Syarat Perjalanan Terkait Covid-19 Ke Australia Dicabut

Yang punya rencana jalan-jalan dan liburan ke Australia kini tidak lagi harus melakukan persiapan ribet terkait dokumen perjalanan tambahan. Pasalnya, semua syarat perjalanan terkait Covid-19 ke Australia untuk traveler internasional dicabut.

Kebijakan baru dari pemerintah Australia ini akan mulai berlaku pada Rabu (6/7) besok. Diungkapkan Menteri Kesehatan Australia, Mark Bulter, pemerintah mendapatkan rekomendasi dari Kepala Dinas Kesehatan, yang menyarankan traveler tidak perlu lagi menunjukkan bukti status vaksinasi Covid-19 yang sudah dilakukan.

“Bagi warga Australia yang belum divaksin, dan juga kelompok tertentu pemegang visa, bisa melakukan perjalanan ke Australia kapanpun juga. Kami akan bergerak sesuai dengan rekomendasi medis yang dibutuhkan,” ungkapnya.

Sebagai tambahan, semua traveler tidak perlu lagi melengkapi formulir pernyataan kesehatan penumpang, atau Digital Passenger Declaration (DPD). Meski begitu, persyaratan ini masih mungkin diberlakukan kembali melihat perkembangan pandemi ke depannya.

Namun begitu, penggunaan masker masih terus diwajibkan saat berada dalam transportasi umum, dan juga saat bepergian menggunakan layanan penerbangan domestik.

Sebelumnya, Australia menjadi salah satu negara dengan syarat perjalanan paling ketat di dunia. Pada 21 Februari 2022 silam, pemerintah Australia mengizinkan traveler yang sudah mendapatkan vaksinasi lengkap masuk ke wilayahnya, yang memaksa traveler yang belum divaksin atau baru mendapatkan setengah dosis dari yang seharusnya, kesulitan untuk bisa menuju ke Australia.

Adapun jumlah kasus positif Covid-19 di Australia saat ini menunjukkan penurunan yang tajam. Menurut sistem US Travel Advisory, Australia masuk dalam daftar negara Level 1, yang berarti sebagai destinasi paling aman untuk dikunjungi.

Baca juga: Resmi Terima Traveler Indonesia, Australia Rilis Syarat Perjalanan Ke Wilayahnya

Dengan syarat perjalanan terkait Covid-19 ke Australia dicabut, apakah kamu siap untuk menjelajah, berwisata dan liburan di Negeri Kanguru lagi? Jika iya, jangan lupa untuk memeriksa masa berlaku paspor dan periode berjalan visa yang kamu miliki, ya!

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru