Roadtrip Jalur Pansela Dan Destinasi Wisata Yang Bisa Kamu Kunjungi!

Kamu gemar mudik atau bertualang keliling Jawa lewat jalan darat? Tentunya kamu sudah mengenal jalur Pantura alias Pantai Utara Jawa, kan? Tapi tahukah kalian ada jalur lain di Pulau Jawa yang bisa disusuri atau roadtrip, yaitu jalur Pantai Selatan atau Pansela?

Daya tarik jalur ini adalah pemandangannya yang indah sepanjang jalan dan didominasi pantai-pantai. Saat ini sudah dibangun fasilitas-fasilitas pendukung yang membuat jalur Pansela semakin nyaman untuk dilalui. Pembangunan jalur Pansela diperkirakan akan tuntas pada tahun 2024, yang menghubungkan Pulau Jawa dari ujung ke ujung.

Karena keindahan yang ditawarkan, tidak ada salahnya mempertimbangkan roadtrip menjelajah Pulau Jawa melalui jalur Pansela untuk mengisi waktu liburan kamu, lho! Roadtrip dari Jakarta hingga Banyuwangi selama tujuh hari dan mengunjungi obyek-obyek wisata yang indah di setiap kota akan sangat menarik untuk dilakukan. Cek panduan obyek wisata yang layak dikunjungi dari TripZilla Indonesia agar perjalananmu makin berkesan!

Roadtrip hari pertama: Membuka perjalanan dengan menikmati keindahan Garut

Garut yang berada di Jawa Barat dapat menjadi perhentian pertamamu selepas kota Jakarta. Lekat dengan produk dodol dan peternakan dombanya yang kondang, pantai-pantai Garut juga wajib untuk disambangi.

Baca juga: Oleh Oleh Khas Garut Yang Unik Dan Wajib Kamu Beli!

roadtrip jalur pansela
Image credit: pantaisayangheulang

Merapatlah ke Desa Mancagahar dan kamu dapat bersantai sejenak di Pantai Sayang Heulang. Masih dekat dengan pusat kota, kamu tidak perlu bersusah payah untuk menemukan pantai ini. Hamparan pasirnya yang luas menjadi ciri khas dari pantai ini. Kalau kamu datang di hari libur, tentu saja pantai akan lebih ramai namun tidak mengurangi keindahannya kok!

Baca juga: Itinerary Liburan Garut 3H2M Yang Menyenangkan Di Akhir Pekan

Image credit: asep.abdul.rahman

Berdekatan dengan Pantai Sayang Heulang, ada pula Pantai Santolo dengan ombaknya yang tidak terlalu besar. Terbuka dari pagi hingga malam hari, kamu bisa berjalan kaki sepanjang pantai atau menyewa perahu nelayan jika ingin menjelajah hingga ke tengah laut.

Image credit: _mels711_

Beranjak sedikit saja dari Pantai Santolo, kamu bisa turun lagi dari kendaraan untuk melihat keindahan Pantai Puncak Guha. Pantai yang satu ini dapat dinikmati dari puncak tebing tinggi dan terdapat goa kelelawar yang tidak jauh dari pintu masuknya. Kalau ingin merasakan momen matahari terbit dan terbenam yang istimewa, kamu boleh berkemah di tebingnya lho!

Baca juga: 19 Destinasi Wisata Di Garut Yang Anti-Mainstream, Keren Dan Instagramwothy

Roadtrip hari kedua: Basah-basahan di Pangandaran

Masih berlokasi di Jawa Barat, Pangandaran dapat menjadi kota selanjutnya yang bisa dieksplorasi. Terkenal dengan pantai-pantainya, siap-siap untuk berjemur dan menggelapkan kulitmu setibanya di sini!

Image credit: hallo_rinadiana

Pantai Madasari merupakan salah satu pantai yang cukup digemari di Pangandaran. Terdapat batu-batu karang yang cantik dan bentuknya yang unik menjadi ciri khas dari Pantai Madasari. Di sepanjang pantainya juga terdapat 11 pulau kecil dan masih banyak hewan-hewan liar semisal ayam hutan hidup di sini.

roadtrip jalur pansela
Image credit: henmoto

Selanjutnya ada Pantai Batu Hiu yang dijuluki Tanah Lot di Jawa Barat. Hal ini karena terdapat pulaunya yang menjorok ke bibir pantai sehingga akan mengingatkanmu pada obyek wisata Tanah Lot di Bali. Asyiknya di pulau ini  sudah dibuat gazebo yang membuatmu bisa menikmati panorama dari atas dengan nyaman!

Image credit: Citumang Full Body Rafting

Apabila kamu sudah capai duduk dan ingin melakukan aktivitas yang lebih menantang, kunjungi obyek wisata Citumang dengan fasilitas body rafting. Kamu akan dibawa menjelajahi aliran sungai dan melewati goa, diapit dengan keasrian pepohonan di kiri dan kananmu. Usahakan tiba di sini sebelum matahari terbenam agar kamu dapat menikmati kegiatan body rafting ya!

Baca juga: 13 Destinasi Wisata Di Pangandaran Yang Eksotik

Roadtrip hari ketiga: Jelajahi Yogyakarta

Siapa sih yang tidak mau berlibur di Yogyakarta? Wisata kulinernya yang murah meriah dan atmosfer kota yang ramah membuat banyak orang mudah kangen untuk kembali ke sini. Jadi jangan sia-siakan kesempatanmu untuk mampir ke Yogyakarta di tengah perjalanan ya!

Baca juga: 9 Desa Wisata Di Jogja Yang Harus Dikunjungi Untuk Liburan Seru

roadtrip jalur pansela
Image credit: The House of Raminten Official

Spot pertama yang bisa dikunjungi adalah House of Raminten, restoran yang ikonik di Yogyakarta. Kamu bisa melepas penat sambil makan di restorannya yang khas dengan alunan gending Jawa dan beraroma dupa. Para pegawai restoran pun mengenakan baju khas Jawa yang makin menghidupkan suasana tradisional di sini.

Baca juga: Candi Di Jogja Yang Eksotik Dan Tidak Biasa Untuk Dikunjungi

Image credit: iamfernandoreza

Tidak lengkap juga ke Yogyakarta tanpa mengunjungi Keraton Yogyakarta yang bersahaja. Kamu dapat menikmati desain keratonnya yang indah dipandang dan ada pula jasa pemandu yang akan membantumu menggali lebih dalam tentang sejarah Keraton Yogyakarta. Jadi tidak hanya cantik untuk diabadikan namun juga bisa menambah wawasanmu!

Baca juga: Tempat Wisata Jogja Terbaru Yang Menanti Untuk Dikunjungi!

Image credit: nonianaprana

Saat sore hari tiba, alangkah nyamannya untuk bersantai sambil jajan di Alun Alun Yogyakarta! Semakin malam, pendaran pencahayaan di sini membuat suasana juga makin semarak. Ada pohon beringin kembar yang terkenal karena konon tidak semua orang bisa berjalan di tengahnya dengan mata tertutup. Berani mencoba?

Roadtrip hari keempat: Menapaki Jawa Timur di Pacitan

Pacitan yang dijuluki Kota 1001 Goa ini memang kota yang indah dan patut jadi perhentian berikutnya dalam perjalananmu. Tidak hanya goa, namun banyak obyek wisata lainnya yang akan membuatmu tidak sabar untuk mengeksplorasi Pacitan.

Image credit: devioctaviani87

Goa Gong jadi obyek wisata yang wajib kamu kunjungi di Pacitan. Ada yang menganggap Goa Gong merupakan goa yang terindah di Asia Tenggara dengan stalaktit dan stalagmitnya yang jika dipukul akan berbunyi seperti gong. Goa ini pun sudah dilengkapi tangga dan pencahayaan yang ciamik sehingga tidak berbahaya dan nyaman untuk dimasuki. Buktikan sendiri keindahannya!

Image credit: gustiana.x

Tidak sekadar sungai, karena Sungai Maron yang disebut memiliki suasana serasa di Sungai Amazon ini juga punya spot-spot menarik untuk berfoto. Jalur sungai sejauh 4,5 kilometer sudah dipersiapkan dengan berbagai fasilitas wisata yang membuatmu dapat menyusuri sungai, memancing atau berenang. Hutan tropis di sekeliling sungai akan membuat matamu sejuk dan segar kembali. Selesai susur sungai, kamu bisa mampir ke Pantai Ngiroboyo sebelum kembali ke dermaga.

Baca juga: 26 Pantai Di Pacitan Yang Indah Dan Mengesankan

roadtrip jalur pansela
Image credit: odiliaodilia

Kamu pun dapat menyempatkan diri untuk cuci mata di Pantai Klayar yang punya formasi bebatuan karang nan unik. Terdapat batu karang yang menyerupai Sphinx atau batu yang disebut Suling Paus karena dapat menyemburkan air dan mengeluarkan suara seperti paus yang bersiul. Berjalan-jalan dan mengabadikan sisi-sisi pantai yang instagramable ini sangat menghibur, tetapi kamu dilarang berenang karena Pantai Klayar punya ombak yang besar.

Roadtrip hari kelima: Melihat keelokan alam Blitar

Apa yang ada di Blitar? Meskipun namanya kurang santer terdengar dibandingkan kota-kota lainnya, namun Blitar memiliki banyak lokasi yang menarik lho!

Baca juga: 12 Tempat Wisata di Blitar yang Wow Banget!

roadtrip jalur pansela
Image credit: syikh.al

Salah satu yang tidak boleh dilewatkan dalam agenda roadtrip jalur Pansela kamu adalah berziarah ke Makam Bung Karno. Dibangun di akhir tahun 1970, bangunan megah berbentuk joglo ini dapat kamu kunjungi untuk ziarah atau mengenal sejarah lebih dekat. Ada museum dan perpustakaan juga di dalamnya agar kamu lebih mengenal sosok sang proklamator ini.

roadtrip jalur pansela
Image credit: t.aprl95

Mau melihat yang hijau-hijau lagi? Blitar juga punya Bukit Teletubbies yang memukau seperti ini. Kamu bisa menemukan banyak spot cantik untuk diabadikan. Di beberapa titik, kamu perlu membayar untuk berfoto. Selain itu ada pula wahana balon udara yang dapat kamu gunakan untuk selfie.

roadtrip jalur pansela
Image credit: mentarianindy

Kebun Teh Sirah Kencong yang terletak di kaki Gunung Butak menyajikan panorama yang tidak kalah cantiknya. Tidak hanya jalan santai dan berfoto, banyak kegiatan lain yang bisa kamu lakukan di sini. Melihat candi, air terjun hingga berkemah di area Brak Papat dapat membuat waktu berjalan tidak terasa.

Roadtrip hari keenam: Menjajal obyek wisata unik di Lumajang

Lumajang punya banyak obyek wisata yang mengesankan. Namun tiga obyek wisata di bawah ini keren banget dan jangan sampai terlewatkan olehmu, ya!

Baca juga: Bukan Hanya Bromo, 9 Destinasi Wisata Di Lumajang Ini Juga Keren Abis

roadtrip jalur pansela
Image credit: airterjunkapasbiru

Senang melihat curug? Air Terjun Kapas Biru yang berketinggian sekitar 20 meter ini berada di tempat yang terpencil dan sunyi sehingga menambah sensasi saat kamu mengunjunginya. Kamu dapat berjalan kaki melalui jalur yang masih rimbun dengan pepohonan. Dijamin udara segar dan derasnya debit air akan membuatmu tidak sabar untuk mengeksplorasi air terjun ini!

Image credit: Pemandian Alam Selokambang

Ingin santai di tempat yang unik? Pemandian Alam Selokambang bisa jadi alternatif menarik untukmu. Airnya yang bersumber dari mata air alami dianggap bisa menyembuhkan penyakit. Selain itu, cobalah berfoto di bawah air bersama dengan berbagai properti seperti ini!

roadtrip jalur pansela
Image credit: rozaq_gjrt

Satu spot lagi yang sangat keren di Lumajang adalah Air Terjun Tumpak Sewu. Kamu yang pecinta alam pasti pernah mendengar tentang kemegahan air terjun ini. Tirai-tirai airnya yang mengalir deras dengan hutan di sekitarnya sungguh mempesona. Kalau kamu berani, kamu bisa turun hingga ke bawah dan dijamin pemandangannya akan lebih mengagumkan!

Roadtrip hari ketujuh: Banyuwangi dengan kekayaan budayanya

Kota yang pas untuk menutup road trip di jalur Pansela ini adalah Banyuwangi. Banyuwangi punya keragaman obyek wisata mulai dari wisata alam hingga budaya yang mengesankan.

Baca juga: 10 Tempat Wisata Banyuwangi Yang Keren Banget!

roadtrip jalur pansela
Image credit: sofi_alawiyah

Pantai Watu Dodol bukan sembarang pantai. Nama watu dodol berasal dari batu karang yang menyerupai penganan dodol yang ada di pantai ini. Sehabis Lebaran, warga seringkali mengadakan ritual Puter Kayon di sini, dengan cara mengarak dan melarung sesajian ke laut.

Image credit: Taman Nasional Alas Purwo

Kekayaan alam Banyuwangi juga tampak di Taman Nasional Alas Purwo.  Mau melihat goa, padang savana, hutan bakau semua ada di sini! Di kawasan yang ditetapkan sebagai geopark nasional ini, masih hidup ratusan jenis hewan dan tumbuhan yang akan menyambutmu. Taman Nasional Alas Purwo ini juga bisa menjadi pengingat agar kamu selalu menjaga alam di sekitarmu.

Image credit: karimsu

Tempat berikutnya dalam itinerary roadtrip menyusuri jalur Pansela yang layak dikunjungi yaitu Desa Wisata Osing. Berlokasi di Kampung Kemiren, kamu bisa berkeliling desa dengan berjalan kaki. Dihuni warga dari suku Osing, banyak tradisi menarik yang dapat disaksikan di sini. Sebut saja penampilan Barong Osing atau tari gandrung yang sulit ditemukan di tempat lain. Menarik!

Baca juga: Campervan Di Indonesia Yang Bisa Dipilih Untuk Wisata Menyenangkan

Perjalananmu akan berakhir di Banyuwangi dan kamu dijamin puas setelah menjelajahi Pulau Jawa. Kamu juga bisa melanjutkan perjalanan ke Pulau Bali untuk menambah kesan wisata kamu. Siapkan stamina dan jangan lupa memastikan kendaraan dalam kondisi prima agar roadtrip menyusuri jalur Pansela berjalan dengan lancar!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru