Malaysia Membuka Perbatasan Untuk Traveler Indonesia Mulai 1 Maret

Traveler internasional, termasuk pemegang paspor Indonesia, akan segera bisa masuk ke Negeri Jiran mulai 1 Maret 2022 mendatang, setelah Komite Pemulihan Nasional (NRC) telah mencapai kesepakatan dan mengizinkan Malaysia membuka perbatasan mereka lagi.

Diungkapkan chairman NRC Muhyiddin Yassin dalam jumpa pers pada 8 Februari silam, perbatasan akan dibuka untuk traveler internasional yang sudah menjalani vaksinasi secara lengkap tanpa ada kewajiban menjalani karantina.

Akan tetapi, untuk bisa mendapatkan keistimewaan tersebut, ada sejumlah syarat yang harus dipatuhi oleh traveler Indonesia yang ingin masuk ke Malaysia, yaitu menunjukkan hasil negatif tes Covid-19 sebelum perjalanan dilakukan dan saat kedatangan.

“Tes Covid-19 sebelum keberangkatan dan saat kedatangan di pintu perbatasan harus dilakukan sesuai dengan rekomendasi Kementerian Kesehatan Malaysia,” ungkap Muhyiddin seperti dikutip Channel News Asia.

“Pembukaan perbatasan nasional harus dijalankan dengan mempertimbangkan dan memperhitungkan risiko yang ada saat ini, lanjutnya.

Dalam penjelasannya, Malaysia tidak akan tebang pilih dalam menerapkan aturan dan akan mengizinkan semua traveler dari seluruh negara di seluruh dunia untuk masuk ke wilayahnya setelah membuka perbatasan nanti.

“Kementerian Kesehatan menyatakan varian Omicron sudah ada di seluruh dunia dan di komunitas, jadi kami tidak bisa memilih (untuk membuka perbatasan hanya untuk negara tertentu),” tegas Muhyiddin.

Dengan dibukanya perbatasan tersebut, diharapkan proses pemulihan ekonomi di Malaysia bisa berjalan lebih cepat. Namun demikian, Muhyiddin menyatakan detail peraturan dan persyaratan serta standar prosedur operasional (SOP) pembukaan perbatasan masih dalam pembahasan dan akan diumumkan segera.

“Kami meyakini kebijakan ini merupakan aturan yang baik, tapi di waktu yang sama kami harus memastikan SOP juga harus dipatuhi,” tandas Muhyiddin.

Adapun kasus Covid-19 di Malaysia saat ini kembali menunjukkan tren peningkatan sejak pertengahan Januari 2022. Kasus positif kini mencapai 13,944 kasus dengan rata-rata 8982 kasus per hari.

Baca juga: Waspada Omicron, Malaysia Perketat Syarat Masuk Ke Wilayahnya

Bagi yang ingin liburan ke Malaysia, tidak ada salahnya mulai bersiap dari sekarang. Mendapat suntikan vaksin Covid-19 secara lengkap dan memastikan paspor masih berlaku menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan. Ingat untuk selalu menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin tinggi, terutama penggunaan masker dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru