19 Makanan Khas Betawi Yang Harus Dicoba Dan Tempat Terbaik Menikmatinya

Sering bepergian ke Jakarta? Berarti sudah sering menikmati kuliner atau makanan khas Betawi, dong? Jika belum, mungkin pada kesempatan berikutnya kamu bisa mencoba mencicipi dan menikmati citarasa gurih dan sedap khas kuliner Betawi.

Ironisnya, makanan khas Betawi sudah sulit ditemukan di Jakarta. Malah, kamu bisa menemukan kuliner khas daerah lain jauh lebih mudah di karena banyaknya pendatang di ibu kota yang mengadu nasib dengan membawa kuliner dan citarasa daerah. Sebut saja nasi Padang, batagor Bandung atau bahkan bubur ayam Sukabumi dan masih banyak lagi lainnya yang bisa ditemukan dengan mudah di semua wilayah di Jakarta.

Namun demikian, jika kamu ingin menikmati kuliner khas Betawi di Jakarta, ada sejumlah tempat yang bisa kamu kunjungi. Bahkan kamu bisa mendapatkan banyak pilihan makanan khas Betawi yang bisa dipertimbangkan untuk dinikmati. Ingin tahu apa saja makanan khas Betawi yang menarik untuk dicoba dan tempat terbaik untuk mendapatkannya, TripZilla Indonesia memiliki daftarnya di bawah ini. Cekidot, ya!

1. Soto Betawi

makanan khas Betawi
Image credit: Kulineran Jajan Mukbang

Menjadi salah satu makanan khas Betawi yang paling sering dicari traveler yang berkunjung ke Jakarta. Berbeda dengan sajian soto dari daerah lain, soto Betawi memiliki tampilan dan citarasa unik yang menjadikannya layak sebagai kuliner wajib coba.

Baca juga: 10 Tempat Makan Soto Betawi Paling Enak Dan Ngehits Di Jakarta

2. Gado-gado Betawi

makanan khas betawi
Image credit: @byviszaj

Gado-gado Betawi juga menjadi salah satu kuliner khas Betawi yang mudah ditemukan di sejumlah lokasi di penjuru Jakarta. Untuk bisa merasakan citarasanya langsung, tempat terbaik untuk mencobanya bisa dilihat di bawah ini.

Baca juga: 7 Tempat Menikmati Gado-Gado Betawi Terenak Di Jakarta

3. Asinan Betawi

Image credit: @gunculinary

Tampil dengan versi yang berbedadari asinan Bogor, asinan Betawi memiliki kekhasan karena bahan utama yang digunakan, yaitu sayuran seperti sawi, selada, kol, tauge, tahu putih dengan taburan kacanh tanah goreng sebagai topping dan kuah asam manis pedas. Yang khas dari asinan Betawi adalah adanya pelengkap, kerupuk mie berwarna kuning.

Baca juga: 5 Asinan Betawi Enak Di Jakarta Yang Tak Boleh Dilewatkan

4. Kerak telor

Image credit: Kuliner Indramayu

Konon, kuliner ini menjadi salah satu menu makanan warga Jakarta di masa kolonial. Terlepas dari itu, kerak telor kini memiliki pangsa pasarnya tersendiri karena keunikan citarasa dan tampilan. Bahan utama kerak telor adalah beras ketan putih, telur ayam atau bebek serta udang ebi yang disangrai dan bawang goreng dengan tambahan kelapa sangrai. Tempat terbaik menikmati kerak telor adalah di kawasan Kemayoran, tepatnya di Pekan Raya Jakarta.

5. Nasi uduk

makanan khas betawi
Image credit: @dad_dish

Nasi uduk menjadi hidangan khas Betawi yang menjadi favorit banyak orang. Nasi yang gurih dengan pilihan lauk yang melimpah menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan hidangan ini. Tempat terbaik menikmatinya? Cek daftarnya di bawah ini!

Baca juga: Nasi Uduk Betawi Enak Di Jakarta Yang Harus Kamu Datangi

6. Semur jengkol

Image credit: Resep Masak Favorit Suami

Identik dengan bau, semur jengkol khas Betawi menghilangkan anggapan tersebut. Dengan teknik memasak yang khas, plus tambahan bumbu yang tepat menjadikan jengkol yang dimasak semur ini sebagai menu makanan yang nikmat dan paling asyik dinikmati bersama dengan nasi putih hangat atau nasi uduk. Tempat terbaik menikmatinya? Warung betawi H. Muhayar bisa jadi pilihan.

Lokasi: Jl. Taman Margasatwa Raya No.8, RT.9/RW.5, Jati Padang, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam operasional: Setiap hari, 8.00 – 22.00 WIB

7. Lontong/ketupat sayur

makanan khas betawi
Image credit: Renny Ayu

Salah satu menu makanan khas Betawi dengan citarasa gurih adalah lontong atau ketupat sayur. Lontong atau ketupat sebagai bahan utama digabungkan bersama dengan sayur, telor rebus dan bumbu kacang sebelum diguyur dengan kuah santan yang pekat dan panas, yang menjadikan kuliner tersebut menjadi istimewa. Ada sejumlah lokasi mendapatkan ketupat sayur Betawi dengan kualitas terbaik di Jakarta, salah satunya adalah Ketupat Sayur Mandala.

Lokasi: Jalan Mampang Prapatan No. 17 RT. 03 / RW. 05 Duren Tiga Pancoran RT.4, RT.3/RW.5, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam operasional: Setiap hari, 6.00 – 14.00 dan 18.00 – 04.00 WIB

8. Pecak lele

Image credit: Mama Catering

Belum pernah mendengar kuliner ini? Bukan hal yang mengejutkan karena popularitasnya kalah dari nasi uduk atau soto Betawi. Namun soal kualitas rasa, pecak lele Betawi yang memiliki perpaduan rasa gurih, pedas dan asam dengan isian lele, kuah santan, saus, kacang dan air asam jawa, menjadikan kuliner ini wajib masuk dalam menu wisata kuliner kamu di Jakarta. Salah satu tempat untuk bisa menikmati kuliner ini adalah di Warung Mak Dower.

Lokasi: Jl. Pemuda No.72, RT.2/RW.4, Jati, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam operasional: Setiap hari, 10.00 – 22.00 WIB

9. Soto tangkar

Image credit: @supersillychef

Jika warga Makassar memiliki sop konro yang bisa dibanggakan, orang Betawi tak boleh kalah karena ada soto tangkar yang juga mengesankan. Soto iga sapi ini menjadi kuliner khas Betawi yang paling pas dinikmati saat cuaca dingin atau hujan karena sensasi hangat dan pedas yang ditawarkan. Soto Tangkar Bang Edi di kawasan Tanah Abang bisa menjadi spot terbaik menikmati hidangan ini.

Lokasi: Jl. Tanah Abang II No.41D, RT.1/RW.4, Petojo Sel., Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam operasional: Setiap hari, 7.00 – 22.00 WIB

10. Laksa Betawi

Image credit: Endro Purnomo

Laksa Betawi memiliki kemiripan dengan laksa Bogor, namun tetap ada kekhasan yang ditawarkan. Dalam satu porsi laksa, kamu akan mendapatkan mie gandum atau bihun dengan kuah kaldu yang gurih, plus tauge, telur, dan bawang goreng serta sayuran, yang nikmati dicoba sebagai menu sarapan. Laksa Betawi Assirot menjadi salah satu tempat untuk mendapatkan kuliner ini di Jakarta.

Lokasi: Jl. Assirot No.1, RT.1/RW.3, Sukabumi Sel., Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam operasional: Setiap hari, 9.00 – 17.00 WIB

11. Gabus Pucung

makanan khas betawi
Image credit: Review Segala

Selain lele, ikan gabus juga biasa digunakan sebagai bahan makanan masyarakat Betawi, yang kemudian menelurkan masakan dengan nama Gabus Pucung. Dengan menggunakan campuran bumbu ketumbar, daun salam, sereh, jahe, lengkuas, tomat, jeruk limau, bawang dan cabai rawit, ikan gabus sebagai bahan utama dimasak di dalamnya dan muncul sebagai masakan dengan citarasa asam dan pedas, namun tetap enak. Spot terbaik mendapatkan kuliner ini adalah di Warung Khas Betawi Gabus Pucung Dan Kakap.

Lokasi: Jl. Raya Lenteng Agung No.47, RT.2/RW.1, Lenteng Agung, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam operasional: Senin – Sabtu, 9.00 – 17.00 WIB

12. Ketupat Babanci

Image credit: Amel

Mendapatkan kuliner ini mungkin akan sedikit sulit karena makanan khas Betawi ini hanya muncul di acara-acara khusus, seperti pernikahan dan sejenisnya. Namun, sebagai gambaran, ketupat babanci adalah hidangan dengan isian utamanya adalah sayuran, daging sapi, kelapa muda dan petai dengan kuah pedas.

13. Bubur ase

Image credit: L on Instagram

Bubur ase juga menjadi salah satu kuliner khas Betawi yang sulit dicari keberadaannya. Padahal hidangan ini cukup menarik, seperti penggunaan semur daging sebagai lauk utama, dengan kentang, kacang dan tauge sebagai sayuran. Yang membedakan bubur ini dengan bubur lainnya adalah penyajiannya, di mana bubur ase disajikan dalam kondisi dingin. Yang penasaran bisa mencoba di bubur ase Bang Lopi di kawasan Tanah Abang.

Lokasi: Ps. Gandaria, Jl. Kb. Kacang 9 No.5, RW.2, Kb. Kacang, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat
Jam operasional: Setiap hari, 6.00 – 12.00 WIB

14. Nasi ulam

Image credit: Sherin Wong

Nasi ulam khas Betawi bisa menjadi salah satu kuliner yang layak dicoba. Kamu akan mendapati nasi kukus yang dimasak bersama dengan rempah, dengan lauk serundeng, mi bihun dan kerupuk sebagai topping. Nasi ulam Mpik Nenah bisa menjadi jujukan kamu untuk menikmati kuliner ini.

Lokasi: Gg. H. Mujimi No.23, RW.6, RT. 5, RT.5/RW.6, Mampang Prpt., Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam operasional: Selasa – Jumat, 5.00 – 8.00 WIB

15. Sayur besan

Image credit: Ali Mustopa

Merupakan salah satu masakan legendaris Betawi yang juga sulit ditemukan. Dengan bahan utama tebu telur, yang diolah bersama dengan kentang, ebi dan petai, kamu akan mendapati rasa masakan yang gurih dan lezat.

16. Ketoprak

Image credit: @the.lucky.belly

Makanan khas Betawi ini menjadi salah satu bentuk salad sayur. Mirip dengan pecel atau lotek, bahan utama ketoprak adalah tahu, mentimun, kecambah dan bihun, plus telur goreng dan ketupat, yang disiram dengan saus kacang pedas, manis dan gurih. Untuk menambah keriuhan dalam menikmatinya, kerupuk dan emping pun harus ditambahkan. Ada banyak lokasi untuk bisa menikmati ketoprak, salah satunya adalah di Ketoprak Ciragil.

Lokasi: Jl. Ciragil II No.24, RT.6/RW.1, Rw. Bar., Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam operasional: Setiap hari, 9.00 – 17.00 WIB

17. Pindang bandeng kecap

Image credit: Lily Homemade Food

Pindang bandeng kecap menawarkan citarasa manis dan pedas bagi penikmatnya. Paling pas dimakan dengan nasi putih hangat, plus cocolan sambel kecap yang nikmat. Warung betawi H. Ibeh bisa menjadi jujukan menikmati sajian ini.

Lokasi: Jalan Raya Kembangan No. 1E, Gang Mandor, Bugis Belor, Kembangan, RT.2/RW.3, Kembangan Utara, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam operasional: Senin – Sabtu, 9.00 – 18.00 WIB

18. Mi kangkung

makanan khas betawi
Image credit: @jktfoodmap

Mi kangkung menjadi salah satu makanan khas Betawi yang tidak populer, tapi tidak boleh dipandang sebalah mata. Dengan mi berkuah kental yang disajikan dengan kangkung, bakso dan jamur, hidangan ini sangat menarik untuk dinikmati saat dingin atau hujan. Penasaran dengan kuliner ini? Coba langsung di Mie Jimmy di kawasan Kalideres.

Lokasi: Jl. Taman Surya Boulevard No.1, RW.15, Pegadungan, Kec. Kalideres, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Jam operasional: Setiap hari, 7.00 – 17.00 WIB

19. Taoge goreng

Image credit: Dapur Izma

Kamu bakal mudah menemukan kuliner ini di pinggir jalan atau daerah pasar di Jakarta. Selain mudah dibuat, taoge goreng juga memiliki gizi tinggi karena bahan utama yang digunakan, seperti mie kuning, taoge dan daun kucai, plus tambahan tahu dan kacang goreng serta bawang goreng sebagai penambah kenikmatan. Sejumlah rumah makan Betawi masih menyajikan kuliner ini dalam menu mereka, termasuk di Warung Betawi H. Mul.

Lokasi: Jalan Swadaya No 74 Bambu Apus Cipayung Jakarta Timur
Jam operasional: Setiap hari, 8.00 – 20.00 WIB

Baca juga: 7 Restoran Di Jakarta Yang Terkenal Untuk Menikmati Kuliner Khas Betawi

Punya makanan khas Betawi lainnya yang wajib dinikmati traveler yang akan berkunjung ke Jakarta?

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru