Tips Staycation Aman Saat Pandemi Untuk Libur Natal Dan Tahun Baru

Rencana liburan kamu ke Bali atau Yogyakarta berantakan karena kewajiban melakukan tes PCR atau rapid antigen yang mahal? Mengapa tidak mengubah agenda liburan kamu dengan staycation di akomodasi yang asyik? Tapi, di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, kamu harus mengikuti tips di bawah ini untuk bisa staycation dengan aman dan nyaman.

Staycation memang menjadi salah satu opsi yang bisa dipertimbangkan untuk menghabiskan waktu saat libur Natal dan tahun baru mendatang. Selain bisa lebih aman, kamu masih bisa melepas kepenatan dan kejenuhan setelah sibuk dengan pekerjaan atau kuliah pada periode sebelumnya.

Tapi, sama halnya seperti liburan di tempat wisata dan alam terbuka di tengah pandemi seperti sekarang ini, wajib bagi semua untuk tetap sehat dan aman saat staycation. Untuk itu, perlu kiranya mengikuti tips dan panduan staycation aman di bawah ini.

1. Memastikan diri dalam kondisi sehat dan bugar

tips staycation aman

Penting sekali untuk bisa liburan dalam kondisi sehat dan bugar. Jika merasa kondisi tubuh tidak sepenuhnya fit 100 persen, mengalami gejala flu atau batuk, alangkah bijak untuk menunda rencana liburan kamu. Demi kebaikan bersama, guys!

2. Mencari informasi mengenai akomodasi untuk dpilih

Untuk bisa staycation dengan aman dan nyaman, tips selanjutnya adalah dengan mencari informasi secara detail mengenai akomodasi yang dipilih. Bukan hanya mengenai kamar dan fasilitasnya, tapi juga terkait standar kesehatan yang dilakukan oleh pengelola akomodasi dan juga lokasi layanan dan fasilitas kesehatan.

3. Usung semangat cashless

tips staycation aman

Salah satu cara meminimalkan risiko tertular Covid-19 adalah dengan tidak melakukan sentuhan secara fisik dengan orang lain. Karena itu, untuk setiap pembelian dan pembayaran selama staycation, kamu bisa menggunakan metode cashless. Kamu bisa memilih akomodasi yang mendukung metode ini.

4. Mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan

Penting sekali untuk mematuhi protokol kesehatan di mana pun kamu berada, termasuk saat staycation. Menggunakan masker, menghindari kerumunan, terutama dalam antrian di meja resepsionis atau dalam lift, dan selalu mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer adalah aktivitas normal baru yang wajib dilakukan di tengah pandemi ini.

5. Memerhatikan zona Covid-19

Ingin staycation di kota lain, wajib bagi kamu mengetahui situasi dan status zona Covid-19 di daerah tersebut. Kamu bisa melihatnya langsung di laman resmi terkait Covid-19 terkait wilayah yang dikunjungi, apakah termasuk yang berisiko tinggi, sedang atau rendah.

Baca juga: Zona Merah Yang Harus Dihindari Saat Libur Natal Dan Tahun Baru 2021

6. Membawa peralatan sanitasi dan kebersihan

Kita tidak pernah tahu apakah kamar tempat staycation kamu dibersihkan dengan standar kesehatan yang ditetapkan atau tidak. Karena itu, tips untuk bisa staycation aman dan nyaman yang bisa kamu lakukan adalah dengan membawa peralatan sanitasi dan kebersihan, untuk setidaknya mengsterilkan ruangan di mana kamu berada.

Tisu basah antiseptik atau penyemprot disinfektan bisa kamu gunakan untuk membersihkan barang dan peralatan yang kerap disentuh, seperti remote TV dan AC, gagang pintu hingga saklar lampu. Selain itu, kamu juga bisa membawa peralatan mandi dan makan sendiri, setidaknya untuk menjamin kebersihannya.

Baca juga: Tips Memilih Hotel Untuk Staycation Yang Menyenangkan

Punya tips lain dan pengalaman untuk bisa menjalani staycation yang aman dan nyaman? Mengapa tidak berbagi dengan kami?


Bergabunglah dengan keluarga besar Tripzilla Indonesia di Facebook, Twitter dan Instagram untuk mendapatkan inspirasi liburan dan informasi terbaru mengenai sektor wisata di Indonesia dan negara lainnya. Ayo bergabung!

Brand Managers!

Ingin melihat merek atau bisnis kamu di website kami?

Hubungi kami sekarang

Berlangganan Milis TripZilla

Dapatkan tips dan berita travel terbaru!

Rekomendasi Artikel

Artikel Terbaru