Dari Rooftop Hingga Cafe Asyik, Inilah 10 Tempat Menikmati Sunset di Jakarta

Sunset alias matahari terbenam adalah peristiwa yang digemari banyak orang. Langit yang berangsur menggelap dengan perpaduan warna nan romantis sungguh memanjakan mata penikmatnya. Bila kamu warga Jakarta dan kebetulan tidak bisa liburan, ada juga lho tempat asyik untuk menikmati sunset di Jakarta.

Selain menawarkan sajian sunset yang apik, tempat-tempat ini juga sudah ditata dengan nyaman. Dijamin kamu bisa betah duduk dan menatap keindahan alam di sekelilingmu. TripZilla Indonesia merekomendasikan tempat-tempat ini untuk menikmati sunset di Jakarta, jangan sampai terlewat ya!

1. Mangrove Sunset Bridge, tempat menikmati sunset di Jakarta yang kekinian dan keren

sunset di jakarta
Image credit: @andra.fauzan 

Berlokasi di dalam Taman Wisata Alam Mangrove, kamu dapat menikmati indahnya sunset dari Mangrove Sunset Bridge. Datanglah lebih awal sebelum senja tiba karena kamu bisa berkeliling hutan mangrove yang sejuk dan rindang. Banyak sudut-sudut instagramable yang wajib diabadikan. Ada pula kafe untuk mengisi perut sejenak sebelum momen sunset tiba. Lalu bersiaplah membidikkan kameramu atau berpose di jembatan ini ya!

Lokasi: Taman Wisata Alam Mangrove, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara
Jam Buka: Senin – Jumat pukul 08.00 WIB – 18.00 WIB, Sabtu – Minggu pukul 07.00 WIB – 18.00 WIB

2. Cove at Batavia PIK, pantai dengan deretan kafe trendy

Image credit: Cove at Pantai Indah Kapuk

Kamu pasti tahu bahwa kawasan Pantai Indah Kapuk alias PIK punya tempat wisata pantai yang populer. Salah satu spot yang terkenal adalah Cove at Batavia PIK yang juga sesuai untuk menikmati sunset. Di kawasan ini pun berderet kafe-kafe trendy yang bisa membuatmu lapar mata. Salah satunya adalah Talassa, dimana kamu bisa melakukan reservasi dan makan di dalam kapal pinisi. Mantap dan tidak ada di tempat lain nih!

Lokasi: Pantai Golf Island, Jl. Pantai Indah Kapuk No.1, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 23.00 WIB

3. Hause Rooftop, melihat sunset di Jakarta sambil menghirup udara segar

sunset di jakarta
Image credit: Hause Rooftop

Meski berada di tengah kota Jakarta, namun Hause Rooftop akan membuatmu merasa segar. Taman yang rindang didesain menyatu dengan area makan sehingga tidak hanya cantik dipandang, tapi juga memberikan kenyamanan. Apalagi ditambah pemandangan langit khas sunset dengan latar gedung bertingkat di Jakarta. Modern dan keren! Kamu pun dapat memesan aneka menu yang menyehatkan di sini seperti organic red fried rice hingga fussili alla vodka. 

Lokasi: MD Place, Jl. Setia Budi Selatan No.7,  Kuningan, Setia Budi, Kec. Setiabudi, Jakarta Selatan
Jam Buka: Setiap hari, 09.00 WIB – 23.00 WIB

4. NORU Rooftop Lounge, melihat temaram Jakarta dalam nuansa Jepang

sunset di jakarta
Image credit: NORU JAKARTA

NORU Rooftop Lounge menjadi restoran Jepang dimana kamu bisa menikmati sunset di Jakarta. Terletak di dalam Nostoi Hotel, panorama mulai dari senja hingga malam hari terlihat sangat cantik dari sini. Ketika lampu-lampu gedung pencakar langit mulai menyala, kamu pasti akan tergoda untuk segera mengabadikannya. Belum lagi melihat berbagai hidangan yang ditawarkan. Ada beef ragu lasagna dengan minuman istimewa seperti sesame iwagumi yang beralkohol. Sedap!

Lokasi: Nostoi Hotel, Jl. Karet Belakang No.4,  Kuningan, Setia Budi, Kec. Setiabudi, Jakarta Selatan
Jam Buka: Minggu – Kamis pukul 11.00 WIB – 24.00 WIB, Jumat – Sabtu pukul 11.00 WIB – 02.00 WIB

5. Le Bridge, jembatan nan romantis di kala senja

Image credit: LeBridge

Le Bridge menjadi salah satu restoran di Ancol yang menarik untuk menikmati sunset. Jembatannya yang panjang melintasi laut akan membetot perhatianmu. Tunggu hingga langit memerah dan kamu akan semakin kagum melihat pemandangan yang ada. Isi waktumu dengan memesan hidangan khas Barat yang ada. Pancake with homemade sauce, Le Bridge hotdog atau Mr. Sunshine burger bisa menjadi penghilang lapar yang menyenangkan.

Lokasi: Dermaga Cinta Beach Pool, Jl. Pantai Indah No. 7, Ancol, Kec. Pademangan, Jakarta Utara
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 20.00 WIB

6. Jetski Cafe, spot menikmati sunset di Jakarta dengan kombinasi laut dan senja yang memukau

Image credit: Jetski Cafe

Sejak lama, Jetski Cafe sudah dikenal sebagai salah satu tempat gaul di Jakarta. Lokasinya yang berada di tepi pantai akan membuatmu dapat leluasa melihat ombak laut dan luasnya cakrawala. Manakala matahari terbenam, maka kamu dengan mudah dapat melihat perubahan warna langit yang memukau. Kafe ini pun menghidangkan menu hidangan laut premium seperti nasi gulai ikan laut goreng, seafood and tomato pasta dan olahan aneka ikan seperti kerapu atau bawal putih.

Lokasi: Jl. Pantai Mutiara No.57, Pluit, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara
Jam Buka: Senin – Jumat pukul 10.00 WIB – 23.30 WIB, Sabtu – Minggu pukul 07.00 WIB – 24.00 WIB

7. Pantai Pasir Perawan, tidak perlu jauh-jauh untuk sunset yang indah

Image credit: PULAU PARI JAKARTA

Terletak di dalam Pulau Pari di Kepulauan Seribu, Pantai Pasir Perawan menjadi alternatif tempat sunset yang berbeda. Lepas dari hiruk pikuk perkotaan namun masih berada di wilayah Jakarta, pantai ini punya pasir putih dan laut yang tenang. Selagi menanti datangnya sunset, kamu bisa bermain air dan berburu foto keren. Cara menuju Pulau Pari ini bisa dengan menaiki speed boat dari Pantai Marina, Ancol atau menggunakan kapal dari Dermaga Kali Adem. Bisa masuk ke dalam agenda akhir pekanmu nih!

Lokasi: Jl. Pari Utama, Pulau Pari, Kec. Kepulauan Seribu Sel., Kab. Administrasi Kepulauan Seribu, Jakarta Utara
Jam Buka: Setiap hari, 24 jam

8. Monumen Nasional, bersejarah dan seru untuk dikunjungi

Image credit: Monumen Nasional (Monas)

Menikmati sunset di Jakarta tidak afdol bila tidak dilakukan di Monumen Nasional atau Monas. Sebab monumen ini merupakan ikon dari kota Jakarta dan sudah dilengkapi dengan museum berisi diorama yang menarik. Saat cuaca cerah, kamu dapat naik ke puncak Monas dan melayangkan pandang ke seantero kota. Ketika siang hari saja pemandangannya sudah mengesankan, apalagi saat sunset. Sayang banget untuk dilewatkan.

Lokasi: Gambir, Jakarta Pusat
Jam Buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 22.00 WIB

9. Kopi Wangsa, melihat sunset di Jakarta sambil menghirup kopimu

Image credit: Kopi Wangsa

Bagi yang tinggal di Jakarta Timur, Kopi Wangsa menjadi tempat untuk menikmati sunset dari jendela kacanya. Tempat ini pun seru untuk bekerja atau sekedar bersantai bersama teman. Didesain minimalis, kafe ini terasa lega dan homey. Menu yang ditawarkan pun bisa menjadi comfort food untukmu. Sebut saja salmon mentai rice dan strawberry smoothies yang bisa menemanimu menatap indahnya sunset. 

Lokasi: The View Building, Jl. Pahlawan Revolusi No.5, Pd. Bambu, Kec. Duren Sawit, Jakarta Timur
Jam Buka: Setiap hari, 11.00 WIB – 23.00 WIB

10. Skye, bersenang-senang dan dimanjakan dengan lanskap yang luar biasa

Image credit: SKYE Bar & Restaurant

Mendengar nama Skye, bisa jadi yang langsung teringat adalah lanskap kota Jakarta yang bisa dinikmati dan hidangan kelas atas yang tersedia. Memang tidak salah karena siapa yang bisa menolak pesona pemandangan seperti ini? Banyak orang pun menyaksikan bahwa sunset terlihat luar biasa di sini. Tambahan lagi, kamu bisa memesan menu istimewa seperti pistachio crusted mulwarra lamb rack atau miyazaki A5 black cattle wagyu yang akan membelai lidahmu.

Lokasi: BCA Tower Lt. 56, Jl. M.H. Thamrin No. 1, Menteng, Kec. Menteng,  Jakarta Pusat
Jam Buka: Minggu – Kamis pukul 17.00 WIB – 01.00 WIB, Jumat – Sabtu pukul 17.00 WIB – 02.00 WIB

Baca juga: Aktivitas Asyik dan Seru di Pantjoran PIK untuk Liburan di Jakarta

Nah, bagi Jakartans yang hanya punya sedikit waktu senggang tapi ingin tetap melihat keindahan langit sore, kunjungi saja tempat-tempat di atas. Cocok juga untuk mengusir penat di tengah tumpukan pekerjaan bukan?

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru