Inspirasi Oleh Oleh Khas Jakarta Yang Unik Untuk Bekal Mudik Kamu

Sudah merencanakan untuk mudik ketika liburan panjang tiba? Kalau kamu selama ini tinggal di Jakarta dan ingin membawa oleh-oleh untuk keluarga besar di kampung halaman, maka jangan memilih barang yang biasa-biasa saja. Pilihlah oleh oleh khas Jakarta agar lebih mengesankan.

Kota Jakarta lekat dengan kebudayaan Betawi yang memang mendominasi pada masa lalu. Walau saat ini masyarakat Betawi tidak sebanyak dulu, namun jejak-jejak sejarahnya tetap mudah ditemukan. Tidak heran kalau banyak oleh oleh khas Jakarta yang berhubungan dengan budaya Betawi ini. Nah bagi kamu yang sudah merencanakan ingin membeli oleh-oleh, cek rekomendasi TripZilla Indonesia di sini untuk berbagai ide oleh-oleh yang menarik!

1. Membuat kenangan manis dengan menggigit legitnya dodol betawi

oleh oleh khas jakarta
Image credit: Wikimedia

Dodol betawi adalah makanan khas yang cukup awet dan mudah dibawa sebagai oleh-oleh. Umumnya dodol betawi dibuat secara tradisional dengan bahan-bahan seperti gula merah, ketan dan santan kelapa. Perajin dodol harus mengaduk tanpa henti selama sekitar 8 jam dan hasilnya adalah penganan manis dengan tekstur legit yang nikmat. Salah satu penjual dodol betawi adalah Mpok Nini, yang dapat kamu pesan online juga lewat website. Harga per kemasannya adalah 35,000 IDR dengan berat 400 gram.

2. Unik, tidak seram dan mengenyangkan kalau oleh-olehnya roti buaya

Image credit: Wikimedia 

Mencari roti yang satu ini gampang-gampang susah. Tetapi karena unik dan bisa disantap oleh banyak orang, maka roti buaya menjadi salah satu pilihan oleh-oleh yang menarik untuk dibeli. Roti ini lazim disajikan dalam acara pernikahan adat Betawi karena konon buaya jantan selalu melindungi buaya betina ketika hendak bertelur hingga telurnya menetas dan juga setia pada pasangannya. Namun saat ini, kamu dapat membeli roti buaya kapan pun. Salah satu penjualnya adalah Royal Snack Box dan kamu dapat memesannya melalui website. Harganya mulai dari 500,000 IDR untuk paket roti buaya ukuran besar dan kecil dengan pilihan mulai dari tanpa isi hingga isi blueberry, coklat atau keju.

3. Kombinasi rasa gurih, asam dan manis yang seru ada di seporsi tape uli

Image credit: Wikimedia

Tape uli juga merupakan salah satu kuliner khas Betawi yang mudah dibawa untuk oleh-oleh. Makanan yang terbuat dari beras ketan ini akan menghadirkan rasa asam manis tape dan gurih uli di lidahmu. Tape uli melambangkan kebersamaan karena saat membuat tape uli, warga menumbuk dan memasak bersama-sama. Kamu dapat menyantap tape uli secara terpisah atau dicampur sesuai selera. Tape uli banyak dijajakan di pasar-pasar tradisional seantero Jakarta dengan harga mulai dari 2,500 IDR. Murah meriah, jadi kamu bisa membeli banyak untuk keluarga dan teman-temanmu nih!

4. Geplak betawi, kue tradisional langka yang layak untuk diburu

oleh oleh khas jakarta
Image credit: @nabils_kitchen20

Kue geplak juga jadi sajian di acara pernikahan adat Betawi dan karena itu bisa menjadi oleh-oleh yang berkesan. Kue dari tepung beras dan kelapa parut ini diolah dengan cara tradisional dan diratakan di dalam cetakan dengan dipukul. Hal ini menjelaskan asal mula nama geplak. Kamu dapat mengunjungi sentra-sentra kuliner Betawi seperti di Babakan Setu untuk membeli geplak yang dijual dengan harga sekitar 50,000 IDR per kemasan. Namun kalau tidak ingin repot, bisa juga memesannya ke toko Romlah Oleh Oleh Jakarta lewat website. Mudah dan pasti kebagian!

5. Segar namun dijamin tidak akan mabuk kalau minum bir pletok

Image credit: Wikimedia 

Bir pletok yang dikemas dalam botol bernuansa jaman dulu ini terkenal sebagai ikon minuman khas Betawi. Alih-alih memabukkan, bir pletok adalah minuman yang sehat karena tanpa alkohol dan mengandung rempah-rempah seperti jahe dan kayu secang. Penyakit masuk angin dan pegal-pegal dapat diusir dengan sebotol bir pletok. Ingin membawa pulang kesegarannya ke kampung halamanmu? Pesan saja di toko Mpok Nini yang bisa kamu kunjungi juga lewat website resminya. Sebotol bir pletok dihargai 13,000 IDR, pas untuk minuman yang menyehatkan seperti ini.

6. Kue rangi, perpaduan tekstur kenyal dan garing yang bikin nagih

Image credit: Wikimedia 

Kamu yang tinggal di Jakarta pasti sudah tidak asing lagi dengan jajanan ini. Kue rangi adalah cemilan murah dan enak yang mudah kamu dapatkan di setiap sudut kota. Berbahan dasar tepung tapioka, kue rangi terasa kenyal dengan bagian luar yang garing. Penjual kue rangi akan menambahkan gula jawa cair di atasnya sehingga menerbitkan rasa manis yang menggugah selera. Cobalah menjelajahi pasar-pasar tradisional seperti Pasar Mayestik untuk menemukan penjual kue rangi. Kue yang dijual dengan harga sekitar 2,000 IDR ini sangat pas untuk temanmu ngeteh atau ngopi di sore hari.

7. Bergaya atau sekedar mengoleksi seperangkat baju pangsi khas Betawi

Image credit: Betawi Punye Barang Since 2016

Baju pangsi menjadi alternatif oleh-oleh yang berbeda karena dapat dipakai atau dikoleksi. Baju khas Betawi ini punya potongan sederhana dan biasanya dikenakan oleh para jawara. Warna-warni baju pangsi tidak sembarangan karena melambangkan kedudukan pemakainya di masyarakat. Ada warna krem, putih, hitam hingga merah yang terlihat mencolok mata. Saat ini, warna-warni tersebut dapat dipakai oleh semua orang, jadi kamu dapat memilih warna yang kamu sukai. Salah satu penjual baju pangsi yang bisa kamu cek koleksinya adalah Betawi Punye Barang dengan Instagramnya di @betawipunyebarang. Berminat?

8. Memborong sepasang boneka ondel ondel yang akan memeriahkan suasana rumahmu

Image credit: Ondel Ondel Kramat Jati

Ondel ondel adalah ikon khas kota Jakarta, jadi boneka ondel ondel adalah oleh-oleh yang pas untuk dibeli. Sepasang boneka laki-laki dan perempuan ini bakal jadi penghias rumah yang ampuh untuk menerbangkan ingatanmu kembali ke Jakarta. Ondel ondel sendiri sebenarnya adalah boneka khas Betawi yang melambangkan leluhur yang selalu menjaga penduduk di desa. Kalau ingin punya satu atau sepasang boneka ini, kamu bisa memperolehnya di toko Ondel Ondel Kramat Jati. Cek juga Instagramnya di @ondelondel_kramatjati.

9. Supaya tidak lupa dengan kemegahannya, pilih miniatur Monas untuk oleh-oleh

Image credit: asrigaleri

Monumen Nasional alias Monas yang asli menunjukkan kemegahan yang membanggakan. Dengan puncak yang berlapis emas, Monas menjadi lambang kegigihan perjuangan rakyat Indonesia. Melihat dari sejarahnya, miniatur Monas dapat menjadi ide oleh-oleh yang kreatif untuk keluarga atau saudaramu. Kamu bisa menjumpai miniatur yang dibuat dari beragam bahan. Salah satu produsen miniatur Monas adalah Asri Galeri, yang juga bisa kamu pantau lewat Instagram @asrigaleri.

10. Tidak hanya untuk ibu-ibu, keanggunan kebaya encim pantas untuk semua usia

Image credit: Wikimedia

Kebaya encim adalah pakaian tradisional yang identik dengan warga Betawi. Tersedia dalam berbagai warna dan corak, kebaya encim juga punya asal usul yang berhubungan dengan kebudayaan Tionghoa. Pada masa lalu, kebaya ini banyak dikenakan perempuan China yang dipanggil encim. Sebutan kebaya encim pun melekat hingga sekarang. Kebaya encim mudah ditemukan misalnya di Pusat Grosir Tanah Abang atau pusat perbelanjaan Thamrin City.

11. Kain batik Betawi, sehelai kain indah yang sarat makna

oleh oleh khas jakarta
Image credit: @mayangmanggar 

Kain batik Betawi adalah oleh-oleh yang tepat untuk pencinta barang etnik. Selembar kain dapat diolah menjadi busana yang modis karena motif-motifnya yang cantik. Motif yang ada misalnya pencakar langit, salakanagara dan jali-jali. Di balik kecantikannya, batik Betawi juga kaya akan filosofi. Kamu bisa berbelanja batik Betawi di sentra-sentra penjualan batik, salah satunya adalah Thamrin City.

12. Snowglobe dengan isian lanskap kota Jakarta yang unik

oleh oleh khas jakarta
Image credit: @lusi_bas 

Kamu tentu sudah mengetahui snowglobe. Banyak snowglobe dijadikan kenang-kenangan di berbagai daerah, tidak terkecuali Jakarta. Kamu dapat mencari snowglobe dengan isian bangunan khas atau lanskap kota Jakarta. Saat dipajang, tentu akan segera membuatmu ingat dengan hiruk pikuknya Jakarta. Tertarik? Kamu dapat menemukan berbagai modelnya di toko-toko cenderamata online atau pusat grosir di Jakarta.

Baca juga: 19 Makanan Khas Betawi Yang Harus Dicoba Dan Tempat Terbaik Menikmatinya

Oleh-oleh menarik khas Jakarta tidak sulit untuk didapatkan, apalagi dengan kehadiran banyak toko di marketplace. Selain itu karena banyaknya pilihan yang tersedia, kamu tidak akan kesulitan menemukan oleh-oleh yang sesuai dengan anggaranmu. Belanja yuk!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru