maknyus Yang Tidak Boleh Dilewatkan

5. Soto Bandung

Image credit: Ming Cun

Yup, Bandung juga punya soto. Bahan dasar dari kuliner ini adalah daging sapi dan yang membedakan dengan kuliner soto dari daerah lain adalah tambahan lobak, tomat dan kedelai goreng. Soto ini juga disajikan tanpa santan dan paling pas dinikmati dengan nasi hangat dan kerupuk.

Baca juga: Soto Bandung Dan 5 Tempat Terbaik Untuk Menikmati Cita Rasa Istimewanya

6. Lotek dan Karedok

Image credit: @saungpengkolanlembang

Salad khas Sunda ini juga menjadi daya tarik kuliner Indonesia. Lotek dan karedok kurang lebih mirip dengan gado-gado atau pecel, meski secara isian memiliki cira khas tersendiri. Jika sempat, kamu harus menikmati dua kuliner ini, ya!

7. Empal Gentong

Empal Gentong identik dengan kuliner khas Cirebon. Masakan ini menggunakan bahan dasar daging sapi, yang dimasak di dalam kuali atau gentong dengan banyak rempah-rempah sebagai bahan bumbunya. Dengan proses memasak yang cukup lama, setidaknya lima jam, hasil masakan ini sangat menarik dan memiliki cita rasa yang istimewa.

Baca juga: Empal Gentong Cirebon Paling Enak Yang Wajib Kamu Coba Secepatnya

8. Tahu Gejrot

Makanan minimalis yang bisa kamu coba adalah tahi gejrot. Dengan bahan utama tahu pong, kamu akan menikmati makanan dengan cita rasa asam pedas segar. Banyak destinasi yang bisa dituju untuk menikmati kuliner ini.

9. Sate Maranggi

Sate maranggi termasuk makanan khas Sunda yang berasal dari Purwakarta. Sate daging sapi atau kambing memiliki kekhasan tersendiri, yaitu setiap tusuk sate hanya memiliki tiga daging. Adapun bumbu yang dipilih adalah bumbu rempah dengan sambal kecap dan acar sambal tomat, atau sambal oncom dengan ketan bakar sebagai pengganti nasi, atau sambal kacang tergantung dari daerah Jawa Barat bagian mana kamu berada. Penasaran dengan kuliner ini?

10. Es Goyobod

Ingin yang segar-segar? Es Goyobod bisa jadi pilihan minuman khas Sunda untuk dipilih. Mirip dengan es campur, minuman ini menyajikan es serut, santan, gula cair dan hunkue, atau sari kacang hijau yang dibekukan. Minuman ini menawarkan sensasi menyegarkan saat dinikmati, dan paling pas diminum saat cuaca panas.

Baca juga: Restoran Sunda di Bandung yang Asyik untuk Wisata Bersama Keluarga

Masih banyak makanan khas Sunda lainnya yang bisa dipilih, namun sepuluh kuliner di atas adalah yang paling populer dan banyak dicari. Kamu tertarik mencoba yang mana?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru