5 Tips Menabung Untuk Rencana Perjalanan, Staycation Atau Liburan Kamu Berikutnya

Punya rencana jalan-jalan ke luar negeri tahun ini, tapi tidak punya uang ekstra untuk mewujudkannya? Mungkin kamu bisa mulai menabung dari setiap pendapatan yang kamu dapatkan untuk mewujudkan mimpi kamu bisa jalan-jalan ke luar negeri. Untuk bisa menjadikan mimpi tersebut jadi kenyataan, ada tips menabung yang bisa kamu ikuti.

Jumlah pendapatan dan besaran pengeluaran memang memiliki pengaruh besar pada jumlah yang bisa ditabung. Namun, jika kamu mengetahui cara dan tips menabung yang tepat, kamu tetap bisa mewujudkan mimpi kamu dalam periode waktu tertentu, termasuk untuk rencana jalan-jalan atau staycation. Ingin tahu cara, yuk simak tips menabung yang efektif di bawah ini!

1. Memiliki tujuan menabung yang jelas

Kamu sudah tahu apa tujuan utama menabung ini, kan? Mengetahui tujuan menabung menjadi dasar yang jelas untuk kamu berkorban, menyisihkan uang yang kamu miliki untuk bisa mewujudkan mimpi kamu di kemudian hari.

2. Pentingnya membuat anggaran dan pengelolaan keuangan

Mengetahui sumber dan jumlah pendapatan menjadi langkah awal untuk mulai menabung. Dengan demikian, kamu bisa mulai membuat anggaran dan pengelolaan keuangan, termasuk menentukan jumlah uang yang ditabung dan rencana periode waktu uang bisa terkumpul, tentunya dengan memprioritaskan kebutuhan utama terlebih dahulu.

3. Memiliki rekening khusus tabungan

Salah satu tips menabung yang sukses adalah dengan menyiapkan rekening khusus untuk mewujudkan mimpi kamu. Untungnya, sejumlah bank online memberikan layanan kemudahan membuat rekening baru hanya dari satu aplikasi. Dengan demikian, kamu bisa dengan mudah memisahkan dana yang untuk tabungan dan dana untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: 5 Bank Digital Yang Populer di Indonesia

Salah satu rekening khusus yang bisa dipertimbangkan adalah ikut arisan. Dengan demikian, kamu juga bisa dipaksa untuk menabung dan menyisihkan uang di setiap bulan dalam periode waktu tertentu.

4. Segera memulai dan bersikap konsisten

Bagi sebagian orang, menabung tidak lebih sebagai konsep yang hanya bisa dibicarakan. Karena itu, bagi yang ingin menabung, kamu bisa melakukannya dari sekarang juga. Untuk bisa sukses dalam menabung, memiliki sikap yang konsisten juga penting agar bisa mencapai mewujudkan yang kamu inginkan.

5. Mulai berhemat untuk mimpi yang lebih besar

Salah satu cara menabung yang sukses untuk bisa mewujudkan mimpi yang lebih besar adalah dengan mengorbankan gaya hidup sebelumnya. Jika sebelumnya suka boros untuk hal-hal kecil, seperti suka ngemil atau membeli barang-barang yang lebih karena keinginan dan bukan karena kebutuhan, sudah waktunya untuk mengubahnya. Kamu bisa lebih memaksimalkan WiFi ketimbang menggunakan paket data internet, atau membawa bekal makanan ketimbang membeli makanan, dan masih banyak lagi lainnya.

Baca juga: 6 Aplikasi Transfer Uang Antar Bank Gratis Yang Wajib Kamu Install

Sudah tahu tips menabung yang mudah diterapkan dan dijamin sukses, kan?

 

Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru