Solo Safari Zoo, Informasi Lengkap Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Berkunjung

Liburan ke Solo, yuk! Selain menikmati ragam kulinernya yang istimewa, Solo juga memiliki sejumlah destinasi wisata baru yang menarik, lho! Salah satu yang tak boleh luput dari kunjungan adalah Solo Safari Zoo.

Tempat wisata baru tersebut menjadi viral dalam beberapa pekan terakhir setelah dipromosikan di sejumlah media sosial. Dalam sejumlah postingan tersebut, ada berbagai pemandangan menarik, terutama koleksi binatang eksotik yang ada di sana. Nuansa dan atmosfernya yang asyik juga menjadi daya tarik tersendiri bagi yang ingin liburan bersama keluarga, terutama dengan si kecil.

Sudah penasaran untuk bisa berkunjung ke sana? Sebelum berangkat, tidak ada salahnya mengenal terlebih dahulu Solo Safari Zoo. TripZilla Indonesia sudah mengumpulkan sejumlah informasi terkait tempat wisata baru ini. Cekidot di bawah ini, ya!

solo safari zoo

1. Apa itu Solo Safari Zoo?

Solo Safari Zoo merupakan kebun binatang yang baru saja diresmikan pada awal tahun 2023 ini oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming. Tempat wisata ini pun sudah menerima pengunjung dalam dan luar negeri sejak 27 Januari 2023.

Kebun binatang ini sebelumnya memiliki nama Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Surakarta. Perubahan nama kemudian dilakukan setelah pemerintah Kota Surakarta melakukan revitalisasi dan menambah koleksi satwa. Dari total kawasan seluas 13,9 hektar, setidaknya terdapat lebih dari 347 satwa dari 87 spesies satwa endemik Indonesia.

Solo Safari Zoo sendiri hadir dengan mengusung standar Taman Safari Indonesia. Kebun binatang ini juga bentuk kerja sama antara Taman Safari Indonesia Group dan Perumda TSTJ.

2. Lokasi Solo Safari Zoo

Menempati kawasan Taman Satwa Taru Jurug, kebun binatang ini berlokasi tak jauh dari aliran sungai Bengawan Solo dan juga Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Alamat lengkapnya adalah Jalan Ir. Sutami No.109, Jebres, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Untuk bisa sampai ke tempat wisata baru ini, ada banyak pilihan moda transportasi yang bisa dipilih. Untuk yang menggunakan transportasi daring, baik itu ojek online maupun taksi online, kamu tinggal mengetikkan nama destinasi untuk diantarkan ke lokasi. Pun demikian jika kamu menggunakan taksi konvensional.

Yang menggunakan Batik Solo Trans, kamu bisa naik dari halte manapun dan berangkat dengan tuuan akhir halte Jurug. Sementara yang datang dari luar kota, bisa menggunakan bus Antar Kota Antar Provinsi dan berhenti di halte Jurug. Kebetulan lokasi tempat wisata baru ini berada di Jalan Raya Solo-Karanganyar.

3. Jam operasional

Solo Safari Zoo membagi waktu operasional menjadi dua kategori. Untuk Senin sampai Jumat, atau weekdays, tempat ini buka dari pukul 8.30 – 16.30 WIB. Sementara untuk Sabtu, Minggu dan hari libur, tempat ini buka lebih awal, dari 8.00 – 16.30 WIB.

Di dalam kebun binatang ini nantinya juga akan dilangsungkan sejumlah pertunjukan satwa. Untuk bisa mendapatkan pengalaman maksimal, kamu bisa menyaksikan Animal Show, yang digelar setiap hari di tiga waktu yang berbeda, yaitu pukul 9.00, 10.30 dan 14.30 WIB.

Ada juga Otter Show, yang dilangsungkan setiap hari pada pukul 9.45, 11.00 dan 13.30 WIB. Sedangkan Elephant Show digelar pada pukul 10.30 dan 15.30 di setiap harinya.

4. Harga tiket masuk Solo Safari Zoo

Untuk bisa masuk ke kebun binatang ini tidaklah gratis. Harga tiket Solo Safari Zoo pada hari Senin hingga Jumat atau weekdays adalah 30,000 IDR untuk anak-anak usia 3 hingga 6 tahun dan 45,000 IDR untuk dewasa. Sementara untuk hari Sabtu, Minggu dan hari libur, harga tiketnya berubah menjadi 45,000 IDR untuk anak-anak dan 60,000 IDR untuk dewasa.

5. Fasilitas yang tersedia

Sebagai destinasi wisata yang dikelola dengan baik, fasilitas yang dimiliki kebun binatang ini relatif lengkap. Kamu bisa menemukan kawasa parkir, toilet, tempat ibadah, cafe dan resto serta masih banyak lagi lainnya.

Untuk anak-anak, selain bisa melihat beraneka ragam satwa eksotis, dilindungi oleh pemerintah Indonesia dan berstatus terancam punah, mereka juga bisa bermain karena disediakan taman bermain anak serta kereta mini. Bagi yang doyan berfoto, ada banyak spot foto menarik yang bisa dipilih untuk menambah feed media sosial!

6. Apa yang menarik dari kebun binatang ini?

Banyak hal atraktif yang bisa ditemukan di sini. Salah satu di antaranya adalah Taman Pelangi, yang menyuguhkan air mancur menari yang mengesankan. Selain itu, kamu juga menyaksikan permainan efek lampu dan air serta water screen, yang menampilkan cerita yang menarik. Oh iya, atraksi air mancur menari atau dancing fountain ini dihelat pada malam hari, tepatnya pukul 19.00, 20.00 dan 21.00 WIB.

Hal lain yang tak boleh luput dari perhatian adalah sebagian satwa yang dibiarkan berkeliaran dalam kandang terbuka. Kandangnya sendiri didesain semirip mungkin dengan habitat aslinya. Kamu juga bisa mendapatkan pengetahuan mengenai satwa tersebut dengan membaca papan informasi di depan kandang.

Satwa apa saja yang menjadi koleksi? Kamu bisa menemukan monyet, harimau, macan tutul, gajah dan masih banyak lagi lainnya. Ada juga hewan-hewan yang jinak dan bisa diajak bermain, seperti kelinci, kura-kura dan masih banyak lagi lainnya.

Selain satwa eksotis, kamu juga bisa menemukan koleksi flora yang memberikan sensasi sejuk di kawasan ini. Sejumlah pohon-pohon besar tumbuh, seperti pinus, cemara, akasia dan yang lainnya. Ada juga Monumen Gesang dan rumah kaca, yang memamerkan sejumlah hewan yang sudah diawetkan.

Baca juga: Khas Banget! Wedangan Solo Hits Ini Harus Dikunjungi Untuk Liburan Berkesan

Tertarik berkunjung ke kebun binatang di Solo ini? Yuk, agendakan perjalanan kamu sekarang juga!

 

All image credit to: Ria Kurniawati

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru