5 Alasan Mengunjungi Spanyol Saat Liburan Musim Semi Untuk Wisata Penuh Kenangan Tak Terlupakan

Seperti apa rasanya liburan di Spanyol saat musim semi? Apakah akan ada banyak bunga yang bermekaran dan pemandangan yang penuh warna? Apakah suhu udara dan situasinya menjadi jauh lebih hangat dan nyaman untuk bepergian? Benarkah yang banyak orang katakan bahwa Spanyol menjadi destinasi wisata yang jauh lebih indah di musim semi?

Pernyataan tersebut memiliki dasar yang jelas. Spanyol, yang dikenal memiliki garis pantai yang panjang, kota-kota dengan karakter yang istimewa, kuliner lokal yang luar biasa dan budaya lokal yang menonjol, seakan menunjukkan sisi lain yang berbeda di musim semi. Bayangkan, kamu bisa melihat parade bunga penuh warna nyaris di seluruh penjuru Spanyol. Belum lagi suhu udaranya yang jauh lebih hangat dan banyaknya paparan sinar matahari yang menyinari, menjadikan musim semi sebagai waktu yang tepat untuk bepergian ke Spanyol.

Baca juga: 6 Alasan Mengunjungi Spanyol Saat Liburan Musim Panas Mendatang

Kapan periode musim semi di Spanyol?

Musim semi di Spanyol berlangsung antara Maret dan Juni. Dalam periode tersebut, suhu udara sudah tidak lagi sedingin musim dingin, namun juga tidak sepanas seperti di musim panas. Rata-rata, temperatur udara berkisar antara 15 derajat dan 21 derajat celcius, relatif dingin bagi wisatawan yang datang daerah tropis seperti Indonesia.

Meski begitu, suhu udara secara keseluruhan cenderung jauh lebih hangat dan nyaman, yang memungkinkan wisatawan mendapatkan pengalaman maksimal beraktivitas di luar ruang, mulai dari merayakan festival lokal hingga menikmati kuliner musim semi ala Spanyol yang istimewa. Kamu juga sudah bisa mengenyahkan jaket tebal yang dipakai di musim dingin, menggantinya dengan baju yang lebih simpel. Namun, perlu dicatat juga bahwa di periode ini, sebagian wilayah di Spanyol kerap diguyur hujan.

Dengan situasi dan kondisi seperti itu, baju yang tepat digunakan jalan-jalan saat liburan musim semi di Spanyol adalah t-shirt sebagai dasar dan baju hangat, cardigan atau jaket untuk pelapis. Untuk bawahan, jeans tak akan pernah gagal membantu kamu bergaya sekaligus mengatasi masalah temperatur udara. Sepatu sandal, sepatu bahkan sneakers juga bisa digunakan untuk plesiran, namun jangan lupa untuk tetap mengenakan kaos kaki. Topi, syal dan payung juga bisa dipersiapkan.

Alasan liburan musim semi di Spanyol

Spanyol memiliki segalanya, termasuk banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di setiap saat. Untuk yang tertarik liburan musim semi di Spanyol, di bawah ini adalah inspirasi yang bisa kamu ikuti!

1. Bunga-bunga bermekaran dengan sempurna, yang menghadirkan pemandangan istimewa

Mallorca | Image credit: Spain Info

Transisi pergantian musim dari musim dingin ke musim panas menjadi momen yang penuh warna di Spanyol. Pepohonan, kebun bunga dan buah semarak dengan bunga-bunga yang bermekaran dan penuh warna. Di Mallorca dan Gran Canaria misalnya, di mana bunga dari pohon-pohon almond bermekaran, yang mengubah lanskap menjadi berwarna putih bak tertutup salju.

Ingin melihat destinasi yang penuh bunga dengan warna-warna menarik, kamu bisa langsung menuju ke Caderechas Valley, yang bisa ditempuh selama satu jam dari Burgos. Di sini, kamu bisa menikmati aroma buah dan bunga yang segar serta memanjakan mata dengan warna-warna bunga yang beraneka ragam. Jangan juga melewatkan mekarnya bunga matahari di La Bureba.

musim semi di spanyol
Cordoba | Imag credit: Spain Info

Di Toledo, kamu bisa menemukan bunga poppies, yang begitu istimewa di musim semi. Kota Cordoba bahkan menyelenggarakan festival di bulan Mei di mana setiap pekarangan dan teras rumah penuh dengan bunga dan tanaman yang dipasang dalam pot untuk menjadikan kota begitu semarak dengan warna-warna alami dan aroma bunga yang mengesankan.

Girona di musim semi mengubah kota ini menjadi jauh lebih unik, berkat bunga yang bermekaran di taman, kebun bunga, monumen hingga halaman rumah warga. Temps de Flors juga menjadi festival yang tidak boleh dilewatkan di kawasan ini pada bulan Mei. Sementara di Guadalajara, tepatnya di Brihuega, bersiaplah untuk terpana dengan lautan bunga lavender yang menghadirkan warna yang istimewa dengan aroma bunga yang semerbak. Jangan sampai melewatkan festival lavender Brihuega di kawasan ini, yang dihelat pada akhir Juni hingga awal Juli, ya!

musim semi di spanyol
Jerte Valley | Image credit: Turismo de Extremadura

Satu lokasi lain yang tak boleh dilewatkan dalam itinerary liburan musim semi kamu di Spanyol, yaitu menikmati bunga sakura yang bermekaran di Jerte Valley, Extremadura di bulan Maret atau April. Dijamin kamu bakal terpesona karena keindahannya.

2. Bisa menyelami lanskap alam Spanyol yang penuh warna

Karena temperatur udara sudah jauh lebih bersahabat dibanding musim dingin, kamu bisa melakukan kegiatan luar ruang dan menjelajah berbagai taman nasional yang tersebar di seluruh Spanyol saat musim semi tiba. Setidaknya ada 16 taman nasional dengan lanskap luar biasa di Spanyol yang bisa kamu jelajahi. Dengan berbagai pilihan rute yang bisa dipilih, dijamin pengalaman mengesankan yang didapatkan akan berbeda-beda.

Danau Covadonga di Asturias | Image credit: Manuel Cabezas

Di Ordesa dan Monte Perdido, Huesca, serta Danau Covadonga di Asturias menjadi salah satu destinasi yang harus dikunjungi, yang menawarkan pesona alam yang luar biasa di musim semi. Jangan juga melewatkan kesempatan mengamati langsung berbagai jenis spesies hewan di habitat aslinya, seperti berbagai macam jenis burung, rusa hingga lynx di Donana, Andalusia.

Opsi lain, mengunjungi air terjun Pozo de los Humos di Arribes del Duero, Salamanca, atau curug Salto de Nervion, yang terletak di antara Alava dan Burgos, bisa menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Menyusuri aliran sungai di Mundo River, Albacete dan Cuervo River di Cuenca juga bisa alternatif aktivitas yang menarik untuk dilakukan.

3. Festival lokal semakin semarak dan penuh keceriaan

Sejak dimulainya periode musim semi di Spanyol, bersama dengan cuaca yang lebih bersahabat dan temperatur udara yang lebih hangat dari sebelumnya, beragam festival menarik pun dihelat di sejumlah daerah.

Temps de Flors di Girona | Image credit: Spain Info

Yang ingin seru-seruan di Valencia, kamu bisa meramaikan Las Fallas Festival yang dilangsungkan pada pertengahan Maret. Feria de Abril bisa menjadi alternatif perayaan lokal yang bisa kamu ikuti untuk bisa bersenang-senang di Sevilla di bulan April.

Yang mengunjungi Barcelona bisa mengikuti keseruan Primavera Sound Festival di bulan Mei, atau seru-seruan di San Isidro Festival bila memilih Madrid sebagai lokasi penjelajahan kamu.

Feria de Abril, Sevilla | Image credit: Nick Karvounis

The Feria del Caballo, atau Pekan Raya Kuda, menjadi festival yang tidak boleh dilewatkan. Dilangsungkan di Jerez de la Frontera di kawasan Andalusia, perayaan ini menghadirkan tarian Flamenco, gitar Spanyol dan banyak minuman anggur dan tapas yang bisa dinikmati kapan saja. Perayaan ini dilangsungkan selama sepekan di bulan Mei, yang pastinya akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan bagi wisatawan yang menghadirinya.

Baca juga: Aktivitas Musim Gugur Dan Dingin Di Spanyol Yang Harus Kamu Dapatkan Untuk Liburan Penuh Kenangan

4. City tour menjadi jauh lebih istimewa

musim semi di spanyol
Puerta de Alcala di Madrid | Image credit: Diego Munoz Suarez (Spain Info)

City tour di musim semi juga menjadi aktivitas yang tidak kalah menarik untuk dilakukan di Spanyol. Apalagi kota-kota besar di Spanyol seperti Barcelona dan Madrid memiliki banyak taman kota, yang juga menawarkan pemandangan yang tiada duanya.

Di Madrid, kamu bisa mengunjungi Buen Retiro Park, atau Parque Quinta de los Molinos yang berada di pusat kota, di mana pemandangan bunga yang bermekaran mewarnai indahnya kota. Sementara di Barcelona, Park Guell bisa menjadi jujukan kamu. Bahkan, jika memutuskan untuk melakukan city tour di kota-kota tersebut dengan menggunakan bus wisata yang tersedia, sensasi yang kamu dapatkan saat liburan musim semi bakal jauh berbeda.

City tour juga menjadi pengalaman yang menarik, di mana kamu bisa menjelajah lebih leluasa karena jumlah wisatawan yang jauh lebih sedikit dibanding saat musim lainnya.

5. Kuliner ala Spanyol yang beragam dan istimewa

Selain seru-seruan di festival, pekan raya, mengunjungi taman dan kebun bunga serta menjelajah taman nasional, satu hal lain yang tidak boleh dilewatkan adalah menikmati kuliner khas Spanyol yang hanya cocok disantap di musim semi.

Patatas bravas | Image credit: Nacho Carretero Molero

Paella menjadi kuliner yang tidak boleh dilewatkan di sepanjang musim, yang memadukan ayam, seafood, sayur atau chorizo menjadi masakan yang istimewa. Patatas bravas, yaitu kentang potong yang digoreng dengan tambahan saus tomat pedas dan aioli, menjadi hidangan lain yang tidak boleh dilewatkan. Untuk pencuci mulut, Crema Catalana menjadi hidangan yang pas untuk dinikmati. Bayangkan, menikmati puding yang kaya krim dengan topping karamel yang renyah. Yummy!

Tapas menjadi hidangan lain yang juga tidak bisa dilewatkan, mulai dari calamaries, atau gambas pil-pil dan boquerones untuk yang doyan makanan laut. Opsi lain, kamu bisa mempertimbangkan chorizo, callos, jamon serrano dan tortilla espanola yang begitu terkenal di Spanyol.

Sudah tahu alasan mengunjungi untuk liburan musim semi di Spanyol? Ayo agendakan perjalanan kamu sekarang juga untuk momen liburan musim semi di Spanyol yang tidak terlupakan! Untuk lebih lengkapnya, kunjungi situs resmi Spain by Season untuk informasi liburan di Spanyol!


Dipersembahkan oleh Spanyol Tourism Board

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru